Ketahanan Pangan Sedunia dan Edukasi Danone Memanfaatkan Kedelai Sebagai Alternatif Protein

Posted on

Pagi moms, sediakan sarapan apa pagi ini untuk keluarga šŸ™‚ ingat ya moms apapun makanannya usahakan untuk dihabiskan, jangan sampai ada yang terbuang percuma. Tahu ga sih kalau di luar sana masih banyak orang yang kelaparan. Masa iya kita yang masih diberikan rezeki untuk makan enak, tega untuk buang-buang makanan.

Menu makanan di meja makan moms kira-kira sama ga ya dengan Mama Azzam, setiap hari harus ada olahan tempe atau tahu. Kalau favorit Azzam sih tempe goreng dan pepes tahu moms.

Tahu ga sih kalauĀ Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 16 Oktober, tanggal ketika Organisasi Pangan dan Pertanian, lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa, didirikan pada tahun 1945. Hari Pangan Sedunia didirikan oleh negara-negara anggota FAO pada konferensi umum ke-20 bulan November 1979.

Memperingati Hari Pangan Sedunia di tahun 2018 ini, Danone mengajak dan mengedukasi para bunda untuk lebih mengenal Soya atau kedelai, dengan mengadakanĀ Diskusi ā€œKedelai Sebagai Alternatif Pangan yang Bernutrisiā€ bersama narasumber :
1. Prof Made Astawan – Ahli Teknologi Pangan IPB
2. Dr Ida Gunawan, SpGK ā€“ Dokter Ahli Gizi Klinis

hari pangan sedunia
Diskusi Hari Pangan Sedunia bersama Danone dengan temaĀ ā€œKedelai Sebagai Alternatif Pangan yang Bernutrisiā€.

Prof Made Astawan menjelaskan betapa bermanfaat soya bagi manusia, terutama bagi pertumbuhan anak-anak. Saat ini banyak bayi yang terlahir dengan alergi protein susu, sehingga bisa menghambat tumbuh kembang mereka jika tidak mengkonsumsi susu. Susu kedelai bisa menjadi solusi pengganti susu sapi.

Tahukah kalian kalau Soya atau kedelai memiliki julukan “The King of Beans”, hal ini karena kedelai memiliki lebih banyak kandungan protein dan nutrisi dibanding dengan jenis kacang-kacangan yang lainnya. Bahkan moms, kedelai bisa diolah menjadi susu, dan menjadi pengganti susu sapi yang baik bagi anak-anak yang alergi protein hewani.

Sebagai selebrasi Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 17 Oktober, Organisasi PBB (Food and Agriculture Organization/FAO) pada tahun 2018 ini mengangkat tema “A Zero Hunger World by 2030 is Possible”.

Dengan tema ini, FAO mengajak masyarakat dunia untuk bisa mengadopsi pola makan yang lebih sehat dan berkelanjutan serta menjadi konsumen yang sadar dengan mencari alternatif pangan yang sehat dan bernutrisi.

Di Indonesia, sebagai masyarakat sudah Soya atau kedelai sudah dimanfaatkan sebagai alternatif pangan. Danone saat ini mengajak agar seluruh lapisan masyarakat mengenal lebih dekat manfaat dan nutrisi kedelai yang kaya akan nutrisi bagi tubuh, terutama bagi tumbuh kembang anak.

Susu kedelai juga menjadi sumber protein sehat untuk ibu hamil moms, dapat membantu tubuh ibu hamil tidak hanya sehat tapi juga mendorong perkembangan organ vital janin dalam kandungan.

Kandungan Kedelai yang bisa Kita manfaatkan antara lain adalah :

1.Ā Isoflavon kelompok antioksidanĀ dan zat anti peradangan, sehingga sangat berguna untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, mencegah penuaan dini.

2.Ā Kacang kedelai juga kaya akan vitamin (vitamin A, E, K dan beberapa jenis vitamin B) danĀ mineral (K, Fe, Zn dan P).

Dr, Ida Gunawan memberikan edukasi bagaimana kita bisa mengolah kedelai menjadi beragam olahan kreatif yang menarik untuk dilihat dan dimakan oleh anak. Beraneka ragam olahan kedelai dapat dimanfaatkan dan dikreasikan loh moms, mulai dari biji kedelai utuh, maupun fermentasi kedelai, dan isolat proteinnya.

Edukasi pengolahan kedelai menjadi beragam pangan yang sehat dan menarik seperti Burger Tempe, Steak Tempe, Tempe Cup Cake, Susu Kedelai, Soya Yoghurt, Soya Cookie, Nugget Tempe dan lainnya.

hari pangan sedunia
Sudah coba Soya Cupcake apa belum mom, pasti si kecil akan suka loh.
hari pangan sedunia
Olahan kedelai berupa steak tempe, bisa menjadi salah satu menu bekal sekolah untuk si kecil.
hari pangan sedunia
Soya Silky Puding, bisa menjadi menu pilihan keluarga.
hari pangan sedunia
Soya Cookies dan kripik tempe bisa menjadi camilan sehat keluarga.
hari pangan sedunia
Yang Azzam makan ini burger tempe loh moms.
hari pangan sedunia
Burger tempe sama enaknya dibandingkan burger daging.

Jangan ragu untuk konsumsi soya atau kedelai ya moms, selain tidak terlalu mahal di bandingkan protein hewani, tetapi memberikan manfaat lebih baik loh.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *