Manfaat Konsumsi Gandum Utuh Saat Sarapan

Posted on

Pagi moms, Mama Azzam sering banget nih membahas mengenai pentingnya sarapan bagi tubuh, terutama bagi pertumbuhan anak-anak. Sarapan sehat dengan gizi seimbang sudah menjadi lifestyle banyak masyarakat Indonesia, namun belum banyak yang mengetahui sehatnya sarapan dengan gandum utuh. Seperti halnya saya nih moms, sebelumnya menu sarapan sekitar nasi goreng, dan olahan mie instan dengan tambahan sayuran, potongan daging dengan minum susu atau jus buah. Pokoknya cepat dan bisa dimakan dengan cepat oleh keluarga yang selalu sibuk di pagi hari.

Saat Mama Azzam menghadiri Talkshow yang diadakan oleh Nestle Breakfast Cereal, yang mengangkat tema “7 Days Whole Grain Challenge” Mama Azzam mendapatkan banyak tambahan informasi mengenai pentingnya sarapan sehat dengan gandum utuh.

Mulai konsumsi Sarapan Sehat dengan Gandum Utuh yuk.
Mulai konsumsi Sarapan Sehat dengan Gandum Utuh yuk.

Nestle Breakfast Cereals terus berupaya mengajak masyarakat Indonesia untuk dapat menerapkan kebiasaan hidup sehat dengan sarapan sehat dan bergizi. Memilih sarapan dengan cerdas agar dapat menjalankan hari dengan semangat adalah cara Nestle untuk melakukan edukasi masyarakat.

Gandum utuh, sudah banyak diketahui memiliki kandungan serat yang dipercaya baik manfaatnya untuk pencernaan dan kesehatan tubuh. Kalau keluarga kita sarapan dengan olahan gandum utuh, mereka akan kenyang lebih lama, lebih berenergi dan lebih sehat.

Manfaat Gandum Utuh Bagi Tubuh Saat Sarapan

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health memberikan data, bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan serat dan gandum utuh dapat menurunkan risiko penyakit kronis tidak menular seperti stroke, kanker usus dan diabetes. Dengan rutin konsumsi makanan berserat, pencernaan dapat lebih terjaga, kadar gula darah menurun dan tidak mengumpulkan lemak di tubuh.

Dalam Gathering “7 Days Whole Grain Challenge”, Alaa Shaaban yang merupakan Business Executive Officer Cereal Partners Worldwide Indonesia mengatakan bahwa program yang dilakukan oleh Nestle “Pekan Sarapan Nasional” atau PESAN merupakan komitmen Nestle dalam menyediakan sarapan sehat dan bergizi bagi keluarga Indonesia. Dengan rutin mengkonsumsi gandum utuh setiap hari, akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh.

Alaa Shaaban, perwakilan Nestle
Alaa Shaaban, Business Executive Officer Cereal Partners Worldwide Indonesia

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan saat sarapan memiliki banyak manfaat. “Dengan mengonsumsi makanan saat sarapan, kita bisa merasakan manfaat yang lebih. Baik dari sisi fisiologis maupun psikologis. Terutama saat kita sarapan dengan gandum yang padat akan serat” kata Eka Herdiana, Corporate Nutritionist of Nestlé Indonesia.

Cari tahu manfaat Gandum Utuh saat sarapan
Bersama Prof. Ali Khomsan dan Ibu Eka Herdiana, cari tahu manfaat Gandum Utuh saat sarapan bagi tubuh.

Prof. Ali Khomsan, Guru Besar Pangan dan Nutrisi Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan bahwa gandum utuh terdiri dari tiga bagian penting, yaitu inti gandum utuh yang bertepung (starchy core), bagian tengah yang kaya nutrisi (nutrien packed center) dan lapisan gandum utuh (fiber Bean layer), yang mengandung vitamin, mineral dan kaya akan antioksidan.

Prof. Ali juga memberikan informasi bahwa saat ini penyebab kematian tertinggi di Indonesia disebabkan oleh stroke, penyakit jantung koroner, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena masih banyak masyarakat yang kurang memperhatikan asupan makanan sehari-hari terutama asupan pada saat sarapan. Diketahui kalau kita mengkonsumsi serat lebih banyak, mengurangi risiko terkena penyakit sebanyak 15-30% .

Untuk meningkatkan dan menumbuhkan kebiasaan mengkonsumsi gandum utuh, Nestle Breakfast Cereals meluncurkan program tantangan “7 Days Whole Grain Challenge” yang mengajak orang tua untuk mulai mengkonsumsi gandum utuh dalam sarapan sehat dalam keseharian. Yuk mulai berkreasi dan berbagi menu sehat sarapan pagi dengan gandum utuh, agar keluarga terutama anak-anak dapat menikmati sarapan sehat setiap hari.

Kreasi makanan dengan gandum utuh
Bersama Chef Steby yang ganteng kita coba masak dua menu makanan lezat dengan gandum utuh untuk sarapan.

Kalau kita tidak kreatif, hanya sediakan sarapan motong dengan menu yang itu-itu saja, pasti keluarga akan bosan, iya ga sih. Nestle Breakfast Cereals berikan tantangan kepada semua orang, terutama orang tua untuk kreasikan sarapan dengan bahan baku utama gandum utuh. Untuk permulaan, di acara ini kita di berikan beberapa menu simpel yang sehat oleh Chef Steby, yaitu Wholegrain breakfast Shaksouka dan Kokoa Breakfast.

Kreasi sarapan sehat gandum utuh.
Kreasi sarapan sehat dengan gandum utuh bersama Chef Steby.
Kreasi Sarapan Sehat.
Ini kreasi sarapan gandum utuh dari Chef Steby.

Yummy, kalau saya terapkan di rumah pasti semua akan sarapan dengan lahap dan penuh semangat nih 🙂 . Kalau kalian punya resep apa untuk di bagi ?? Tantangan “7 Days Whole Grain Challenge” ini ada di Instagram Sahabat Nestle dan kalian bisa kok ikutan, karena periode-nya sampai 30 April.

 

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *