Penyebab Gusi Berdarah Yang Paling Sering Terjadi

Posted on

Pagi moms, bagaimana kesehatan keluarga hari ini? Apakah moms pernah mengalami gusi anda sering berdarah? Harus waspada ya jika memang gusi moms atau anggota keluarga sering berdarah. Sangat berbahaya jika moms terus membiarkan gusi berdarah. hal awal yang bisa anda lakukan untuk menghindari gusi berdarah adalah dengan paham mengenai penyebab gusi berdarah. Penyebab gusi berdarah sangat banyak sekali. Namun penyebab gusi berdarah yang sering terjadi ada dua penyebab yaitu adanya karang gigi dan juga kekurangan vitamin. Kedua hal tersebut umumnya menjadi penyebab utama gusi berdarah.

penyebab gusi berdarah
Gigi putih, sehat dan bersih yang selalu menjadi impian banyak orang.

Karang gigi bisa terjadi karena kita masih jarang membersihkan gigi moms. Sedangkan membersihkan gigi merupakan hal yang wajib harus kita perhatikan, jika tidak mau mengalami masalah gusi berdarah. Karang gigi adalah kumpulan plak yang mengeras pada gigi. Kumpulan plak pada gigi tersebut terjadi karena jarang menyikat gigi. Plak-plak pada gigi yang menempel karena sisa makanan dan tidak dibersihkan dengan benar. Karang gigi biasanya ada pada sela-sela gigi.

Moms harus tahu, jika karang gigi tidak hanya ada pada daerah yang terlihat pada gigi. Karang gigi juga akan ada pada bagian yang ditutupi gusi. Sangat berbahaya bukan? Sedangkan kita tidak bisa membersihkan karang gigi yang tertutupi gusi, bahkan dengan menyikat gigi juga akan sulit dilakukan. Jika karang gigi sudah ada pada bagian bawah gusi, maka gusi akan mengalami peradangan dengan ditemui gusi menjadi memerah.

penyebab gusi berdarah
Karang gigi menjadi salah satu penyebab gusi berdarah .

Tahu ga sih moms kalau gusi yang baik dan sehat bukan gusi yang memerah loh, namun gusi yang berwarna merah muda. Jika ada masalah peradangan gusi atau ginggivitis maka bisa menyebabkan gusi berdarah.

Sebaiknya moms cepat untuk mengatasi masalah karang gigi ini, pergilah ke dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi. Jika moms dan keluarga terus menunda masalah karang gigi, maka akan membuat gusi menjadi terlepas karena gusi tidak saling melekat lagi.

Tentu moms tidak mau kan jika mengalami gusi terlepas? Bayangkan jika kita tidak mempunyai gusi, pasti akan sangat mengerikan. Nah moms, sebelum sekumpulan bakteri terus menjadi karang gigi dan menyebabkan gusi berdarah, kita harus segera pergi ke dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi. Perawatan membersihkan karang gigi tidak begitu mahal maka kita tidak perlu cemas moms.

Selain karang gigi menjadi penyebab utama gusi berdarah, kekurangan vitamin juga menjadi penyebabnya. Kekurangan vitamin ini berhubungan dengan masalah pencernaan. Masalah pencernaan sangat berhubungan dengan masalah gusi berdarah moms, untuk itu kita harus menjaga agar diri kita dan keluarga tidak kekurangan vitamin.

Agar tidak kekurangan vitamin, kita bisa mengonsumsi sayur dan buah. Terutama sayur dan buah yang mengandung vitamin C dan vitamin K. Jadi pastikan agar keluarga rutin mengkonsumsi buah dan sayuran ya moms, agar tubuh sehat teramat terus.

Vitamin K terdapat pada sayuran yang berwarna hijau moms. Semua jenis sayuran yang berwarna hijau dapat membantu anda mengatasi kekurangan gusi berdarah. Kita bisa mulai dengan mengonsumsi bayam dan kangkung misalnya.

Kemudian untuk vitamin C bisa kita dapatkan pada buah-buahan seperti jeruk dan strawberry. Terutama buah strawberry memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik. Selain bisa memakan strawberry secara langsung, strawberry juga bisa dijadikan pasta gigi loh moms. Pasta gigi dari strawberry ini akan sangat baik untuk kebersihan gigi anda.

Kebersihan gigi memang salah satu hal yang juga harus anda perhatikan agar gusi tak mudah berdarah, ada baiknya jika kita melakukan pembersihan gigi sih banyak 3 kali sehari. Tentu saja dengan menyikat gigi.

penyebab gusi berdarah
Ajarkan anak sejak dini untuk rutin sikat gigi untuk menghindari penyebab gusi berdarah.

Namun harus diingat ya moms, kita tidak dapat membersihkan karang gigi hanya dengan menyikat gigi. Kita harus membersihkannya di Dokter Gigi, selain itu kita dan keluarga juga ada baiknya selalu rutin mengonsumsi makanan sehat, agar kesehatan mulu terjaga.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *