Belajar Mengelola Keuangan dan SEO bagi Blogger

Posted on

Pagi moms, meski baca artikel ini siang, sore atau malam, tetap harus semangat pagi ya 🙂 . Mama Azzam pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai SEO (lagi), maklum saya masih baru di dunia blogger dan masih sangat haus akan ilmu dan pengetahuan mengenai bagaimana menjadi penulis blog yang berkualitas.

Alhamdulillah saat ini Mama Azzam sudah banyak mengikut kelas SEO, meski yang saya ikuti adalah kelas tak berbayar, tetapi ilmunya melebihi dari yang berbayar jutaan per sesi kelasnya. Saya merangkum dan menerapkan setiap informasi yang saya dapatkan, hasilnya ga main-main loh, banyak tulisan saya sekarang yang terindeks oleh mesin pencari Google.

Tulisan pertama saya mengenai SEO bisa dibaca di sini moms : Lima Langkah Jitu Artikel Blog Berada di Halaman Satu Google.

Pada awalnya saya juga pusing moms, tapi alhamdulillah saat ini sudah mulai asik mempelajari SEO. Kita pusing dengar kata SEO karena kita belum kenal dan belum paham apa itu SEO.

Berkenalan dengan SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah optimalisasi yang kita lakukan terhadap website, terutama blog kita agar terindex di halaman pertama mesin pencari atau rangkaian teratas pada hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang relevan terhadap konten website kita.

Dari beragam mesin pencari yang ada seperti Google.com, Bing.com, Baidu.com, Yahoo.com dan yang lainnya, masyarakat di dunia lebih senang menggunakan mesin pencari Google, bahkan di Indonesia kalau kesulitan mencari sesuatu disuruh mencari ke mba google .

Itu sebabnya untuk optimalisasi di mesin pencari kita lebih ditujukan kepada google. Ada baiknya kita juga tahu kalau ternyata algoritma google selalu berubah, dan kita tidak bisa berpatokan pada satu macam informasi dalam lakukan optimasi.

Minggu, 9 September 2018 bertempat di Plaza Festival – Jakarta, saya menghadiri workshop dengan dua tema, yaitu “SEO Zaman Now” dan “Cara Mengelola Keuangan Bagi Freelancer” bersama beberapa blogger terpilih dari ISB.

Belajar SEO Dengan Niko Riansyah

Mama Azzam akan bahas materi pertama dulu ya moms, “Belajar SEO Zaman Now” yang diberikan oleh Niko Riansyah, seorang Digital Marketing di CNI.

Belajar SEO bersama CNI dan ISB
Belajar SEO bersama Niko Riansyah

Buat moms yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, sudah pasti akan mengusahakan agar tulisan blog-nya tidak hanya menjadi sekedar tulisan, atau diary digital. Hal ini harus dilakukan agar blog dan tulisan artikel di dalamnya bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi banyak orang.

Berikut ini adalah yang harus kita lakukan agar blog kita dilirik mesin pencari dan berada di halaman depan saat orang mencari melalui keywords saat mengakses google :

  1. Blog kita harus mudah diakses menggunakan gadget terutama handphone.
  2. Kecepatan website saat dibuka.
  3. Back Link.
  4. Keywords.
  5. Konten yang orisinil dan menarik untuk dibaca.
  6. Melakukan optimasi on page dan off page.
SEO zaman now
SEO Zaman Now by. Riko Riyansyah

SEO adalah bagaimana kita mengelola dan opimalkan blog kita, baik secara On Page maupun Off Page.

Optimalkan SEO secara On Page dengan cara sebagai berikut:
1. Memperhatikan penempatan keyword dalam artikel.
2. Seberapa sering keyword diulang dalam artikel, setidaknya 2% dari seluruh kata yang ada dalam artikel.
3. Adanya deskripsi terutama Meta Deskripsi artikel kita di google (bisa berupa kesimpulan isi dari keseluruhan artikel).
4. Adanya tag judul, maksudnya dalam judul sudah ada unsur keyword yang di sasar.
5. Setelah tag judul kita juga harus memperhatikan penggunaan Heading tag H1-H6 (bisa berupa judul dengan keyword turunan)

Optimalkan SEO secara Off Page dengan cara sebagai berikut:
1. Menyebarkan artikel kita di media sosial (facebook, Google+, twitter, instagram, Pinterest, maupun media sosial lainnya).
2. Link building, maksudnya kita membuat jaringan link yang kuat, sehingga link kita bisa masuk page one mesin pencari.
3. Artikel dengan konten yang menarik, sehingga memberi manfaat dan informatif bagi banyak orang.
4. Bergabung dalam forum atau komunitas blogger.

Menurut mas Riko, sebagai blogger kita harus rajin lakukan chek up kesehatan blog yang kita kelola, saat blog kita sehat maka akan mudah melakukan optimasi SEO. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan

Inilah 6 tool SEO yang setidak-tidaknya harus Anda gunakan agar hasil optimasi lebih maksimal:
1. Google Search Console (GSC)
2. Google Analytics
3. Tool Untuk Cek Backlink Kompetitor
4. Tool untuk Cek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)
5. CopyScape untuk Cek Konten Duplikasi (Jiplakan)
6. Cek Kecepatan Loading blog kita menggunakan SeoSiteCheckup .

Belajar SEO
Alhamdulillah kondisi blog saya masuk kategori lumayan sehat saat ini.

Saat ini moms job blogger banyak yang mengharuskan kita memiliki DA/PA tertentu, ini bisa kita cek kalau blog kita sudah memiliki TLD. Top Level Domain adalah segmen terakhir dari nama domain, tidak lagi menggunakan layanan blog gratis seperti blogspot atau wordpress.

Salah satu cara untuk meningkatkan skor DA/PA blog, adalah dengan memasukan link tulisan kita di website yang konvensional atau  biasanya melalui blog walking. Selain itu juga dengan memasukkan link dari website terpercaya dalam setiap postingan artikel.

belajar seo bersama cni dan isb
Harus rajin ya moms untuk lihat dan cek aktivitas dan performa blog kita menggunakan Google Analytic.

Yang terakhir nih dari mas Niko, kita harus dan wajib pasang Google Analytic untuk bisa kontrol dan cek bagaimana perkembangan dari performa blog kita, terutama di mesin pencari google.

Belajar Cara Mengelola Keuangan Bagi Freelancer Bersama Liswanti Pertiwi

Selesai belajar SEO, kita semua belajar bagaimana cara mengelola keuangan dari penghasilan nge-blog bersama Liswanti Pertiwi yang merupakan Finance Blogger.

Belajar Finance
Bersama Liswanti Pertiwi mempelajari bagaimana mengelola keuangan.

Penting bagi kita untuk bisa mengatur keuangan agar tidak defisit, jangan deh sampai besar pasak dari pada tiang. Ceu Lis membagi ilmunya bagaimana kita sebagai blogger yang tidak punya penghasilan pokok, tetapi bisa saving uang.

Kenapa harus mengatur keuangan?
1. Melatih diri untuk semakin bijak menggunakan uang
2. Melatih diri untuk lebih teratur mengatur hidup
3. Menjadikan diri kita lebih pandai berhemat
4. Belajar menabung dan berinvestasi
5. Selalu tenang dan bahagia

Kita harus memiliki tujuan keuangan agar bisa termotivasi dalam menabung atau mengelola keuangan. Misalnya nih moms :
1. Buat pendidikan
2. Dana pensiun
3. Biaya nikah
4. Biaya lahiran
5. Beli mobil
6. Beli rumah
7. Buka usaha
8. Naik haji

Untuk bisa fokus mengatur keuangan, kita harus bisa kenali yang mana sih kebutuhan dan yang mana hanya merupakan keinginan. Karena kebutuhan harus dipenuhi, sedangkan keinginan lebih ke hobby dan gaya hidup. Kalau kita belum bisa membedakan kebutuhan dan keinginan, maka susah untuk mengatur keuangan.

Saat kita mendapatkan uang yang merupakan penghasilan, hitunglah seberapa besar penghasilannya dan buat pos keuangan.

Pos keuangan ideal :
– zakat, sedekah, infak 5%
– cicilan hutang 20%
– dana darurat 10%
– biaya hidup 30%
– tabungan 20%
– investasi 15%

Kita harus bisa disiplin moms dalam menabung, jangan pernah menabung dari sisa uang yang kita pegang, kita harus bisa sisihkan uang saat yang kita dapatkan dan konsisten menabung dengan jumlah tetap. Mau bagaimana juga, uang tidak akan bisa bersisa karena hidup ini memang membutuhkan uang.

Intinya, dalam mengelola keuangan kita harus bisa tegas dan memiliki niat yang kuat, juga tujuan yang paling utama dalam menentukan mana kebutuhan hidup dan mana yang hanya merupakan keinginan hati.

Hidup hemat itu lebih berkah, lebih bermanfaat dan bisa membawa kita menuju kemakmuran dan kebahagiaan di masa yang akan datang.

Senangnya mendapat dua ilmu yang sangat bermanfaat di satu workshop 🙂 selain itu saat pulang juga mendapatkan oleh-oleh produk CNI buat orang rumah.

produk unggulan CNI
Hot Up Dark Chocolate dan CNI Ginseng Coffe

Siapa yang ga kenal dengan produk unggulan dari CNI ini, yaitu Hot Up Dark Chocolate dan CNI Ginseng Coffe yang asik dinikmati di pagi hari maupun malam hari, juga sebagai mood boster saat penat dikejar dead line 🙂 .

workshop bersama cni dan isb
Berfoto bersama seluruh peserta workshop dan narasumber.

Terimakasih kepada teh Ani Berta dan Indonesian Social Blogpreneur (ISB), CNI, mas Niko dan ceu Liswanti yang sudah mengundang saya di acara penuh dengan ilmu bermanfaat ini.

Spread the love

26 thoughts on “Belajar Mengelola Keuangan dan SEO bagi Blogger

  1. SEO ini PR banget buatku. Banyak banget yang harus dipelajari, apalagi belajarnya otodidak kaya aku yang gampang lupa ini…
    Eh kopi Ginseng dari CNI ini enak banget. Bikin seger di badan. Dulu sering minta kalau sama Bapakku yang ikut CNI heheheh

  2. dua ilmu yang vital bagi seorang penulis, yaitu bagaimana menambah pundi-pundi pendapatan dari menulis dan akhirnya mengelola pundi-pundi itu menjadi kekayaan bagi seorang blogger…

  3. Wah aku malah sering keteteran uang utk atur keungan nih, krn sudh ada jatah tersendiri dr menteri keuangan di rumah saya.. My beloved wife.. Hehehe.. Yuxz, Smgt belajar mbak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *