Ciptakan Lingkungan Sehat Untuk Anak

Posted on
Lingkungan sehat melatih anak terbiasa hidup sehat

Selamat pagi, hari ini dengan penuh semangat saya melangkahkan kaki menuju acara Talkshow atas undangan dari Wajah Bunda Indonesia. Sejak pukul 07.00 wib pagi saya sudah duduk manis di angkutan kota, sengaja jalan pagi agar bisa sampai lebih awal.

Ternyata, tepat pukul 08.00 wib saya masih terjebak macet dan masih jauh dari tempat tujuan. Bersyukur kebiasaan untuk bisa hadir lebih awal tidak membuat saya panik akan telat sampai di acara nanti.

Kamis, 9 November 2017 saya menuju Hongkong Cafe yang terletak di kawasan Menteng. Tema yang akan dihadirkan adalah “Dukung Warung Anak Sehat  dan Bantu Ciptakan Generasi Maju”. Acara ini diselenggarakan oleh Woman Radio 94.3 FM bersama Sarihusada.

Talitha Andini Prameswari, dr. Ir. Sri Ana M. dan mba Lia

Bunda yang memiliki anak usia sekolah pasti khawatir, kira-kira apa saja ya jajanan yang dibeli dan dimakan oleh anak kita di sekolah. Kalau kantin sekolah, kita sebagai orangtua bisa mengawasi dan meminta guru untuk selalu monitoring.

Tapi saat anak berada di lingkungan sekolah, apa bisa kita monitor?

Beragam dan bermacam-macam jajanan di jual di sekitas sekolah, ada gorengan, mie, permen, dan yang lainnya. Tapi hampir semuanya tidak memiliki nilai gizi dan nutrisi yang baik untuk anak.

Saat ini Talkshow menghadirkan Ir. dr. Sri Ana Marlianti, ahli gizi dari IPB, Talitha Andini Prameswari, Project Manager Warung Anak Sehat.

Warung Anak Sehat

Apa sih yang dimaksud dengan warung anak sehat? warung Anak Sehat merupakan program yang diinisiasi oleh Sarihusada bekerjasama dengan Care Indonesia untuk memperbaiki kebiasaan jajan anak usia 5 – 12 tahun di sekolah, agar menjadi lebih sehat dan bernutrisi serta aman untuk dikonsumsi, demi menciptakan anak Generasi Maju

Latar Belakang Program  Warung Anak Sehat

Berdasarkan hasil riset, 1 dari 3  anak usia 3 – 12 tahun menderita masalah gizi (data Riskesdas 2012). Dari masalah stunting hingga obesitas.

Anak usia sekolah di atas 5 tahun memiliki keinginan yang besar dan kuat untuk jajan, yang berakibat kepada permasalahan dalam konsumsi asupan gizi seimbang.

Sebanyak 23,82%  pangan jajajanan anak usia sekolah, yang diuji sampel BPOM masih tidak memenuhi syarat akibat cemaran mikrobiologi(Laporan Aksi Nasional PJAS 2017).

Tujuan Akhir Pelaksanaan Program

Tujuan utama dalam pelaksanaan kegiatan dan sosialisasi Warung Anak Sehat adalah terbentuknya kesadaran dan perubahan perilaku dari anak dan seluruh ekosistem sekolah yang mendukung pola makan dan asupan nutrisi yang baik bagi anak sebagai persiapan mereka menjadi anak Generasi Maju.

Kegiatan Warung Anak Sehat

Penasaran kan, apa saja kegiatan di Warung Anak Sehat? Saya juga penasaran, dan sangat ingin belajar bagaimana untuk bisa menerapkannya. Jadi, saat anak saya masuk sekolah, saya sudah bisa menjamin jajanan anak saya di sekolahnya sehat.

Warung Anak Sehat berusaha memberikan akses jajanan yang lebih sehat dan bernutrisi kepada siswa di sekolah, yang penyediaannya dilakukan oleh para ibu yang telah terlatih mengenai nutrisi dan pangan jajajan sekolah yang aman dan sehat.

Ibu, Guru dan Masyarakat akan menjadi monitoring dari pelaksanaan Warung Anak sehat loh.

Yuk edukasi anak-anak kita untuk peduli pada jajanan yang dimakannya, bagaimana caranya?

  • Cek warna makanan
  • Cek rasa makanan
  • Cek bau makanan
  • Cek pedagang yang menjual dan mengolah makanan
  • Cek tempat jajanan dijual

Dengan begitu, anak tidak akan sembarangan jajan dan peduli pada kualitas dari jajanan yang mereka beli di sekolah.

Contoh display warung anak sehat

Cara melakukan pemberian edukasi Warung Anak Sehat:

  • Edukasi terkait nutrisi kepada guru dan orang tua
  • Edukasi terkait jajanan yang sehat dan aman, serta pemberdayaan ekonomi perempuan untuk pedagang
  • Edukasi terkait pemilihan jajanan (makanan dan minuman) yang aman, sehat dan bernutrisi oleh guru untuk murid
  • Bersinergi dengan program pemerintah yang sudah berjalan baik di level lokal maupun internasional
  • Membantu penyediaan Kantin Sehat, demi menyiapkan sekolah menjadi sekolah sehat.

Selain itu, bunda ingat ya untuk selalu mengolah makanan enak dan kaya gizi di rumah, jadi anak tidak lagi mencari jajanan di luar rumah. Kurangi rutinitas makan di luar, atau kumpul keluarga dengan makan makanan junk food.

Spread the love

10 thoughts on “Ciptakan Lingkungan Sehat Untuk Anak

  1. eh, hari ini kan masih tanggal 9.
    Anak-anak sudah sering saya bilangi untuk tak jajan sembarangan, bahkan sengaja tidak dikasih uang jajan karena camilan sehat tersedia di rumah. Tapi kadang mereka di kasih sama teman-temannya, akhirnya tetap aja tahu macam-macam jajanan di luar

  2. jadi inget anak tetangga yang meninggal karena suka jajan sembarangan. Yuk jaga anak untuk mengkonsumsi yang sehat dan enak

  3. Wah ini sih aku banget, suka khawatiran sama anakku soal jajannya. Dulu sih aku jarang kasih uang jajan krn aku selalu bawain bekel makan…dipikir2 ko ga tega ya, akhirnya aku kasih deh. Sambil terus mewanti2 untuk jangan jajan yg aneh2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *