NIVEA World Of Imagination – Liburan Seru Bersama di Hari Ibu

Posted on

Pagi Bunda, berapa dongeng yang sudah kalian ceritakan kepada anak-anak minggu ini? Apakah ada bedanya ikatan orang tua dan anak, sebelum dan sesudah kalian rutin mendongeng? Kalau sudah memulai untuk meluangkan waktu bersama anak, pasti banyak perubahan yang terjadi ya Bunda.

mendongeng untuk anak
Mendongeng untuk anak berikan sentuhan lembut ibu di dalamnya

Terimakasih kepada Nivea Creme Tin, yang selalu berkomitmen untuk mempererat bonding time antara ibu dan anak melalui NIVEA Sentuhan Ibu. Tahun ini saya berkesempatan mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan oleh NIVEA, dari kelas mendongeng sampai peresmian peluncuran #SentuhanIbu 2019 World of Imagination yang akan diadakan pada tanggal 20-22 Desember 2019 di Ecopark Ancol.

Kebetulan tahun lalu saya tidak ikuti kegiatan NIVEA, namun saya dan Azzam sangat tertarik saat melihat Dongeng Musikal NIVEA #Sentuhan Ibu di YouTube. Saat itulah Azzam tertarik dengan dongeng rakyat seperti Timun Mas, Malin Kundang dan Bawang Merah Bawang Putih.

Semenjak dapat kelas mendongeng, saya jadi tambah sering luangkan waktu bersama Azzam untuk bercerita. Namun, beberapa hari terakhir ini Azzam lebih dominan, dia lebih banyak bercerita dibandingkan mendengar dongeng saya ūüôā .

Peresmian Peluncuran #SentuhanIbu 2019 NIVEA World of Imagination

Tahun 2019 bertepatan di Hari Ibu nanti, NIVEA World Imagination bekerja sama dengan komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Waktunya Main dan Sembilan Matahari, akan mempersembahkan Taman Bermain Interaktif untuk anak yang terinspirasi dari sebuah cerita yang digabungkan dengan dunia Imajinasi, mengkombinasi permainan dengan Seni Digital.

Saya juga tambah banyak ilmu dan informasi mengenai mendongeng, imajinasi dan tumbuh kembang anak, dari talkshow yang diadakan di event ini.

Nivea World of Imagination
Tiket #SentuhanIbu 2019 NIVEA World of Imagination sudah bisa dibeli melalui Tokopedia

“Kami mengharapkan campaign NIVEA #Sentuhanlbu 2019 World of Imagination ini akan memperkuat daya imajinasi dan mengeratkan ikatan ibu dan anak,” ungkap Mr. Holger Welters, President Director PT Beiersdorf Indonesia saat pembukaan acara.

Peluncuran World of Imagination
Peluncuran Taman Bermain World of Imagination

Hadir juga di acara ini Dr. Herbowo A.F. Soetomenggolo SpA(K), Dokter Spesialis Saraf Anak, yang juga menjabat sebagai ketua Unit Kerja Saraf Anak IDAI Jakarta, menjelaskan mengenai betapa besarnya manfaat dari mendongeng bagi otak anak-anak dalam masa tumbuh kembang mereka.

Bahkan mendongeng berdampak luar biasa terhadap perkembangan otak anak, karena dongeng menjadi salah satu cara menstimulasi otak anak dalam mulai mengenal gerak, suara, ekspresi dan lain hal.

Anak saya akan pintar ga sih, karena bapaknya bukan dokter atau profesor, ibunya juga cuma lulusan SMA? Tenang bunda, kecerdasan dan kepintaran anak hanya 40% yang berasal dari keturunan. Sedangkan 60% nya berasal dari faktor eksternal, yaitu Gizi dan Stimulasi yang tepat, hal ini diungkapkan oleh Dr. Herbowo A.F. Soetomenggolo SpA.K .

Jika faktor nutrisi dan stimulasi lah yang bisa mengubah faktor internal tadi menjadi lebih baik lagi. Jadi, jika secara internal kurang terpenuhi, orang tua bisa berusaha mencukupi nutrisi dan mengoptimalkan stimulasi.

Dokter Herbowo terus menegaskan jika mendongeng adalah salah satu bentuk stimulasi yang bagus sekali dan dipercaya berhubungan erat dengan memingkatkan kepandaian anak.

Penting mendongeng
Dokter Herbowo mengungkapkan pentingnya mendongeng bagi stimulasi otak anak.

Apa hubungannya mendongeng dengan pertumbuhan otak anak?
1. Mendengarkan dongeng akan mengaktifkan bagian-bagian otak sehingga terbentuk imajinasi (neural coupling);
2. Aktivitas otak pendengar menyerupai aktivitas otak pencerita/pembaca dongeng/ (mirroring);
3. Otak akan melepaskan dopamin yang berhubungan dengan emosi;
4. Otak akan melepaskan oksitosin yang berhubungan dengan empati dan kegembiraan;
5. Otak akan melepaskan kortisol yang berhubungan dengan kewaspadaan;
6. Mendengarkan dongeng tidak hanya mengaktifkan kemampuan bicara (broca dan wernicke) tapi hampir semua fungsi otaknya.

Apabila rumah dan lingkungan tumbuh kembang anak memiliki literasi yang baik, aktivitas otak anak akan terus berkembang, terutama melalui kegiatan mendengarkan dongeng. Bahkan pengenalan kemampuan literasi sejak dini, akan memengaruhi tingkat ketrampilan berbicara dan IQ pada anak usia sekolah

Berdasarkan permasalahan yang saya alami, Dokter Herbowo menegaskan fakta tambahan tentang stimulasi, kalau prinsip stimulasi terbaik adalah stimulasi 2 arah, adanya interaksi langsung anatara anak dan orang tua. Mendongeng bukan kegiatan satu arah, dimana ibu bercerita dan anak menjadi mendengar yang budiman.

Selalu libatkan anak, dan ada baiknya lakukan tukar peran, dimana anak jadi pencerita dan orang tua pendengarnya. Penambahan sentuhan sangat berpengaruh, sebagai penguat stimulasi dan pererat bonding. Sentuhan akan membantu perkembangan amigdala (bagian otak yang mengatur emosi dan memori) serta mengintegrasikan otak kecil dan otak area prefrontal anak

Kesimpulannya nih Bunda, kalau mendongeng itu memiliki banyak manfaat seperti :
1. Mendongeng sangat penting untuk perkembangan otak anak;
2. Mendongeng berpengaruh terhadap kemampuan literasi dan kognitif anak;
3. Mendongeng sangat baik apabila disertai stimulasi 2 arah dan stimulasi sentuhan.

Bunda bingung dan bertanya-tanya, kapan ya baiknya mendongeng? Ada tips dari Dokter Herbowo nih mengenai waktu yang tepat untuk mendongeng, akan lebih efektif dilakukan di malam hari, di saat anak sudah mau istirahat. Tapi tentu saja bisa disesuaikan, bisa disaat mau tidur siang atau waktu lainnya. Yang utama orang tua harus sediakan waktu secara khusus, jangan sampai masih sibuk bekerja saat mendongeng, atau anak sedang sibuk bermain.

Sementara menurut¬†Kak Aio, Pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, “Orang tua juga dapat melibatkan anak-anak dengan mendorong mereka memberikan ide alur cerita, nama karakter dan alat peraga lainnya sehingga mendongeng meniadi lebih seru. Tidak ada cerita yang salah atau benar saat kita berimaginasi. Disitulah letak kekuatan imajinasi.”

Mendongeng bisa menjadi salah satu kegiatan favorite orang tua dan anak.  Apalagi ditunjang dengan kisah yang  menarik, karakter yang lucu dan unik.

Elizabeth Tita dari Waktunya Main,  menjelaskan betapa senangnya mereka saat dapat menerjemahkan dunia imaginasi ke dalam taman bermain yang  interaktif  dan  seru di Taman Bermain NIVEA World of  Imagination. Orangtua akan diajak untuk meluangkan waktunya untuk sepenuh hati  bisa bermain dengan  anak, mengeksplorasi daya imaginasi bersama anak dengan  melompat, menari, memanjat serta menghadapi berbagai rintangan, berpikir  cepat dan tangkas mencari solusi untuk  menuntaskan suatu misi bersama-sama.  Yang pastinya permainan ini akan sarat nilai-nilai kehidupan yang dikemas dengan seru  dan menyenangkan.

Brigitta Dewi Pricillia selaku Brand Executive NIVEA Body and Creme lebih  lanjut menjelaskan bahwa sebagai brand perawatan kulit terkemuka, NIVEA creme Tin, fokus utamanya mengukuhkan komitmennya untuk mempererat bonding time atau ikatan antara ibu dan anak melalui NIVEA #Sentuhanlbu 2019 World of Imagination. Nivea percaya bahwa dongeng  yang menarik dan seru dapat menumbuhkan daya imaginasi anak terlebih jika diiringi dengan sentuhan lembut ibu yang memberi rasa nyaman dan ketenangan.

Nivea
Nivea mempersembahkan #SentuhanIbu 2019

Melalui NIVEA creme Tin, semua ibu dapat memaksimalkan rutinitas perawatan kulit sekaligus memperkuat ikatan dengan buah  hati melalui aktivitas mendongeng.

NIVEA Creme Tin merupakan pelembab ikonik dari NIVEA yang diperkaya dengan Eucerit yang berfungsi melindungi kulit, menjadikannya tetap lembab serta memberikan sensasi kelembutan layaknya sentuhan yang diberikan oleh ibu. Sebagai pelembab harian untuk kulit wajah dan tubuh, NIVEA Creme Tin telah diuji secara dermatologis aman untuk orang dewasa serta anak-anak.

Taman Bermain Interaktif #Sentuhanibu 2019 World of Imagination

Dalam  #SentuhanIbu 2019 World  Of  Imagination, akan dipersembahkan taman bermain interaktif terinspirasi petualangan penuh imajinasi dan stimulasi bagi anak.

Wahana yang ada di World Of Imagination terdiri dari 4 (empat) dunia imajinasi yang memiliki misi tersendiri untuk diselesaikan oleh ibu dan anak yaitu :
1. Dunia Air
2. Dunia Angin
3. Dunia Hutan
4. Dunia Pasir

Bunda sudah bisa dapatkan tiketnya mulai sekarang di Tokopedia, dengan pilihan :

1. Personal Package dengan harga Rp 150.000, tiket masuk Wahana World Of Imagination untuk 1 orang, paket produk Nivea dan buku mewarnai untuk anak.

2. Family Package dengan harga Rp 450.000 kita mendapatkan 4 tiket masuk Wahana World Of Imagination, scarf  untuk  ibu, paket produk Nivea dan buku mewarnai untuk anak.

Paket yang didapat untuk pembelian tiket World of Imagination
Paket yang didapat untuk pembelian tiket World of Imagination.

Taman  interaktif World of Imagination ada jam operasionalnya, yaitu :
‚ÄĘ Sesi¬† 1 , jam¬†¬†10.00 – 14.00¬†wib
‚ÄĘ Sesi¬† 2 , jam 15.00-21.00 wib

World of Imagination ini diperuntukkan bagi anak usia antara 6-9 tahun. Untuk anak usia dibawah 6 tahun, disediakan wahana bermain yang disesuaikan dengan usia mereka yang tak kalah menyenangkan.

Jangan lupa Bunda, ajak keluarga tercinta ke  Taman Interaktif World of Imagination, tanggal 20 Р22 Desember mendatang di Ecopark Ancol Jakarta Utara.

Hari Ibu di World of Imagination
Hari Ibu di World of Imagination.

Penasaran? Bunda bisa langsung kepo-in informasi selengkapnya di akun instagram @nivea_id untuk menjadikan momen Sentuhan Ibu lebih menyenangkan.

Persiapkan waktu dan biaya untuk kumpul keluarga di World of Imagination bersama NIVEA, sampai ketemu di sana ya Bunda.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *