Komitmen Danone-AQUA dalam Kampanye Gerakan Bijak Berplastik

Posted on

Moms, sebel ga sih saat melihat sampah berserakan si rumah? Tindakan pertama yang kita lakukan pasti langsung ambil sapu dan membersihkannya, setelah semua di sapu bersih otomatis sampah masuk tong tempat sampah ya moms.

Kalau sampah di rumah sudah di pisahkan apa belum moms, atau sampah langsung masuk tanpa dipisah ke dalan satu tempat sampah? Ternyata perilaku seperti ini bisa mengakibatkan masalah baru dari menumpuknya sampah. Selain tidak bisa di daur ulang, sampah organik tidak bisa terurai dengan baik.

Kalau saya dan keluarga sudah mulai mengurangi penggunaan kantong kresek atau kantong plastik, ketika berbelanja ataupun kegiatan lainnya. Sudah menggunakan kantong lipat atau goodie bag, yang selalu dibawa kemanapun.

Untuk tempat minum, saya juga sudah membiasakan membawa tumbler sendiri, jadi ga selalu beli air minum kemasan lagi. Bijak berplastik sudah mulai dilakukan sejak 3 tahun terakhir di keluarga saya.

World Environment Day

World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni dilakukan demi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global untuk mengambil tidakan terhadap lingkungan yang bisa berdampak positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi. Hari Lingkungan Hidup diperingati sejak tahun 1972 dan ditetapkan oleh Majelis Umum PBB.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2018 mengusung tema “Beat Plastic Pollution” atau Kendalikan Sampah Plastik. Melihat banyaknya ancaman yang bisa diakibatkan dari sampah plastik yang dibuang oleh manusia dan berakhir di lautan luas.

Data PBB mencatat setiap tahunnya terdapat 5 triliun kantong plastik yang digunakan di seluruh dunia. Sebanyak 13 juta ton sampah plastik menjadi polusi di lautan. Akibatnya sebanyak 100 ribu hewat di laut terbunuh setiap tahun. Sementara itu, perlu waktu hingga 100 tahun agar sampah plastik dapat terurai.

Komitmen Danone-AQUA dalam Kampanye Gerakan Bijak Berplastik

Jakarta, 5 Juni 2018 – Memperingati Hari Lingkungan Hidup di Indonesia, Danone-AQUA mengumumkan peneguhan komitmennya untuk mempelopori tiga komitmen masalah plastik.

bijak berplastik
Corine Tap, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone – AQUA)

Miss. Corine Tap, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone – AQUA) memberi kata sambutan berupa komitmen Danone – AQUA dalam memimpin kampanye nasional untuk edukasi daur ulang dalam mengatasi permasalahan sampah plastik dan pengelolaan sampah plastik yang ada.
Danone – AQUA sudah terlebih dahulu melakukan suatu gerakan Reuse, dimana kemasan plastiknya dapat di daur ulang 100%.

Danone – AQUA bekerjasama dengan mitra dan konsumen untuk daur ulang dan peduli lingkungan melalui gerakan #BijakBerplastik.

Deklarasi 3 Komitmen dalam mengatasi masalah sampah plastik.
1. Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik
2. Mengedukasi Daur Ulang Sampah Plastik
3. Mempercepat Inovasi Kemasan Plastik

Hadir Bapak Novrizal Tahar, Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, mewakili Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar.

bijak berplastik
Novrizal Tahar, mewakili Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar.

Novrizal Tahar menyampaikan bahwa Menteri Lingkungan Hidup dan negara Indonesia menyatakan dukungannya kepada DANONE-AQUA dalam mengatasi masalah sampah plastik dan ikut serta dalam kampanye #BijakBerplastik.

bijak berplastik
Dukungan dari berbagai pihak untuk ikut serta #BijakBerplastik

Hadir juga beberapa praktisi dan artis dalam peneguhan komitmen Danone-AQUA dalam usaha menanggulangi persoalan sampah plastik di Indonesia melalui gerakan Bijak Berplastik, mereka adalah:

1. Nani Hendiarti, Asisten Deputi Pendayagunaan IPTEK Maritim, Kementerian Koordinator Maritim Republik Indonesia.

2. Ujang Solihin Sidik, Kepala Subdirektorat Pengelolaan Sampah, Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

3. Enri Damanhuri, Staf Ahli Pengelolaan Sampah Institut Teknologi Bandung.

4. Karyanto Wibowo, Direktur Pembangunan Berkelanjutan Danone-AQUA

5. Nadine Chandrawinata, Penggiat Isu Lingkungan.

Diharapkan komitmen #BijakBerplasik dapat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, diharapkan dapat di daur ulang menjadi barang baru atau digunakan lagi, agar tidak menjadi sampah yang akhirnya mencemari lingkungan.

Nadine Chandrawinata bahkan sering menemukan banyaknya sampah plastik saat ia snorkling di laut, sering sekali ia membawa tempat untuk mengumpulkan sampai di lautan lepas.

Indonesia adalah salah satu dari negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia ke laut, dengan volume sekitar 200.000 ton plastik per tahun. Melihat fenomena ini, perlu gerakan bersama untuk mengubah perilaku kita dalam membuang dan mengelola sampah.

Sejak tahun 1993, Danone-AQUA telah melakukan berbagai inisiatif dalam upaya menanggulangi persoalan sampah plastik di Indonesia. Danone-AQUA sadar upaya ini tidak bisa dilakukan sendiri, sehingga merasa perlu merangkul berbagai pihak untuk berkolaborasi dan berpartisipasi dalam mengatasi persoalan sampah di negara kita.

Gerakan Bijak Berplastik. Gerakan ini merefleksikan komitmen Danone-AQUA untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik, membangun kesadaran dan mengajak partisipasi publik untuk ikut bertanggung jawab pada sampah plastik, serta menerapkan kemasan yang dapat 100% didaur ulang pada tahun 2025. Hal ini sejalan dengan visi Danone One Planet, One Health.

bijak berplastik
Instalasi kampanye #BijakBerplastik ini di Ground Floor Atrium Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Di kegiatan ini, Danone-AQUA juga menyediakan booth edukasi mengenai tahapan pengolahan sampah plastik, dan juga instalasi photobooth papan selancar dengan menggunakan sampah plastik.

Agar masyarakat ikut berpartisipasi aktif untuk #BijakBerplastik Danone-AQUA membangun instalasi kampanye #BijakBerplastik ini di Ground Floor Atrium Lotte Shopping Avenue, Jakarta sejak tanggal 5 hingga 10 Juni 2018.

bijak berplastik
Apa iya kita mau surfing di lautan sampah??

Semoga Indonesia bisa mengurangi sampah plastik demi kelestarian alam. Biasakan untuk #BijakBerplastik agar dunia bisa lestari dan terbebas dari sampah plastik.

Bahkan Danone-AQUA melakukan terobosan dan inovasi dengan cara mengumpulkan botol bekas untuk dijadikan barang lain yang bisa lebih bermanfaat daripada hanya sekedar menjadi sampah.

Tahukah kalian, 1 kaos keren ini terbuat dari 8 botol bekas AQUA yang diolah menjadi serat dan kemudian menjadi bahan kaos yang nyaman dipakai…

bijak berplastik
Inovasi Danone-AQUA dengan botol bekas air minum menjadi kaos keren. 

Yuk mulai sejak sekarang kita lakukan #BijakBerplastik dan mengurangi sampah semua barang yang terbuat dari plastik.

 

Spread the love

21 thoughts on “Komitmen Danone-AQUA dalam Kampanye Gerakan Bijak Berplastik

  1. Aku termasuk yg buah sampah dalam satu tempat nih mba huhu..
    keren ya danone misi lingkungannya sangat kuat, dan perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, khususnya masyarakat sebagai konsumen pangan yg menyumbang sampah plastik terbanyak.

  2. Memang harus bijak dalam menggunakan plastik, akan tetapi sangat disayangkan masih sedikit sekali yang bijak dalm penggunaannya. Padahal, penumpukan sampah plastik bisa membahayakan jika tidak diminimalisir penggunaannya. Moga makin banyak yg sadar akan hal ini

  3. Keren nih komitmen Aqua dalam hal sampah plastik. Kalo dilaksanakan semua pihak, sampah plastik pasti gakkan sebanyak sekarang. Dan mungkin jumlahnya bisa jadi sedikit. Aku pun masih susah buat memilah2 sampah. Masih nyimpen sampah dalam satu wadah. Kecuali sampah yang bisa didaur ulang. Sebab dulu pernah begitu, eh sama si mamang sampah malah disatuin lagi. 🙁

  4. Sedih juga ya, ternyata negara kita Indonesia adalah salah satu dari negara penyumbang sampah plastik terbesar ke laut, semoga kita semua lebih bijak lagi dalam menggunakan plastik.

  5. Wah aku baru tahu kalau plastik bisa didaur ulang jadi serat trus dibikin kaos gtu.
    Andai semua sadar lingkungan trus mau buang sampah, terutama plastik, ke tempatnya lingkungan akan jd makin bersih ya mbk. Apalagi kalau sampahnya bisa didaur ulang.

  6. jadi catatan buat diri sendiri nih untuk bijak berplastik. Selama ini bener bener nggak ada kendali terhadap penggunaan plastik.

    jadi ingin program beberapa waktu lalau, yang ke supermarket plastik dibandrol harga 200 rupiah. niatnya untuk mereduksi penggunaan plastik. tapi akhirnya nggak jalan juga

  7. Aku pernah lihat video dan foto tentang binatang-binatang yang mati. Ternyata pas perutnya dibuka, eh ada banyak sampah plastik di dalamnya. Sedih deh rasanya. Maka dari itu masalah plastik emang butuh komitmen banget dari semua elemen. Enggak cuman danone selaku perusahaan, namun juga kita sebagai masyarakat agar keadaan di bumi jadi lebih baik lagi ke depannya. Yuk lah kita bijak dalam menggunakan plastik!

  8. Aku pernah lihat video dan foto tentang binatang2 yang mati lalu pas perutnya dibuka, ternyata ada banyak sampah di dalamnya. Duh, sedih deh mbak rasanya. Makanya bijak berplastik itu penting banget karena dampaknya enggak hanya buat kita namun juga buat makhluk hidup lain di bumi.

  9. Wah keren nih, semoga saja banyak ditiru perusahaan lainnya dan para konsumen juga banyak yg menyadari tentang penanganan sampah plastik hingga tidak sembarang membuangnya 🙂

  10. Selalu dukung tiap upaya daur ulang apalagi plastik yg akrab di keseharian kegiatan manusia. Senang kini ada brand ternama yg mengusung semangat ini..

    Btw kaus polo-nya ada lagi kak?? Hehhe boleh juga

  11. Ide keren ini semoga jadi percontohan dan banyak diikuti lainnya. Sedih pisan saat PDAM membagi airnya sehingga kami kebagian malam. Bayangkan buat nadah air kami harus begadang dan rebutan. Padahal indonesia ini wilayah perairan tapi air saja susahnya minta ampun…
    Eh sementara yg buang sampah ke sungai bisanya cuma menyalahkan pemerintah saja.

  12. Bagus ya program-programnya dan memang sampah plastik menjadi masalah terbesar bagi lingkungan. Saya sendiri juga belum maksimal mengurangi sampah plastik

    semoga kedepannya program-program dan non semakin memberi kebaikan kepada lingkungan di sekitarnya

  13. Kok aku jadi pengen punya kaosnya ya, penasaran kayak apa bentuknya kok bisa dobuat dari plastik. Polister gitu bukan sih bahannya ? Keren nih danone

Leave a Reply to Sara Neyrhiza Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *