Pameran KriyaNusa 2019 – Promosi Kerajinan Tangan Indonesia dari Sabang Sampai Merauke

Posted on

Selamat pagi, tidak ada kata terlambat buat sebarkan berita baik ya teman-teman. Mama Azzam mau sampaikan kalah tanggal 11 sampai 15 September 2019 ada acara keren Pameran KriyaNusa 2019 yang di Balai Kartini – Jakarta. Ke sana yuk hari ini, mumpung masih ada waktu sampai Minggu, tanggal 15 nanti.

KriyaNusa 2019
Pembukaan Pameran KriyaNusa 2019 (dok. Anazkia)

Kriya Nusa ini merupakan salah satu upaya pemerintah dan stakholder terkait untuk mengembangkan potensi kerajinan tangan dari seluruh wilayah Indonesia. Kalian dan seluruh dunia pasti tahu, kalau Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan daerahnya. Aneka budaya ini memiliki berbagai produk kerajinan dengan kualitas internasional, produk apa saja yang kalian punya hayo 🙂 .

Kalau kalian senang koleksi, atau bahkan belum punya satupun kerajinan tangan asli buatan dari salah satu daerah di Indonesia, wajib banget untuk datang ke acara pameran Kriya Nusa 2019. Berbagai jenis kain dari Sabang sampai Merauke, tas rajutan dari kain maupun serat alam semua ada.

Pameran KriyaNusa 2019
Pameran KriyaNusa 2019 (dok. DEKRANAS)

Pameran KriyaNusa kali ini bertema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas & Kewirausahaan” dan mengusung ikon daerah Nusantara dari Sumatera Barat berupa motif Pucuk Rabuang.

Kategori Produk yang dipamerkan dalam KriyaNusa 2019 yaitu :
1. Tekstil
2. Keramik
3. Serat Alam
4. Batu-batuan
5. Logam
6. Kayu
7. Bahan baku alam
8. Bahan baku alam olahan
9. Lukisan

KriyaNusa juga menjadi ikon pameran kerajinan terbesar yang ditujukan sebagai wadah promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranas di seluruh Indonesia. Kalian mau cari kerajinan lokal seperti apa, bisa loh ditemukan di sini.

 

Sinergi Pemerintah dan Dekranasda dalam KriyaNusa 2019

Kegiatan pameran KriyaNusa 2019 ditangani langsung oleh Kemenkominfo dalam hal publikasi, karena Kemenkominfo ingin mendapat capaian yang baik, dan bersinergi dengan seluruh stakeholder yang terkait untuk kembangkan kerajinan tangan Indonesia agar dapat mendunia.

Sinergi Pemerintah dan Dekranas
Sinergi Pemerintah dan Dekranas dam pelaksanaan pameran KriyaNusa 2019.

Widodo Muktiyo, Direktur Jenderal Komunikasi Publik Kemkominfo RI mengatakan “Karya Seni Indonesia, termasuk di dalamnya kerajinan tangan lokal harus dipublikasikan agar seluruh dunia mengenal dan tertarik dengan produk Indonesia”.

Indonesia sudah dikenal sebagai produsen kerajinan berkualitas tinggi dan bermutu, juga berdaya saing tinggi loh. Banyak wisatawan mancanegara yang datang dan berkunjung ke Indonesia hanya untuk berburu kerajinan tangan asli, bukan buatan pabrikan. Tapi kalau anak bangsa ga ada yang tertarik, ga ada keinginan untuk melestarikan dan berinovasi, apa iya bisa terus bertumbuh?

Datang yuk ke Pameran KriyaNusa 2019
Temukan beragam kerajinan tangan lokal Indonesia di Pameran KriyaNusa 2019 (dok. Anazkia)

Buat kalian yang masih menyepelekan kerajinan tangan lokal atau hasil UMKM, tahu ga sih tercatat perkembangan ekspor produk kerajinan nasional menghasilkan 1.2 juta dollar AS bagi devisa Indonesia dengan 9.6 UMKM yang sudah masuk marketplace loh.

Dengan berkembangnya e-commerce atau penjualan secara on-line, diharapkan produk karya Indonesia terutama kerajinan UMKM dibeli secara masif di online. Juga membuka peluang bagi produsen lokal untuk menjual hasil produksi kerajinan tangan mereka langsung ke mancanegara.

 

DEKRANAS dan KriyaNusa 2019

Latar belakang diselenggarakan KriyaNusa 2019 oleh DEKRANAS, yaitu karena mereka sudah berkomitmen untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kerajinan Indonesia. Produk kerajinan tangan Indonesia terkenal berkualitas tinggi, tapi sayang tidak banyak masyarakat Indonesia yang tertarik karena harganya yang dianggap terlalu mahal. Sedangkan untuk barang branded luar negeri yang harganya jutaan lebih diminati.

Dekranas juga selalus berupaya untuk menjaga keberadaan dan kontinuitas produksi produk kerajinan, melalui peningkatan ketrampilan pada generasi muda. Melakukan pembinaan produk melalui peningkatan kualitas, desain, produksi dan penggunaan teknologi baru agar dapat meningkatkan daya saing.

Pelaksanaan pameran KriyaNusa 2019 ini diharapkan dapat nenanamkan rasa cinta dan bangga masyarakat Indonesia terhadap penggunaan produk kriya Indonesia. Mempromosikan produk kerajinan terbaik dari seluruh daerah di Indonesia dalam rangka meningkatkan pangsa pasar hasil produk kerajinan daerah, melalui pameran baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kerajinan tangan Indonesia selalu jadi daya tarik bagi industri pariwisata. Makanya kita sebagai generasi muda, harus terus menjaga dan mau lakukan regenerasi dalam menjaga keberadaan produksi produk kerajinan. Kalau bukan kita yang melestarikan budaya Indonesia, siapa lagi coba? Giliran di akui oleh negara tetangga langsung panik 🙂 .

KriyaNusa 2019 diikuti oleh Dekranasda seluruh Indonesia yg memfasilitasi perajin di wilayahnya masing2, sejumlah BUMN, dan Kementerian. Terdapat 246 stand yang terdiri dari:

37 stand Kementerian dan BUMN,

170 stand Dekranasda,

25 stand individu,

8 stand mitra, dan

6 stand asosiasi.

Tujuan utama dari pelaksanaan pameran ini adalah mempromosikan hasil kerajinan lokal dari seluruh Indonesia, dalam rangka meningkatkan target pasar produk kerajinan daerah. Juga sebagai tempat pembelajaran bagi para pengrajin daerah, dengan mengikuti pameran ini mereka dapat mengetahui trend perkembangan produk kerajinan daerah di Jakarta.

Diharapkan juga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat, terhadap perkembangan produk kerajinan yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia.

Yang paling utama adalah meningkatkan rasa cinta dan rasa memiliki, serta bangga kepada masyarakat terhadap penggunaan produk kerajinan Indonesia.

100% CINTA KRIYA INDONESIA

Cinta Kriya Indonesia
 
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *