Lakukan Pola Hidup Sehat Sejak Dini dengan Pengenalan Isi Piringku dan Penerapan Warung Anak Sehat

Posted on

Melakukan pola hidup sehat secara tepat dan benar, ternyata masih sulit untuk dilakukan ya Bunda 🙂 ini saya rasakan betul apalagi saat Azzam sudah mulai masuk sekolah PAUD. Kok bisa? Karena anak-anak di masa awal sekolah (PAUD) sangat terpengaruh pada lingkungan, terutama mengenai pola makan.

Di rumah kita sudah siapkan beragam menu makanan sehat, tetapi saat di sekolah dan anak melihat temannya makan-makanan dengan menu yang berbeda, bahkan ada beragam jajanan tak sehat di sekitar dan luar sekolah, membuat mereka penasaran dan ingin coba bagaimana rasanya. Dengan rasa penasaran yang sangat tinggi, dan ajakan dari temannya untuk mencicipi jajanan yang tidak jelas bagan bakunya, ini menjadi permasalahan bagi orang tua.

Jajan tidak sehat di sekolah
Warung Anak Sehat solusi jajanan sehat anak sekolah.

Suka kesal dan jengkel gak sih Bunda kalau pola hidup sehat yang sudah kita terapkan, ternyata harus berantakan karena hal-hal remeh seperti yang saya sebutkan di atas tadi 🙁 maksud hati buat keluarga selalu sehat, tetapi malah membuat anak menjadi merasa terkekang oleh aturan yang kita buat.

Oh iya Bunda, kalian sudah tahu mengenai pedoman isi piringku apa belum? Salah satu program dari pemerintah yang ada dalam Germas, suatu pedoman dalam menerapkan gaya hidup sehat melalui asupan makanan.

Penerapan Isi Piringku di PAUD Mentari, Cigombong

Alhamdulillah Mama Azzam berkesempatan datang ke PAUD Mentari di desa Cigombong, Bogor yang mendapatkan dukungan dari Yayasan Yasminar dan Danone dalam pelatihan dan pendampingan, juga pengawasan untuk menerapkan isi piringku, cuci tangan dengan benar dan stimulasi kecerdasan anak usia 4-6 tahun.

Isi piringku
Penerapan Isi Piringku di PAUD Mentari.

Kampanye Isi Piringku ini merupakan salah satu solusi cerdas untuk mengatasi stunting dan gizi buruk di Indonesia. Melalui kampanye Isi Piringku, kita bisa ikut serta secara langsung dalam pencegahan stunting, yang dimulai dari keluarga kita sendiri, berarti kita telah memberi kontribusi secara langsung dalam mewujudkan Indonesia sehat.

Menarik sekali loh Bunda, terlebih saat melihat anak-anak PAUD Mentari yang bersemangat sehabis beraktifitas olahraga, kemudian diajak untuk melakukan cuci tangan dengan benar, yang sebelumnya dinyanyikan bersama kemudian dipraktekkan sebelum masuk kelas.

7 Langkah mencuci tangan yang benar itu adalah :
1. Basahi seluruh tangan dengan air mengalir yang bersih.
2. Gunakan sabun cuci tangan secukupnya.
3. Gosok telapak tangan bersamaan, jauh dari air.
4. Gosok jemari dan jempol dan kulit di sela-sela.
5. Bersihkan telapak tangan dengan kuku.
6. Gosok bagian belakang setiap tangan.
7. Cuci dengan air bersih mengalir dan jangan lupa keringkan tangan.

Setelah cuci tangan, mereka masuk kelas masing-masing untuk bermain dan belajar. Kebetulan di setiap hari Rabu, PAUD Mentari melakukan kegiatan makan bersama yang menerapkan konsep isi piringku. Dijelaskan oleh Ibu Miar Trimaulani, Kepala sekolah PAUD Mentari, meskipun pada awalnya sangat sulit untuk mengenalkan isi piringku kepada wali murid dan juga masyarakat.

penerapan-isi-piringku
Penerapan Isi Piringku sejak anak usia dini.

Namun dengan pelatihan, pendampingan dan konsistensi dalam pelaksanaan kegiatan ini, PAUD Mentari jadi sukses menerapkan konsep isi piringku. Anak-anak yang tadinya pilih-pilih makanan, karena melihat temannya mau makan sayur dan buah, tahu, tempe, jadi senang semua makanan. Diajarkan juga untuk membiasakan ambil makanan sesuai dengan kebutuhan, dan tidak boleh ada sisa makanan di piring.

Senang sekali loh Bunda, terlebih saat lihat anak-anak mau antri saat ambil makanan, mengambil semua lauk pauk yang disediakan, dan menghabiskan makanan yang ada di piring mereka. Kalau dibiasakan seperti ini, dewasa nanti mereka gak akan pilih-pilih makanan dan tumbuh menjadi Generasi Maju yang sehat dan cerdas

Yuk mulai untuk terapkan isi piringku di dalam keseharian kita Bunda 🙂

Warung Anak Sehat SDN Sukasari

Selain ke PAUD Mentari, saya juga dapat kesempatan berkunjung ke SDN Sukasari, Bogor yang sudah sukses dalam menerapkan Warung Anak Sehat nih Bunda. Ada yang sudah tahu apa itu Warung Anak Sehat?

warung anak sehat
Penerapan Warung Anak Sehat di SDN Sukasari, Bogor.

Warung Anak Sehat merupakan program yang diinisiasi oleh Sarihusada bekerjasama dengan Care Indonesia untuk memperbaiki kebiasaan jajan anak usia 5 – 12 tahun di sekolah, agar menjadi lebih sehat dan bernutrisi serta aman untuk dikonsumsi, demi menciptakan anak Generasi Maju.

Kalau semua anak sekolah di edukasi mengenai makanan sehat, Insyaallah Indonesia akan memiliki Generasi Maju yang sehat, pintar dan cerdas. Siapa coba yang tidak ingin anaknya tumbuh kembang optimal dengan baik, dengan asupan makanan yang bergizi, aman Bebas dari 5P.

warung anak sehat di sekolah
Menu sehat yang terjaga gizinya di Warung Anak Sehat.

Konsep Warung Anak Sehat mengedepankan kebersihan, kesehatan, keamanan bahan baku pakan, nikmat dan bergizi. Bebas dari 5P yaitu Pengawet, Pewarna, Pemanis, Perasa dan Pengental apalagi zat berbahaya lainnya.

Tahukah Bunda,ada dampak buruk dari jajanan yang tidak sehat pada anak-anak, dan ini akan mempengaruhi proses tumbuh kembang mereka sampai dewasa, antara lain :
1. Menimbulkan Obesitas
2. Membuat anak malas belajar
3. Menyebabkan kanker
4. Penyakit kompilasi lainnya

Sedangkan, saat anak mendapatkan pengawasan terbaik dan mendapatkan jajanan yang sehat di sekolah akan memberikan banyak manfaat seperti :
1. Status gizi normal
2. Anak bersemangat untuk sekolah
3. Anak tumbuh cerdas dan sehat
4. Anak akan lebih berprestasi

Tidak ada penjual makanan yang menjajakan dagangannya di luar sekolah loh Bunda, pedagang makanan berjualan di dalam lingkungan sekolah, sehingga dapat diawasi secara langsung oleh pihak sekolah dan wali murid. Bahkan olahan puding di sini di sajikan dengan vla dari Susu SGM Eksplor 5 Plus Complinutri, d Ngan harga sesuai dengan uang saku anak sekolah.

warung anak sehat
Warung Anak Sehat di Sekolah

Selain itu, di SDN Sukasari juga dilakukan edukasi makanan sehat, bergizi dan aman oleh guru di kelas. Hal ini membuat mind set anak-anak lebih baik dalam menentukan pilihan makanan sehat di rumah, di sekolah maupun di lingkungan sekitar.

Cara mengenali jajanan sehat dan aman dikonsumsi juga diberitahukan, yaitu:

1. Kenali warnanya, mencolok atau tidak
Karena makanan dengan bahan pewarna makanan tidak akan mengkilap dan mencolok.

2. Cicipi rasanya
Rasa makanan yang sehat tidak menimbulkan rasa getir di lidah, seperti yang ditimbulkan oleh makanan dengan pemanis buatan. Hindari juga makanan yang menggunakan penyedap rasa berlebihan.

3. Baui aromanya
Aroma makanan yang baik tidak menyengat untuk menutupi bahan baku yang busuk atau Kedaluarsa.

4. Amati komposisinya
Anak-anak diajarkan untuk kritis dan mau cari tahu apa saja komposisi dari jajanan yang mereka beli. Contohnya, saat mereka jajan martabak telur, mereka tahu apa saja bahan baku untuk pembuatannya.

5. Perhatikan kualitasnya
Jangan lupa untuk selalu perhatikan kualitas dari jajanan yang akan dibeli dan dimakan.

Makanan yang dijual di Warung Anak Sehat sudah teruji bebas 5P dan aman. Sebagai orang tua, akan senang sekali saat tahu anaknya aman dari jajanan yang tidak sehat di sekolah.

Anak-anak yang terpenuhi gizinya dengan baik akan tumbuh kembang dengan baik dan menghasilkan Anak Generasi Maju yang cerdas dan pintar.

Spread the love

8 thoughts on “Lakukan Pola Hidup Sehat Sejak Dini dengan Pengenalan Isi Piringku dan Penerapan Warung Anak Sehat

  1. Bagus banget ini programnya mbak, supaya anak tidak jajan sembarangan yang justru bernilai gizi atau tidak ya, kalau dari sekolah udah berinisiatif untuk memberikan warung anak sehat tentu gizi yg akan diterima anak sudah pasti diperhitungkan.

  2. Semoga warung sehat ini makin berkembang ke semua sekolah di pelosok ya, Mbak. Rasanya agak was was sama anak. Kalau di rumah bisa diawasi tapi kalau di sekolah atau main sama temen agak susah. Kalau ada edukasi makanan sehat sejak dini, dan teman2nya juga paham, Insya Allah bisa saling mengingatkan ga jajan sembarangan.

  3. Suka banget sama tujuan dan konsep dari program Warung Anak Sehat ini. Semoga sekolah-sekolah lainnya segera menerapkan hal yang sama ya. Biar lebih terjamin kebersihan dan kesehatan makanan anak di sekolah.

  4. Hal yang sering terlupakan buat anak anak. Terkadang orang tua beranggapan yang penting anaknya makan kenyang. Padahal kebutuhan gizi sangat penting supaya tumbuh kembang terjaga dan tetap sehat seimbang

  5. Senengnya ya jika semua sekolah ada warung sehatnya seperti itu. Alhamdulillah di TK dan SD anak-anakku enggak ada yg jualan jajanan di luar sekolah. Semua diarahkan ke kantin sekolah yang diawasi sekolah. Tapi ya kadang masih ada aja yang ngeyel jualan di luar pagar satu-dua pedagang. Emang mau makan sehat tuh ujiannya juga banyak, Buk.. hihihi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *