Mengenal Fintech Aman Bersama FINTEKTOK #5 dan Modal Antara

Posted on

Pagi moms, tentu pernah mendengar istilah fintech atau pinjaman online kan? Mama Azzam pernah baca di media online dan juga nonton di berita televisi ada kejadian yang kurang baik mengenai beberapa orang yang sampai bunuh diri akibat terlilit hutang melalui fintech. Kabarnya hal ini akibat bunga yang tinggi, dan penagihan yang tidak manusiawi membuat orang yang meminjam merasa malu akibat semua daftar telepon yang ada di handphone-nya mendapatkan pesan singkat untuk ikut menagih hutang.

Fintech atau pinjaman online
Jeratan Fintech atau pinjaman online abal-abal (pict. mediakonsumen.com)

Dunia semakin modern, digitalisasi membuat kita menjadi lebih mudah dalam melakukan berbagai hal, namun kita harus selalu berhati-hati juga, karena kejahatan selalu mengintai. Janji manis menjadi perangkap dalam modus Fintech abal-abal, dimulai dari  saat download aplikasi mendapat voucher, kemudian iming-iming voucher dan cashback tambahan kalau mendaftar dan lakukan transaksi pinjaman. Pada akhirnya konsumen yang lengah terjerat hutang dengan bunga tinggi dan dipermalukan dengan penagihan yang tidak manusiawi.

Saat kita benar-benar membutuhkan dana atau modal yang cepat untuk usaha, dan tidak ada yang bisa memberikan bantuan, memang layanan fintech atau pinjaman online ini sangat membantu. Karena persyaratan yang diberikan tidak sesulit saat kita melakukan pengajuan pinjaman langsung ke bank.

Tapi ada baiknya ya moms, kita lebih lebih waspada dan mengetahui apa sih fintech itu, bagaimana memilih layanan pinjaman online yang aman dan memiliki lisensi. Karena ternyata ada banyak fintech di Indonesia, dan yang terdaftar di OJK baru 99.

FINTEKTOK LIVE #5 “Mengenal Fintech dan Manfaatnya”

Alhamdulillah Mama Azzam mendapatkan kesempatan untuk mengetahui dan mengenal lebih banyak mengenai fintech saat menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Fintektok.id (19/01/2019).

Fintektok.id mengadakan kegiatan  FINTEKTOK LIVE #5 yang mengundang 55 orang yang terdiri dari masyarakat umum dan komunitas untuk lebih mengenal mengenai *Fintech* atau pinjaman online, kali ini mengangkat tema “Mengenal Fintech dan Manfaatnya”.

Cari tahu mengenai fintech di Fintektok.id
Cari tahu mengenai fintech di Fintektok.id

Fintektok.id sendiri adalah satu portal informasi fintech Indonesia yang menyajikan beragam informasi seputar fintech secara lengkap dan mencerdaskan. Sebagai media edukasi tentang dunia fintech di Indonesia, Fintektok.id mengajak masyarakat untuk lebih cermat dalam memilih pinjaman online yang resmi dan terdaftar di OJK .

Beragam edukasi mengenai fintech ada di website fintektok.id dan juga daftar resmi fintech yang terdata di OJK ada di sini. Moms bisa sering-sering cek, kalau lihat ada penawaran pinjaman online dan ragu itu aman atau tidak.

Modal Antara, salah satu fintech atau layanan pinjaman online yang terdaftar di OJK
Modal Antara, salah satu fintech atau layanan pinjaman online yang terdaftar di OJK.

Dan saat ini Fintektok.id mengajak masyarakat untuk mengenal salah satu perusahaan financial teknologi yang resmi terdaftar di OJK yaitu MODAL ANTARA, bentuk pinjamannya yang ditawarkan pun bermacam-macam mulai dari Antara Gajian, Antara Talangan, Antara Panen dan Antara Dagang.

Modal Antara ini memberikan layanan pinjaman dan juga permodalan dalam kegiatannya. Modal Antara membantu menjembatani para individu dan pelaku usaha dalam memperoleh akses pinjaman dari para pemodal melalui layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi yang dapat diakses dengan cepat, mudah dan terpercaya.

Kita harus waspada dan  teliti, karena kalau pinjaman online yang bagus adalah yang terdaftar di OJK, selain itu memiliki situs website resmi, bukan hanya sekedar aplikasi yang dengan mudah di download. Jangan mau ‘diteror’ aplikasi pinjaman online, apalagi kalau isi kontak handphone kalian sampai diakses mereka. Jadi, pilih aplikasi pinjaman online yg perhatiin keamanan data pribadi pelanggannya ya! T&C saat mengakses aplikasi bukan cuma buat disetujuin aja, baca dulu ya dengan teliti.

“Saat ini banyak tersebar di masyarakat berbagai macam fintech atau pinjaman online, jumlahnya sampai ratusan”, ungkap CEO Modal Antara, Dana Karseno di  FINTEKTOK LIVE #5

Pemaparan mengenai fintech yang aman dan terdaftar di OJK
Pemaparan dari CEO Modal Antara, Dana Karseno  mengenai fintech yang aman dan terdaftar di OJK.

“Dari ratusan fintech yang ada di Indonesia, yang memenuhi syarat, terdaftar dan diawasi OJK sampai saat ini baru 99”, ungkap Dana Karseno.

Ciri-ciri Fintech Abal-abal

  1. Tidak terdaftar di OJK dan tidak terdapat lambang OJK di website-nya.
  2. Menetapkan bunga yang tinggi atau bunga berbunga.
  3. Ada denda yang tinggi kalau kita tidak membayar sesuai perjanjian.
  4. Melakukan penagihan yang tidak manusiawi, melakukan teror kepada nasabah dan semua orang yang terhubung dengannya.
  5. Hanya berupa aplikasi, tidak ada website resmi.
  6. Memiliki aplikasi yang mengakses seluruh data kontak dan media.
  7. Cenderung terlalu mudah saat kita mengajukan pinjaman, tidak ada syarat klarifikasi data.

Dana Karseno mengajak masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam memilih pinjaman online yang saat ini marak. Pastikan untuk meminjam di fintech lending yang terdaftar di OJK, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan dari kedua pihak. Kalau ada masyarakat yang  terjerat fintech abal-abal, segeralah melapor ke call center OJK di nomer 157. Atau jika menemukan aplikasi fintech lending atau pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK, bisa juga langsung laporkan.

Tahu ga sih moms, saat ini Kominfo telah memblokir sekitar 600 aplikasi pinjaman online yang melangar UU ITE. Banyak banget kan ya, lebih baik kita waspada dan selalu rajin up date fintech apa saja yang terdaftar di OJK, agar tidak terjebak

Sementara itu moms, kalau sudah menjadi pelanggan dan merasa terganggu karena “diteror” pinjaman online, Kominfo mengimbau untuk melaporkan hal tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beserta bukti-bukti pendukung.

Kalau merasa terganggu dengan teror penagihan yang tidak manusiawi, laporkan saja
Kalau merasa terganggu dengan teror penagihan yang tidak manusiawi, laporkan saja
Jangan ragu untuk laporkan ke Kominfo dan OJK saat mengetahui ada fintech yang meneror
Jangan ragu untuk laporkan ke Kominfo dan OJK saat mengetahui ada fintech yang meneror.
Spread the love

One thought on “Mengenal Fintech Aman Bersama FINTEKTOK #5 dan Modal Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *