Edukasi Pentingnya Dukungan Untuk Ibu Menyusui Dalam Pekan ASI Sedunia

Posted on

Rasanya sedih sekali saat tidak dapat berikan ASI eksklusif pada anak tercinta, beragam upaya sudah dilakukan untuk memproduksi ASI lebih banyak dan lancar. Makan sayur daun katuk, pepaya muda, minum jamu dan juga multivitamin saya lakukan.

Kebetulan saat hamil dan melahirkan Azzam, saya masih bekerja sebagai administrasi di sebuah perusahan instalasi listrik. Dengan lingkungan yang selalu sibuk, dan hanya ada suami dan saya yang merawat bayi Azzam.

ASI Eksklusif untuk anak tercinta
ASI Eksklusif untuk anak tercinta

Memang selama 2 bulan setelah melahirkan saya mendapat cuti, tetapi ternyata tidak membuat ASI saya keluar dengan baik, apalagi banyak. Akhirnya harus berikan tambahan susu formula agar anak tidak kelaparan. Saat itu saya tidak menyadari, ternyata kesibukan dan stress dapat membuat produksi ASI menjadi tidak lancar.

Sempat kembali bekerja selama 3 bulan, tetapi ternyata memperparah keadaan, selain ASI Eksklusif tidak dapat saya berikan, saya juga semakin uring-uringan dan hampir mengalami baby blues. Sehingga saya tidak optimal dalam berikan yang terbaik nagb anak saya.

Tanpa ada dukungan kedua orangtua, berada di kontrakan yang kanan kiri nya keluarga muda membuat saya kurang informasi mengenai merawat bayi baru lahir. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk berhenti bekerja dan memilih tinggal bersama orangtua di Bekasi.

Ternyata banyak hal yang membuat seorang ibu kurang sukses dalam berikan ASI Eksklusif kepada anak-anaknya. Bahkan hal yang tampak sepele bisa menjadi pemicu loh, seperti suami yang tidak berikan bantuan saat mengganti popok, atau menggendong bayi saat menangis. Ibu yang baru melahirkan memang cenderung lebih sensitif dan sangat butuh perhatian lebih.

Buat semua calon Bunda, yuk di simak beberapa hal berikut bersama suami tercinta, bagaimana sih cara terbaik agar seorang Ibu dapat berikan ASI Eksklusif dan membangun generasi penerus bangsa yang sehat dan kuat, terhindar dari beragam penyakit.

Pekan ASI Sedunia 2019

Tahu ga sih kalau minggu pertama di bulan Agustus, setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pekan ASI Sedunia. Ingat ya “Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui”, jadi untuk kelancaran dalam menyusui, seorang Ibu sangat membutuhkan dukungan Ayah nih, karena saat bikinnya kan berdua, nah mengurus nya juga harus berdua ya.

Pekan ASI Sedunia 2019
Pekan ASI Sedunia 2019 bersama Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek.

Memperingati Pekan ASI Sedunia 2019, saya berkesempatan bertemu langsung dengan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM. yang merupakan Menteri Kesehatan Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa prioritas pembangunan kesehatan 2015-2019 adalah :

1. Perbaikan Gizi bangsa khususnya pengentasan masalah stunting.
2. AKI dan KB KIA termasuk imunisasi
3. Pengendalian PTM atau Penyakit Tidak Menular seperti Hipertensi, Obesitas, dan Kanker
4. Pengendalian penyakit menular seperti Aids, TBC, dan Malaria

Ibu Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek juga berikan seminar mengenai “Keberhasilan Menyusui Menuju Masyarakat Sehat Indonesia Kuat”, karena dapat mengurangi tingkat stunting di Indonesia.

ASI Eksklusif Cegah Stunting
ASI Eksklusif Cegah Stunting

Semua jenis penyakit pada tubuh generasi muda Indonesia dapat ditekan, apalagi kalau semua Ibu dapat berikan ASI Eksklusif pada anak-anak mereka. Karena dalam ASI Eksklusif terkandung antibodi terbaik dan pemenuhan nutrisi pertama pada anak yang baru lahir.

Untuk diketahui Bunda, perkembangan otak anak yang terjadi saat 1000 hari pertama kehidupan sampai 80 persen loh, jadi kalau anak sampai tidak mendapatkan gizi pertama yang terbaik melalui ASI, maka dapat dipastikan pertumbuhan otak mereka bisa terganggu. Karena setelah melalui 1000 HPK, maka perkembangan otak anak cuma 20 persen.

Saat Pekan ASI Sedunia 2019 di awal Agustus lalu, saya juga mengikuti Talkshow dan hadir sebagai narasumber yaitu :
1. dr. Eny Gustina, MPH
2. Ir. Retno Damayanti Gobel, dan
3. Sogi Indra Dhuaja (Ayah ASI)

Pekan ASI Sedunia
Pekan ASI Sedunia

Dijelaskan juga mengenai Ayah ASI, yaitu apa saja yang wajib dilakukan seorang Ayah agar mereka mengurangi beban stress seorang Ibu dan mewujudkan anak yang mendapat ASI Eksklusif. Berikut ini yang dapat dilakukan setiap Ayah :
1. Menemani istri dalam memperoleh informasi yang benar seputar menyusui.
2. Memberi dukungan kepada ibu agar tetap semangat menyusui.

Ayah punya peran yang penting mendukung keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Dukungan ayah berperan membuat ibu rileks dan meningkatkan hormon bahagia yang penting saat menyusui. Hormon bahagia yang didapat ibu dari dukungan yg diberikan ayah, akan berkontribusi memacu hormon prolaktin yaitu hormon pelancar ASI.

Menjadi peran serta semua pihak, dalam memberikan dukungan pemberian ASI Eksklusif, sehingga dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang kuat dan maju. Bayi yang mendapatkan ASI terbukti dari sisi kognitif lebih unggul, IQ-nya lebih bagus. Dari sisi behavior, pelakunya lebih baik karena mendapatkan lebih banyak perhatian dari Ibunya.

Peran Ayah ASI
Peran Ayah ASI
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *