Praktekkan Pola Hidup Sehat Bersama Dokter Sehat di #AksiSehatCeria

Posted on

Pagi semuanya ūüôā Mama Azzam hari Sabtu, 15 September 2018 datang ke acara Donor Darah dan Health Talk bertajuk #AksiSehatCeria yang diadakan oleh Dokter Sehat di Ciputra Medical Center, yang letaknya di dalam Lotte Shopping Avenue¬†lantai 5.

Karena memang niat sekali untuk bisa melakukan donor darah, Mama Azzam tidak tidur terlalu larut, pukul 22.00 wib sudah selesai lakukan semua kegiatan dan tidur dengan nyenyak. Karena salah satu syarat untuk bisa donorkan darah adalah istirahat cukup, tidak dalam masa menstruasi, tidak sedang minum obat-obatan dan tensi darah yang normal.

donor darah aksi sehat ceria
Sudah banyak yang mendaftar padahal jam baru menunjukkan pukul 09.00 wib, antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk melakukan donor darah. (dokpri)
donor darah aksi sehat ceria
Masih banyak moms orang-orang yang peduli dengan sesama. (dokpri)

Ternyata moms, masih banyak sekali orang-orang yang berhati baik, mau berbagi dalam bentuk donor darah. Sebagai perempuan yang masih mengalami masa menstruasi, saya beberapa kali ditolak saat akan melakukan donor darah, padahal sudah seminggu lewat saya selesai haid tetapi bisa ketahuan saat screening awal¬†atau pemeriksaan sebelum melakukan donor darah ūüôā .

Banyak juga orang-orang di luar sana dengan bermacam alasan atau permasalahan tidak mau melakukan donor darah, padahal moms selain bisa membantu banyak orang lain, ternyata donor darah bisa membuat tubuh kita lebih sehat loh.

Manfaat Melakukan Donor Darah Bagi Kesehatan

aksi sehat ceria
Donor darah tidak membuat kita kehabisan darah kok moms, banyak manfaat dari melakukan donor darah.

Bagi sebagian orang, melihat darah atau jarum suntik bisa menjadi trauma ya moms, donor darah ini tidak diwajibkan kok untuk dilakukan. Tetapi kalau kita mau melakukannya, Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, seperti :

1. Kontrol Kesehatan Tubuh Secara Gratis

Setiap kita akan donor darah, akan ada pemeriksaan tensi, hemoglobin atau Hb dan mengisi formulir riwayat medis. Semua dilakukan agar kualitas darah yang kita donorkan baik dan bisa digunakan oleh orang yang membutuhkan.

aksi sehat ceria
Isi formulir riwayat medis sebelum melakukan donor darah.

Saat rutin lakukan donor darah setiap 6 bulan sekali, kita akan tahu ada penyakit apa sih di dalam tubuh, hal ini akan terdeteksi dari laporan pemeriksaan darah kita moms dari PMI. Kalau tidak ada telepon dari PMI berarti darah kita aman dari penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, malaria dan beragam penyakit lainnya. Tanpa harus keluar uang untuk lakukan tes darah.

2. Kesempatan Berbuat Baik

Berbuat baik tidak harus selalu dengan bentuk barang atau uang loh moms. Dengan melakukan donor darah kita berkesempatan menolong orang yang membutuhkan transfusi darah.

3. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah.

Manfaat dari donor darah yaitu membantu tubuh untuk menstabilkan jumlah sel darah merah. Kita tidak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah setelah melakukan donor darah moms, karena sumsum tulang belakang otomatis akan segera mengisi kembali sel darah merah yang hilang. Sebagai pendonor, kita akan mendapatkan pasokan sel darah merah baru setiap kali mendonorkan darah.

Health Talk dan Blogger Gathering

Setelah melakukan donor darah, saya dan teman-teman blogger mengikuti Health Talk. Bertemu dengan Bapak Indra Adam Darmawan selaku CEO & Co-founder DokterSehat, mengatakan bahwa acara Aksi Sehat Ceria ini diadakan dalam rangka memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI) pada tanggal 17 September dan juga merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap bencana alam yang belum lama terjadi di Indonesia.

akse sehat ceria
Indra Adam Darmawan, CEO & Co-founder DokterSehat memberi kata sambutan. (pict. Almazia)

“Sebagai manusia dan makhluk sosial, kita harus bisa seimbangkan 3S (Sukses, Sehat dan Sesama), dan dalam rangka merayakan HUT Palang Merah Indonesia ke 73, DokterSehat mengajak masyarakat dari semua golongan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan pentingnya berbagi¬†dengan sesama melalui kegiatan donor darah. Kami sangat mengapresiasi kontribusi PMI selama 73 tahun ini dalam membantu membangun bangsa dan menolong sesama,‚ÄĚ ujar Indra¬†Darmawan.

DokterSehat bekerja sama dengan Indonesia Digital Asset Exchange (Indodax), Ciputra Medical Clinic (CMC), dan Blood for Life Indonesia (Blood4LifeID) untuk bisa mensukseskan acara ini serta mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan.

Bersama Dr. Christopher Andrian, M. Gizi, Sp. GK kita bahas Pola Hidup Sehat moms, yang paling utama adalah kesehatan tubuh, dan bagaimana untuk menghindari Obesitas.

aksi sehat ceria
Praktekkan pola hidup sehat untuk menghindari Obesitas yang merupakan pemicu bermacam penyakit.

Pasti kita semua sudah tahu ya moms, kalau obesitas adalah salah satu pemicu bermacam penyakit, terlebih obesitas sentral dimana semua lemak berkumpul di rongga perut. Hal ini menyebabkan resiko penyakit jantung, diabetes dan penyakit lainnya.

aksi sehat ceria
Dr. Christopher Andrian memberikan informasi bagaimana menjalankan Pola Hidup Sehat.

Untuk melakukan kontrol berat badan, kita harus bisa hitung Indeks Massa Tubuh (IMS) dan melakukan pola hidup sehat. Diawali dengan kurangi segala asupan berbahan tepung, mulai hitung jumlah kalori yang masuk dalam tubuh.

Mulai praktekkan pola hidup sehat Yuk moms, kurangi resiko Obesitas dengan lakukan Healthy Eating Plate dan makan dengan gizi seimbang, juga olahraga serta istirahat yang cukup.

Makan boleh kok, ga dilarang moms tetapi ada baiknya kita mulai ubah cara mengolah makanan dengan kurangi cara memasak dengan di goreng, deep-fried, di asapkan, dan di awetkan. Mulai memasak makanan dengan cara di kukus, tumis, rebus, pepes, dan dengan cara di panggang.

aksi sehat ceria
Yuk mulai atur jadwal makan, dan kurangi cemilan untuk mencegah obesitas.

Bahkan moms, makan dengan jadwal teratur bisa mengurangi resiko obesitas. Makan dengan jadwal yang tepat, kita boleh makan 5 sampai 6 kali untuk kurangi keinginan untuk makan cemilan yang merupakan faktor utama penyebab badan tambah gemuk.

Senangnya moms bisa selalu tambah banyak ilmu dan informasi untuk bisa memulai Pola Hidup Sehat.

Mengenal Blood4lifeID

Moms, pernah ga dapat pesan di media sosial atau whatsapp mengenai orang-orang yang membutuhkan bantuan transfusi darah untuk pengobatan cuci darah ataupun kasus lainnya? Pasti kita bingung ya, ini berita benar atau cuma hoax.

Nah, kebetulan saya bertemu dengan Faisal Nur Hidayat selaku Koordinator divisi edukasi Blood4lifeID

Blood4lifeID
Faisal Nur Hidayat menjelaskan mengenai visi dan misi dari Blood4lifeID.

Blood for Life Indonesia didirikan oleh Valencia Mieke Randa pada tahun 2009 sebagai penghubung antara orang yang membutuhkan darah dan orang yang bersedia untuk mendonorkan darahnya, serta memberi edukasi mengenai pentingnya donor darah.

Kebutuhan akan kantong darah sangat banyak, tetapi pasokan darah sangat sedikit moms, Blood4lifeID berupaya untuk lebih memenuhi pasokan darah bagi mereka yang membutuhkan.

1 kantong darah kita bisa menyelamatkan hingga tiga orang

Yuk yang berminat untuk donor darah, silahkan isi form sukarela di https://blood4lifeid.com/ddsukarela

aksi sehat ceria
Moms bisa langsung menghubungi Hotline IGD Maya Blood4Life ID di 087875195599
Ciputra Medical Center

Tempat donor darah yang ekslusif, di dalam mall lantai 5, saya pikir akan sepi yang melakukan donor darah di sini. Ternyata ramai loh moms, bahkan ada 100 pendaftar tercatat yang ingin lakukan donor darah.

Ciputra Medical Center ini memberikan banyak layanan kesehatan, bahkan terbilang sangat lengkap ada klinik gigi, klinik umum,  laboratorium, rontgen, diagnosa, radiologi, akupuntur dan juga klinik kesehatan untuk pria dan wanita.

ciputra medical center
Front desk yang ramah memberikan pelayanan terbaik.
ciputra medical center
Klinik gigi dengan laboratorium dental yang lengkap.
ciputra medical center
Tidak hanya klinik kecantikan untuk perempuan, Ciputra Medical Center juga menyediakan pelayanan klinik kesehatan khusus pria.

Yang tidak ada hanyalah pelayanan rawat inap di Ciputra Medical Center ini, semua perawatan jalan, bahkan pelayanan kesehatan di sini sangat eksklusif moms, ada akses langsung dari parkiran ke ruang pemeriksaan tanpa diketahui masyarakat luas bagi mereka yang sangat menjaga privasi.

Kenal Lebih Dekat Dengan Indodax

Indodax adalah platform untuk membeli dan menjual Digital Asset seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple dan lain sebagainya. Digital Asset bisa dibeli menggunakan Rupiah atau Bitcoin. Indodax menyediakan sistem yang mudah, cepat dan aman untuk melakukan transaksi Digital Asset.

Acara #AksiSehatCeria merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Indodax bersama Dokter Sehat dalam rangka memperingati Hari PMI serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat serta berbagi untuk kemanusiaan.

Banyak sekali yang saya dapatkan hari ini moms, selain bisa donor darah tentunya :). Ada informasi yang lebih seru nih, Lomba Blog #AksiSehatCeria

dokter sehat
Lomba Blog untuk kalian yang suka menulis tentang kesehatan.

Buat moms, paps atau dede emesh yang punya passion di bidang kesehatan atau punya tips mengenai hidup sehat yuk ikutan blogging competition dengan hadiah total jutaan rupiah!

Cukup tulis artikel di blog sebanyak kurang lebih 500 kata tentang pengalamanmu menjalankan pola hidup sehat dan submit blogmu ke sini: www.bit.ly/BlogSehatCeria

Untuk syarat dan ketentuan lomba bisa langsung cek ke website DokterSehat www.doktersehat.com/blogsehatceria

Yuk kita mulai hidup sehat untuk menghindari penyakit moms, karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati kan ūüôā

Spread the love

One thought on “Praktekkan Pola Hidup Sehat Bersama Dokter Sehat di #AksiSehatCeria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *