Deteksi Dini Hepatitis Untuk Mencegah Kematian

Posted on
deteksi dini hepatitis
Kemenkes RI mengajak kita untuk peduli dan mulai untuk deteksi dini pada status Hepatitis.

27 Juli 2018, saya berkesempatan menghadiri seminar kesehatan yang diadakan di ruang Naranta Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, di gedung Kementerian Kesehatan yang dihadiri oleh dr. Wiendra Waworuntu M.Kes, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI.

Menjelang peringatan Hari Hepatitis Sedunia, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyerukan ajakan untuk deteksi dini Hepatitis bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Hepatitis merupakan penyakit infeksi yang menyerang hati (liver) yang disebabkan oleh virus hepatitis. Terdapat berbagai jenis virus Hepatitis, yakni hepatitis A, B, C, D, dan E. Namun yang paling sering menyerang masyarakat adalah penyakit hepatitis A, B, dan C.

Hepatitis A

Penyakit Hepatitis A menyerang hati, ditularkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh virus hepatitis A. Untuk moms yang selalu rajin memasak di rumah untuk keluarga, yuk segera sadar status hepatitis kita.

Karena nih moms, perlu diperhatikan bagi pengidap hepatitis A yang memasak atau menyiapkan makanan,ternyata dapat menularkan virus-nya kepada orang lain. Ga mau dong anak tercinta atau keluarga juga kerabat kita terpapar atau tertular penyakit hepatitis.

Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit yang menyerang hati, dan disebabkan oleh “Virus Hepatitis B” (VHB), suatu anggota famili Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati.

Perlu diketahui moms, ada lebih dari 240 juta orang di seluruh dunia yang menderita hepatitis B kronis dan 686 ribu di antaranya meninggal akibat sirosis serta kanker hati akibat hepatitis.

Tahukah moms, kalau 1 dari 10 orang Indonesia mengidap Hepatitis B. Sebagian besar orang tidak menyadari dan tidak tahu gejalanya hingga komplikasi datang. Penyakit Hepatitis B ternyata lebih berbahaya dan lebih infeksius dibandingkan denga HIV, karena menyerang sel inti tubuh.

Hepatitis C

Hepatitis C adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang hati. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini dapat memicu infeksi dan inflamasi pada hati.
Hepatitis C pada umumnya tidak menunjukkan gejala pada tahap-tahap awal. Karena itu, sekitar penderita hepatitis C tidak menyadari bahwa dirinya sudah tertular sampai akhirnya menderita kerusakan hati bertahun-tahun kemudian.

Kita harus tahu status Hepatitis kita juga seluruh keluarga ya moms biar bisa deteksi dini, dan ditangani, juga mengurangi penyebarannya ke orang lain.

Hari Hepatitis Sedunia atau “World Hepatitis Day” dirayakan pada hari Sabtu, 28 Juli 2018 dan mengangkat tema Periksa dan Obati Hepatitis (Test. Treat. Hepatitis).

Faktanya nih moms 1 dari 4 orang yang terkena Hepatitis akan meninggal karena kanker atau gagal hati.

Penularan Hepatitis ada 2 macam tweeps
1. Melalui kotoran mulut (Hepatitis A dan E)
2. Adanya kontak cairan tubuh (Hepatitis B, C, D) .

Ada tiga jenis pemeriksaan antigen dan antibodi untuk hepatitis B, yakni hepatitis Bsurface antigen (HbsAg), hepatitis B core antigen (HbcAg), antibodi hepatitis B surface antigen (anti-HbsAg).

Yuk ah donor darah, untuk mendeteksi secara dini apa darah kita sudah terjangkit virus Hepatitis atau belum.
Darah bisa bermanfaat bagi orang lain, kita mendapat data ter “up to date” kondisi tubuh.

deteksi dini hepatitis
Penularan penyakit hepatitis.

Kenapa perempuan harus lebih peduli dan lebih menyadari status hepatitis, terutama ibu, karena akan menjadi penular terbesar penyakit hepatitis kepada anak, terutama anak yang baru dilahirkan. Selain itu perempuan memegang banyak peran di rumah tangga, semua hal dilakukan dari memasak, merawat keluarga sampai membersihkan rumah.

Kalau ibu sudah sakit, apalagi terserang hepatitis, ada kemungkinan besar kalau keluarganya rentan terkena hepatitis.

Yuk deteksi dini hepatitis untuk menyelamatkan diri, keluarga dan juga lingkungan terhindar dari penyakit hepatitis moms.

Spread the love

One thought on “Deteksi Dini Hepatitis Untuk Mencegah Kematian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *