Dukung Asian Games-Inasgoc Memberi Kesempatan UKM Menjadi Partner Official Merchandise Bersama SMESCO

Posted on

UKM harus menangkap peluang untuk mengembangkan pemasaran produknya di event besar Asian Games 2018. Ini adalah pesan gamblang yang di ungkapkan dalam Forum Diskusi dengan narasumber :

1. Ibu Emilia Suhaimi, Direktur Utama LPP – UKM
2. Bapak Mochtar Sarman, Vice Director Revenue
3. Bapak Juan Firmansyah, UKM DuAnyam

official merchandise asian games
Forum Diskusi dengan tema “UKM Menangkap Peluang di Asian Games 2018.

Mochtar Sarman, Vice Director Revenue mengungkapkan bahwa event besar Asian Games 2018 yang diselenggaran di Indonesia ini akan melibatkan 23 perusahaan dengan 7 perusahaan UMKM sebagai pemasok resmi merchandise Asian Games 2018.

“Produk dari sepatu, pakaian, sovenir, boneka, makanan dan minuman yang kaya akan ciri khas budaya Indonesia akan dijual. Sehingga sangat perlu diperhatikan kualitas produknya karena ini adalah kesempatan kita untuk bisa mengekspor produk,” katanya.

official merchandise asian games
Merchandise khas dan asli Indonesia bisa di beli di Smesco Indonesia dengan harga lebih bersahabat dibandingkan harga produk sejenis di mall.

Ia berharap para pelaku UMKM mau belajar untuk memperhatikan kualitas dan kontinuitas produknya khususnya untuk event Asian Games 2018 dengan target pasar milenial yang menyukai produk-produk yang trendi, sehingga trek dunia harus diperhatikan.

Ibu Emilia menambahkan, bahwa tahun ini SMESCO ditunjuk sebagai destinasi wisata belanja, seperti yang tertuang dalam MoU (9 Juli 2018) antara Smesco Indonesia dengan PT Character Land selaku perusahaan yang ditunjuk INASGOC sebagai marketing agency official merchandise Asian Games 2018.

“Smesco Indonesia selalu mengobarkan semangat edukasi untuk mencintai produk lokal. Jadi, Smosco jelas berbeda dengan tiga destinasi wisata belanja lainnya,” kata Emilia.

Dijadwalkan para atlet dan juga official peserta Asian Games 2018 akan berkunjung ke Smesco Indonesia pada 27 Agustus 2018 dan 1 September 2018 dengan empat trip kunjungan membawa 400 orang kontingen masing-masing selama tiga jam. “Mereka bisa menyaksikan aneka produk kerajinan berkualitas yang dihasilkan UKM dari seluruh Indonesia,” katanya.

official merchandise asian games
Smesco Indonesia menyambut atlet dan official dari mancanegara dengan produk unggulan Tanah Air dan merchandise Asian Games 2018.

Pesta olahraga Asian Games 2018 ini akan menjadi momentum terbaik dalam mempromosikan produk-produk unggulan Tanah Air dan merchandise Asian Games kepada tamu-tamu negara asing peserta Asian Games. “Smesco Indonesia telah mempersiapkan kunjungan tersebut dengan menyediakan berbagai produk souvenir yang didisplai di space area dan desain visual merchandise Asian Games di lantai dasar dengan nuansa Asian Games untuk menyambut kontingen Asian Games,” kata Emilia.

Produk souvenir unggulan khusus untuk ajang Asian Games, lanjutnya, berasal dari 34 provinsi yang mengirimkan lima jenis produk terbaik masing-masing 100 buah per jenis dengan harga bersaing.

“Tamu kontingen Asian Games yang datang ke Smesco Indonesia akan disambut dengan musik Calung Banyumasan dan pemberian welcome drink berupa bir pletok khas Betawi. Pokoknya, benar-benar menampilkan wajah Indonesia,” katanya.

Smesco Indonesia juga akan menyajikan wisata kuliner masakan khas Indonesia, seperti Soto Aceh, Bebek Ireng Surabaya, Nasi Rames, Gudeg, Nasi Bali, Bakso Malang, Toge Goreng, es cincau, es cendol durian, es doger, dan masih banyak yang lainnya.

“Ada juga atraksi lain seperti Tari Jaipong, Demo Batik, melukis dengan cat acrylic di tas blacu, demo aneka sulam, lukis kaos, dan sebagainya. Bagi yang suka selfie dan berfoto, disediakan juga booth foto khas Smesco Indonesia,” kata Emilia.

“Ini peluang bagi UKM karena pesta olahraga yang digelar dari 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 diikuti sekitar 15 ribu atlet yang berasal dari 45 negara di Asia dari 42 cabang olahraga,” kata Emilia.

Juan Firmansyah, perwakilan dari UKM DuAnyam memperkenalkan bahwa mereka mendirikan UKM yang berisikan pengerajin ibu-ibu yang didirikan pada tahun 2014, di Kota Larantuka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia, salah satu provinsi termiskin dengan salah satu tingkat kematian ibu dan bayi baru lahir tertinggi di Indonesia.

DuAnyam berusaha untuk memberdayakan para wanita di daerah ini dengan memanfaatkan tradisi anyaman anyaman dan menyediakan pekerjaan alternatif untuk pertanian subsisten bagi wanita hamil, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan dan memperbaiki kualitas hidup keluarga.

Ada lebih dari 20.000 potong produk DuAnyam yang menjadi merchandise Asian Games berbagai bentuk yang juga telah didistribusikan di berbagai outlet Asian Games baik di Jakarta maupun Palembang saat ini.

produk unggulan Tanah Air dan merchandise Asian Games
Produk DuAnyam hasil karya ibu-ibu dari Kota Larantuka.

Yuk beli official merchandise Asian Games 2018 di Smesco Indonesia, tepatnya di Jalan Gatot Subroto kav-94, Jakarta Selatan

Spread the love

15 thoughts on “Dukung Asian Games-Inasgoc Memberi Kesempatan UKM Menjadi Partner Official Merchandise Bersama SMESCO

  1. Ajang Asian Games 2018 ini merupakan kesempatan yang bagus ya untuk SMESCO, agar dapat memperkenalkan produk2 buatan Indonesia ke manca negara. Ternyata setelah melihat secara langsung produk2 yang ada di SMESCO ini bagus2 ya Mba..

  2. Merchandise Asian Games yang sekarang hanya jadi souvernir tuh kelak bisa jadi barang yang amat dicari loh… Mungkin karena itu kali ya jadi ga ada kesulitan sama sekali menjualnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *