Memilih Asuransi Terbaik “PRUprime healthcare syariah dari PRUDENTIAL” Syariah Untuk Semua

Posted on

images

Jakarta, 27 April 2017 – Gedung Prudential Lt.15 , saya mendapat invitation untuk menghadiri acara 10 tahun Prudential Syariah. Jujur saja saya paling takut dan tidak suka apabila ada yang menawarkan produk asuransi, karena saya merasa biaya yang akan saya keluarkan tiap bulannya besar dan pasti akan sulit klaimnya apabila ingin saya gunakan saat saya sakit, apalagi sampai meninggal dunia padahal saya sudah setor bertahun-tahun. Tetapi rasa penasaran saya timbul saat tahu ada Asuransi Syariah, dan ternyata memang banyak sekali produk syariah yang ada di Indonesia, dari Bank, Simpan Pinjam dan Asuransi.

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada tahun 1995 merupakan penyedia jasa asuransi jiwa terdepan di Indonesia dan merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah group perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Sebagai bagian dari Group yang berpengalaman lebih dari 168 tahun di industri asuransi jiwa ,Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential Indonesia telah mendirikan unit bisnis asuransi jiwa syariah sejak tahun 2007 dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia sejak pendiriannya. Tahun ini Prudential Indonesia memperingati tahun kesepuluhnya beroperasi dan sejalan dengan ini, perusahaan meluncurkan PRUprime healthcare syariah . Dihadiri oleh Ibu Nini Sumohandoyo, selaku Corporate Marketing, Communications and Sharia Director PT Prudential Life Assurance. Bapak Rinaldi Mudahar, Country CEO ; Chief Executive Agency PT Prudential Life Assurance ( yang menaungi 260.000 agen ). Bapak Himawan Purnama, AVP Product Planning PT Prudential Life Assurance dan Bapak Ahmad Nuryadi, Anggota Dewan Pengawas Syariah.

         Rinaldi Mudahar, Country CEO ; Chief Executive Agency PT Prudential Life Assurance, menjelaskan “PRUprime healthcare syariah merupakan produk asuransi rawat inap komperhensif yang berbasis syariah yang membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, dengan jangkauan global dan manfaat yang dapat berkembang. Produk ini diluncurkan karena Prudential senantiasa mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat yang menginginkan perlindungan berdasarkan prinsip dan nilai-nilai syariah.”

IMG-20170430-WA0015

Prudential telah dipercaya dan menjadi market leader selama 10 tahun di asuransi syariah Indonesia. Prudential terus mengajak para peserta asuransi untuk saling tolong menolong dan berbagi resiko dengan berasuransi syariah.

Selain itu, PRUprime healthcare syariah  juga menawarkan manfaat yang terus berkembang, dimana Prudential Indonesia akan memberikan penambahan sebesar 10% dari batas manfaat tahunan awal jika tidak ada klaim yang dilakukan selama satu tahun polis berjalan. Penambahan bisa diberikan hingga maksimal 50% dari batas manfaat tahunan awal, sehingga perlindungan dapat terus terjaga di tengah biaya-biaya pengobatan yang terus meningkat setiap tahunnya. Fitur ini merupakan yang pertama di industri asuransi jiwa syariah.

         Nini Sumohandoyo, selaku Corporate Marketing, Communications and Sharia Director PT Prudential Life Assurance, memaparkan data landscape syariah di Indonesia dimana 87% populasi penduduknya  adalah muslim terbesar di dunia tetapi hanya 7% yang memiliki asuransi jiwa individu. Berdasarkan data dapat dilihat bahwa peminat asuransi syariah sebenarnya sangat besar, namun baru sedikit perusahaan asuransi yang menawakan asuransi syariah.

IMG-20170430-WA0011

Prudential percaya pada “Syariah untuk semua“, di mana prinsip-prinsip itu bersifat universal dan dapat dinikmati oleh umat Islam dan non-Muslim.

Ada beberapa alasan masyarakat memilih asuransi syariah, 87%  memilih karena selaras dengan prinsip syariah Islam, 43% mengatakan karena hasil investasinya lebih baik, 42% sisanya karena mendapat rekomendasi keluarga, 39% Kontribusi dimiliki nasabah dimana perusahaan hanya sebagai pengelola, 38% Saling membantu melalui dana tabarru, 34% karena saya muslim, 33% karena manfaatnya sesuai dengan kebutuhan, 32% mendapat rekomendasi tenaga pemasaran.

Alasan lainnya masyarakat tidak memilih menggunakan asuransi syariah 53% mengatakan karena belum banyak yang membeli asuransinya, 42% mengatakan hasil investasi kurang baik, 29% merasa tidak ada perbedaan dengan asuransi konvensional, 26% merasa kurang penjelasan, 26% lainnya menganggap persyaratannya lebih rumit, 22% tidak tahu cara kerjanya, 21% kontribusinya lebih tinggi atau lebih mahal.

Hal-hal yang membuat masyarakat tidak memilih asuransi jiwa syariah ini menjadi tugas bagi OJK dan seluruh industri asuransi dan departemen keuangan Indonesia untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas agar mereka paham apa itu Asuransi Jiwa Syariah. Dari data survey 61% masyarakat dalam 2 tahun kedepan  ingin memiliki asuransi jiwa dan hampir 21% lebih memilih syariah.

Himawan Purnama, AVP Product Planning PT Prudential Life Assurance memberikan penjelasan manfaat lebih dari PRUprime healthcare syariah . Keunggulan unik lainnya yang ditawarkan adalah PRUprime limit booster yaitu sejumlah dana tambahan yang dapat digunakan apabila seluruh batas manfaat tahunan telah terpakai. Apabila digabungkan dengan batas manfaat tahunan, maka fitur ini dapat memberikan dana tambahan hingga Rp 35 miliar, yang merupakan nilai perlindungan rawat inap tertinggi di Indonesia.

IMG-20170430-WA0009

         PRUprime healthcare syariah juga menawarkan perlindungan global, termasuk nasabah bisa melakukan perawatan inap dalam kondisi darurat di Amerika Serikat. Produk ini pun memberikan fasilitas perawatan secara cashless di jaringan rumah sakit yang luas di Indonesia, Singapura dan Malaysia, di mana nasabah cukup menunjukkan kartu PRUprime healthcare syariah tanpa harus mengeluarkan uang sendiri.

Terdapat juga manfaat Santunan Dana Marhamah, atau santunan kasih sayang, yang diberikan jika peserta yang diasuransikan meninggal.

Bapak Ahmad Nuryadi, Anggota Dewan Pengawas Syariah PT Prudential Life Assurance  menjelaskan asuransi syariah adalah sebuah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah.(Fatwa DSN MUI no.21/DSN-MUI/IX/2001)

          Asuransi berdasarkan prinsip syariah adalah usaha saling tolong menolong (ta’awun) dan melindungi (tafakuli) di antara para peserta melalui pembentukan kumpulan dana ( Dana Tabarru’ ) yang dikelola sesuai prinsip syariah untuk menghadapi risiko tertentu. ( PMK 18/ PMK.010/ 2010 )

  • Istilah tafakul berasal dari kata kafal’ atau kafalah yang artinya menjamin atau bertanggungjawab untuk sesuatu.
  • Dalam pandangan ekonomi berarti suatu perjanjian (akad) untuk saling menjamin diantara sekelompok orang dalam menghadapi risiko yang akan menimpa mereka di masa mendatang.

Islam selalu mengajarkan umatnya untuk selalu bersiap diri, salah satunya dengan berwasiat untuk istrinya dengan menafkahi selama setahun setelah dirinya meninggal dunia. Ilmu keuangan lainnya juga sudah diajarkan oleh Islam, Imam Ibnu al-Jauzi mengatakan orang pintar harus mengusahakan pendapatan yang lebih dari kebutuhannya, dan menyimpan (sebagian pendapatannya) dimana jika sesuatu terjadi  atas dirinya, maka harta yang disimpan itu dapat menutupi (kerugian) atas musibah yang menimpanya, dan jika ia terhalang (karena musibah)untuk berusaha (karena luka/cacat), maka simpanannya dapat memenuhi kebutuhannya sepanjang sisa hidupnya.

Cara terbaik menyimpan yaitu dengan membeli produk asuransi syariah

Pada asuransi konvensional prinsip yang digunakan adalah pemindahan risiko. Artinya, potensi risiko yang terjadi pada peserta asuransi menjadi tanggungan perusahaan asuransi berdasarkan perjanjian yang tertuang di dalam ketentuan polis. Sedangkan pada asuransi syariah prinsip yang digunakan adalah saling menanggung risiko.

Saling menanggung risiko. Artinya, potensi risiko yang terjadi pada peserta asuransi menjadi tanggungan sesama peserta asuransi. Peranan perusahaan asuransi pada asuransi syariah terbatas hanya sebagai pemegang amanah, pengelola operasional dan menginvestasikan dana dari kontribusi peserta.

Tabungan kas bersama para peserta yang akan dipakai jika ada yang klaim. Dilaporan akhir tahun akan ada informasi berapa banyak yang klaim dan berapa kas di tabarru.

Surplus Sharing adalah dana yang akan diberikan kepada peserta asuransi berdasarkan syarat dan ketentuan tertentu, bila terdapat kelebihan dana dari rekening tabarru’, termasuk juga bila ada pendapatan lain setelah dikurangi klaim dan hutang kepada perusahaan, jika ada.

30% dari surplus sharing akan ditahan dalam rekening tabarru’, 56% akan dikembalikan kepada para pemegang polis dalam bentuk unit link dan 14% merupakan hak perusahaan asuransi. Surplus sharing dibayarkan setiap tanggal 30 April setiap tahun kepada pemegang polis dan perusahaan.

“Prudential Indonesia percaya bahwa prinsip-prinsip syariah berlaku universal sehingga kami menggunakan tema ‘Syariah untuk semua’ dalam mengedukasi masyarakat,” demikian Ibu Nini menegaskan.

       PRUprime healthcare syariah tersedia sebagai manfaat tambahan (rider) untuk produk PRUlink syariah assurance account, dan disediakan oleh jaringan luas lebih dari 98.000 tenaga pemasar berlisensi syariah Prudential Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Tadinya saya alergi dan takut kalau ada yang tawarkan asuransi, tetapi sekarang saya pikir ternyata asuransi syariah sangat melindungi saya dan keluarga dan ada transparansi biaya.

Yuk kenal lebih dekat dengan Prudential dan pahami berbagai jenis asuransi yang ditawarkan, bisa di media sosial Facebook  fb.com/prudential.indonesia  dan juga bisa kunjungi websitenya:  http://www.prudential.co.id/corp/prudential_in_id/solutions/riders/PRUprime_healthcare_syariah.html

 

 

by. Anisa Deasty Malela

anisa_dee007@yahoo.co.id

Tw. @Desty007

IG. @anisa.dee

WA. 085781068275

Spread the love

16 thoughts on “Memilih Asuransi Terbaik “PRUprime healthcare syariah dari PRUDENTIAL” Syariah Untuk Semua

  1. Semoga kedepannya masyarakat Indonesia bisa lebih merasakan manfaat assuransi buat dirinya,keluarga dan perekonomian bangsa. Ini PR buat Assuransi agar masyarakat yang pernah kecewa menjadi percaya bahwa Asuransi bisa jadi solusi keuangan kedepannya.

  2. Jaman sekarang asuransi sangat diperlukan. Tetapi banyak perusahaan asuransi yg tipu2 manis di saat pendaftaran, garang saat kita klaim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *