AQUA Edukasi Masyarakat Untuk Hindari Penyakit Ginjal dengan Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan

Posted on

Pagi moms, sudah berapa liter air putih yang diminum hari ini? Meskipun idealnya kita di anjurkan minum 8 gelas setiap harinya, tetapi kebutuhan akan air putih setiap individu itu berbeda-beda loh. Selain itu moms, meskipun kita merasa tidak haus saat berada di ruangan dingin yang ber-AC, ternyata tubuh sangat membutuhkan cairan. Kalau kita tidak penuhi kebutuhan cairan atau hidrasi tubuh, ginjal kita yang akan menanggung akibatnya.

Dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia/World Kidney Day 2019 yang jatuh pada tanggal 14 Maret 2019 yang lalu, Danone-AQUA mengadakan serangkaian acara yang interaktif dan edukatif dengan mengusung tema “Gaya Hidup Sehat dengan Aksi Hidrasi Sehat”.

Danone-AQUA memperingati Hari Ginjal Sedunia
Danone-AQUA memperingati Hari Ginjal Sedunia dengan mengadakan kegiatan FunWalk dan Talkshow.

Acara ini sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui gerakan Ayo Minum Air (AMIR) yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menekankan pentingnya gaya hidup sehat dengan minum air putih sebagai hidrasi sehat (jumlah dan volume air yang cukup sesuai kebutuhan untuk hidup sehat), dan lakukan olahraga secara teratur agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit.

Hadir dalam talkshow kali ini dengan narasumber :
1. Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia
2. Dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA
3. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Dekan FKUI
4. Andinia Wirasti, artis dan pelaku gaya hidup sehat .

Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Dekan FKUI menjelaskan kalau tidak semua orang memiliki kebutuhan yang sama terhadap air putih. Tetapi semua orang wajib memenuhi kebutuhan hidrasi-nya untuk menjaga kesehatan ginjal mereka.

Kenapa kita beresiko kena Penyakit Ginjal, karena kita seringkali mengabaikan kebutuhan akan air putih, kurang minum menjadi faktor utama dan penyumbang utama timbulnya dehidrasi dan sakit ginjal. Menjaga hidrasi tubuh kita penting untuk kesehatan ginjal moms.

Jaga kesehatan ginjal
Ginjal sangat membutuhkan cairan yang cukup, agar terjaga selalu fungsinya.
Fungsi ginjal
Fungsi ginjal yang menjadi filter tubuh harus kita jaga dengan mencukupi kebutuhan hidrasi-nya.

Setelah olahraga, peserta FunWalk mencoba cek dan langsung ke booth skrining tekanan darah, komposisi tubuh, dan status hidrasi mereka. Jangan abaikan rasa haus, malah ada baiknya kita minum sebelum merasa haus, tapi ingat untuk minum air putih, bukan minum minuman bersoda, kopi atau minuman lainnya.

Yuk sadar diri mengenai Kesehatan Ginjal, tahu ga sih kalau penyakit ginjal kronis masih menjadi penyebab kematian nomor enam di dunia. Belakangan ini, jumlah pasien gagal ginjal makin banyak dan memerlukan penanganan yang kompleks.

Untuk penyakit ginjal kronis menyebabkan 2,4 juta orang meninggal dalam setiap tahunnya, sedangkan gangguan ginjal akut, yang juga merupakan salah satu penyebab penyakit ginjal kronis, mempengaruhi lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia.

Dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director Danone-AQUA menjelaskan, bahwa air putih yang baik untuk kesehatan ginjal yaitu yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa ya.

Yuk ikuti langkah berikut untuk menghitung kecukupan hidrasi kita moms:

1. Beritahu kalian itu seperti apa dg beritahu tinggi badan, berat badan, usia, jenis kelamin, kegiatan sehari-hari, di mana kalian tinggal
2. Cari tahu kebutuhan air berdasarkan informasi yang kalian berikan
3. Dapatkan hasil seberapa banyak kebutuhan air bagi tubuh kita

Ingat jaga kesehatan ya untuk jaga kesehatan ginjal kita. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan ginjal yang harus kita ketahui, di antaranya:
1. Mengatur pola makan
2. Aktif bergerak
3. Menjaga berat badan
4. Menghindari konsumsi alkohol dan rokok
5. Kontrol tekanan darah
6. Minumlah air putih dengan cukup
7. Menghindari beberapa obat dan suplemen

Hidrasi yang sehat akan memberikan ginjal yang sehat, tubuh jadi tidak terbebani dengan beragam macam zat yang menumpuk di ginjal.

World Kidney Day atau Hari Ginjal Sedunia

Danone-AQUA setiap tahunnya selalu ambil bagian dari kolaborasi multi pihak untuk terus mendukung Word Kidney Day, sebagai peringatan kepada masyarakat akan pentingnya pemenuhan hidrasi untuk menjaga kesehatan ginjal.

Minum air putih sesuai dengan kebutuhan, olahraga teratur, lakukan kebiasaan hidup sehat pasti akan membuat kita terhindar dari beragam pilihan, ginjal juga akan terjaga dan hidup kita bisa lebih lama. Yuk hidup sehat

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *