Kuliner Nusantara yang Menyatukan NKRI

Posted on

Selamat pagi moms, apa kabar keluarga tercinta hari ini? Semoga sehat selalu ya 🙂 . Suasana politik Indonesia saat ini, sedikit  banyak membuat kita terbelah menjadi beberapa kubu di dalam masyarakat, bahkan juga di dalam keluarga. Hayoo, moms pilih siapa untuk Pemilu 2019 April nanti?

Ga sampai berantem dengan anggota keluarga, atau tetangga kan ya hanya karena berbeda pilihan untuk Pemilu nanti? Meski berbeda pilihan, persatuan bangsa harus tetap kita jaga dong ya 🙂 .

Melihat banyaknya potensi perpecahan, di Kota Solo diadakan acara yang mengusung tema persatuan untuk Indonesia tercinta, yaitu :

Kenduri Nusantara 2019 Doa Anak Negeri Umbul Donga Merawat NKRI Menjaga Indonesia

…. Kulihat Ibu Pertiwi, sedang bersusah hati…
Ya, kami masyarakat Solo merasakan kesusahan hati Ibu Pertiwi… Kami juga merasa gelisah melihat situasi bangsa yang berkembang akhir-akhir ini. Inilah yang membuat warga Solo untuk mengadakan event keren ini moms.

Acara Kenduri Nusantara "Doa Anak Negeri" di Kota Solo.
Acara Kenduri Nusantara “Doa Anak Negeri” di Kota Solo.

Masyarakat Solo antusias menggelar doa bersama dan Kenduri Nusantara Doa Anak Negeri untuk umbul donga, memanjatkan doa bersama demi keselamatan negeri.

Bagi masyarakat Solo, kenduri ini merupakan salah satu kegiatan sosial untuk merawat keutuhan, memulihkan keretakan, dan meneguhkan kembali cita-cita bersama, sekaligus melakukan kontrol sosial atas penyimpangan dari cita-cita tersebut.

Benteng Vastenburg Surakarta ramai dengan warga kota Solo.
Benteng Vastenburg Surakarta ramai dengan warga kota Solo.

KENDURI NUSANTARA diadakan pada hari Minggu, 3 Maret 2019. Pukul 07.00 – 10.00 WIB di Benteng Vastenburg Surakarta.
Umbul donga memanjatkan doa bersama secara lintas iman untuk keselamatan negeri dilakukan oleh warga Solo bersama dengan ulama rakyat, salah satunya Gus Muwafiq.
Perhelatan ini merupakan inisiatif masyarakat Solo, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap situasi bangsa yang semakin jauh dari rasa solidaritas.

BHINNEKA TUNGGAL IKA hanya akan menjadi simbol belaka bahwa negara kita memiliki sejarah yang dibangun oleh beragam budaya, beragam suku bangsa, dan beragam agama serta kepercayaan yang dianutnya.

Karena itulah dibutuhkan cara untuk membangkitkan kesadaran, untuk kembali ke akarnya bahwa kita memiliki bangsa yang kaya warisan budaya.

Inilah saatnya kembali merawat NKRI menjaga Indonesia yang menjadi tanggung jawab semua pihak sebagai anak bangsa.
“Kami warga Solo tidak rela bangsa ini terbelah dan tidak tenang dalam melanjutkan membangun negeri demi kesejahteraan rakyat.”

Kenduri dengan sajian tumpengan merah putih adalah simbol semangat kami, simbol kecintaan warga Solo pada NKRI. Masyarakat Solo berharap warga di wilayah lain seantero negeri bisa melakukan hal yang sama dengan cara dan bentuk sesuai dengan tradisi dan kepercayaan/keyakinan masing-masing. Inilah saatnya kita menata kembali ruang sosial kita, membuka kembali sekat-sekat, membersihkan kembali saluran-saluran yang kotor, dan menyiraminya dengan air kesejukan.

Kita rawat dan jaga bersama agar Ibu Pertiwi tidak bersusah hati. Mari bersimpuh dan memanjatkan doa. Demi kita semua, bangsa Indonesia.

Makanan dapat menyatukan NKRI
Makanan dapat menyatukan NKRI

Kuliner Nusantara Menyatukan NKRI

Yang namanya kendurian, pasti hal paling utamanya adalah kehadiran makanan yang melimpah ruah untuk di hidangkan bagi seluruh masyarakat yang hadir di Benteng Vastenburg Surakarta.

Hidangan di Kenduri Nusantara di Kota Solo
Hidangan di Kenduri Nusantara di Kota Solo
Ragam makanan Nusantara yang disediakan untuk semua warga yang hadir.
Ragam makanan Nusantara yang disediakan untuk semua warga yang hadir.

Buat warga Kota Solo, yuk datang ke Benteng Vastenburg Surakarta untuk menghadiri Kenduri Nusantara Doa Anak Negeri, untuk ikut santap hidangan yang ada dan meningkatkan tali silaturahim bersama seluruh warga lainnya.

#kendurinusantara2019 #doaanaknegeri #umbuldonga #merawatNKRI #menjagaIndonesia #salamcintanegeri #guyubrukun #agawesantosa

Spread the love

One thought on “Kuliner Nusantara yang Menyatukan NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *