3 Peranan Kedelai dalam Pencegahan Obesitas

Posted on

Apa sih yang paling di hindari oleh semua wanita? Jawabannya sudah pasti berat badan berlebih atau obesitas 🙂 seperti halnya mama azam, memiliki berat badan ideal menjadi tujuan hidup dan harapan juga resolusi. Beragam macam diet sudah coba lakukan juga loh untuk bisa mendekati berat badan ideal.

Namun harapan tinggal impian, karena kenyataan yang saya dapatkan adalah hanya minum air saja berat badan saya bisa tambah sampai satu kilo, apalagi banyak makan. Kenyataan yang sangat pahit saat melihat teman yang makannya banyak tetapi badannya tetap bisa kecil dan ramping.

Kenapa sih berat badan berlebih atau obesitas tampaknya sangat membuat takut atau menyeramkan? Selain karena membuat tubuh kurang indah untuk di pandang, sulit mendapatkan pakaian dengan model ter-up to date, takut suami terjerat pelakor yang bertubuh langsing, juga karena bisa menimbulkan beragam penyakit yang mematikan.

Peranan kedelai cegah obesitas
Tubuh yang besar membuat saya risau karena beresiko obesitas.

Obesitas adalah penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal. Sejumlah komplikasi dapat timbul akibat obesitas, bahkan beberapa di antaranya membahayakan nyawa

Sudahkah melakukan gaya hidup sehat?
Saya baru memulai,, dengan tubuh yang semakin gempal membuat saya sulit dalam beraktivitas di luar ruangan yang memerlukan gerakan fisik. Ini sudah kode merah buat saya,karena sudah positif terindikasi OBESITAS.

Memilih hidup sehat bukan berarti ga boleh menikmati makanan lezat dong, yuk konsumsi kedelai dan olahannya untuk menurunkan berat badan dan mengurangi resiko obesitas.

Berkesempatan mengikuti forum diskusi bersama Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS (Ahli Gizi dan Ahli Kedelai) Institute Pertanian Bogor, menjelaskan mengenai “Peranan Kedelai dalam Pencegahan Obesitas”.

Peranan kedelai cegah obesitas
Menghadiri diskusi “Peranan Kedelai dalam Pencegahan Obesitas”.

Obesitas saat ini sudah menjadi permasalahan kesehatan dunia, banyak penduduk dunia yang mengalami beragam penyakit komplikasi akibat dari obesitas dan sebagian besar berakhir dengan kematian. Menyeramkan sekali loh, apabila kita sudah tidak lagi memperdulikan berat badan sampai obesitas, resiko akhirnya adalah kematian.

Data dari WHO pada tahun 2014 bahwa 65% penduduk dunia berstatus overweight (obesitas) dan memiliki resiko kematian lebih besar daripada kekurangan gizi. Akibat buruk yang paling sering akibat obesitas adalah terserang penyakit Diabetes.

peranan kedelai dalam mencegah obesitas
Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS (Ahli Gizi dan Ahli Kedelai) Institute Pertanian Bogor, menjelaskan mengenai “Peranan Kedelai dalam Pencegahan Obesitas”. (dok. Atanasia Rian)

2 Tipe Diabetes Akibat Dari Obesitas

  1. Tipe Android, dikenal dengan tipe buah apel ditandai dengan adanya penumpukan lemak di sekitar leher, dada dan muka. Tipe ini biasanya terjadi pada pria dan wanita yang sudah menginjak masa menopause. Pada diabetes tipe ini sangat beresiko tinggi terkena penyakit diabetes mellitus, jantung koroner dan stroke. Karena lemak menghambat fungsi peredaran darah, dan jantung.
  2. Tipe Ginoid, dikenal dengan tipe buah pear ditandai dengan adanya penumpukan lemak di sekitar perut, pinggul dan paha. Tipe ini lebih banyak dialami oleh wanita, meski tergolong aman dan tidak menyebabkan kematian, tetapi tetap membahayakan tubuh karena bisa merusak sendi kaki.

Yuk mulai hindari komplikasi yang bisa terjadi dari 2 tipe obesitas tersebut dengan asupan makanan yang rendah lemak, rendah energi (gula), serta tinggi serat dan kaya akan anti oksidan, salah satunya dengan mengkonsumsi olahan dari kedelai.

Peranan kedelai cegah obesitas
Kedelai merupakan “Superfood” dengan beragam manfaat bagi tubuh. (pict. Shutterstock)

3 Peranan Kedelai dalam Pencegahan Obesitas

1. Kedelai  dikenal sebagai “Superfood” karena kandungan yang terdapat di dalam kedelai seperti protein, vitamin dan mineral, asam lemak tak jenuh, isoflavon, prebiotik, serat pangan dan masih banyak lagi, sehingga kedelai sangat berperan penting dalam pengembangan pangan fungsional.

2. Diet yang berbasis kedelai ternyata mampu untuk mencegah kita dari Obesitas dengan meningkatkan rasa kenyang lebih lama, sehingga kita dapat mengatur berat badan secara ideal. Kedelai merupakan bahan pangan yang mengandung komponen bioaktif dan banyak memiliki kemampuan anti obesitas melalui berbagai mekanisme.

3. Rasanya yang enak di lidah dan bisa di kreasikan menjadi beragam panganan. Kedelai yang dikenal sebagai “superfood” karena banyak manfaatnya dan rasanya juga enak, terlebih kalau sudah berbentuk camilan sehat “SOYJOY”.

SOYJOY pelopor camilan sehat berbahan dasar kedelai.

peranan kedelai dalam mencegah obesitas
Evy Christina Setiawan, Head of Scientific Section di PT Amerta Indah Otsuka menjelaskan mengenai Soyjoy. (dok. Leyla Hana)

Evy Christina Setiawan, Head of Scientific Section di PT Amerta Indah Otsuka di forum diskusi “Peranan Kedelai dalam Pencegahan Obesitas” menjelaskan bahwa team dari Otsuka sudah melakukan beragam penelutian mengenai Kedelai, dan mengoptimalkan fungsi Kedelai untuk mencegah obesitas pada penduduk dunia dengan menghadirkan “SOYJOY” sebagai camilan sehat low GI.

Selain mencegah obesitas ternyata Soyjoy juga menjadi camilan sehat dan aman bagi penderita diabetes loh, karena memiliki beragam kandungan yang dibutuhkan seperti tinggi serat, tinggi protein, mengandung Isoflavon 14 mg di setiap bungkusnya dan yang terpenting low GI.

Glyemic Indeks (GI) adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah. (wikipedia)

Dengan kandungan GI yang rendah maka peningkatan kadar gula tubuh tidak akan melonjak, dan gula dapat di manfaatkan secara optimal saat kita beraktivitas.

peranan kedelai mencegah obesitas
Soyjoy adalah camilan sehat berbahan dasar kedelai dengan low GI dan tinggi Isoflavon.

“Mari kita mengkonsumsi Kedelai dalam berbagai bentuk olahannya untuk menghindari resiko Obesitas, salah satunya dengan mengkonsumsi Soyjoy sebagai pelopor camilan sehat berbahan dasar kedelai” tutup Ricky Suhendar, Corporate Communication Director PT. Amerta Indah Otsuka  selaku moderator forum diskusi.

Spread the love

44 thoughts on “3 Peranan Kedelai dalam Pencegahan Obesitas

    1. Beneran mba,,, sampai kesal sendiri.
      Puasa seharian turun 1 kg, buka puasa baru minum air hangat 1 gelas masak sih berat badan naik lagi 1kg padahal belum makan apapun 🙁

  1. Diet juga gak boleh sembarangan ya Mbaaa, diet berbasis kedelai ini bisa jadi alternatif bagi yg ingin mengembalikan badan ke bentuk ideal, namun tetap memperhatikan kesehatan.

  2. Wah..ilmu baru nii ternyata kedelai banyak manfaatnya ya bun..alhamdulilah suka banget sama olahan kedelai sekarang ada yang lebih praktis lagi tinggal makan soyjoy aja hemat waktu dan sehat lagi ..sayanggnya suamiku alergi kedelai huhuuu tapi bisa coba soyjoy variant yang lain..thaks infonya bun..

  3. Saya suka banget nyemil, terutama saat nulis. Di saat yang sama, setiap abis nyemil suka merasa bersalah karena angka timbangan terus naik. Baru-baru ini saya kenal Soyjoy nih, dan suka juga dengan rasanya. Klo nyemil soyjoy asal tak berlebihan dan dilakukan di sela jam makan, malah katanya bagus ya, Mbak, bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama dan jadinya nggak makan berlebihan saat makan besar.

  4. Di samping kelebihan kedelai yang baik bagi tubuh, kedelai mengandung estrogen (atau semacam itu lah). Katanya ga boleh kebanyakan kalau buat cowok. Bener ga sih mbak?

  5. Aku termasuk pecinta kedelai dan olahannya seperti tahu dan tempe, hehe. Hidup sehat emang perlu diupayakan yes, sebisa mungkin menjaga berat badan agar ideal nah salah satunya dengan menyediakan cemilan sehat seperti soy joy ini yaa mama Azam hihihi. Ini varian baru ya?

  6. MaMa Azam, sejak SMA gie udh ganti susu jd susu kedelai soalnya lbh kenyang hahaha. Wlw ttp minum susu sapi juga, klo soyjoy sendiri gie suka makan pas jam cemilan sesekali.

  7. Masalahku selama ini BB yang terus membumbung tinggi. Hal yang sulit dihindari ngemil cantik yang umumnya high calori. Untungnya sekarang ada Soyjoy cemilan berbahan dasar kedelai. Rasanya memang uwenak sekali dan sayapun tidak takut bertambah berat badan karena Soyjoy low calori

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *