Ciptakan Kejayaan Indonesia 2020

Posted on

Tanggal 20 Mei merupakan hari Kebangkitan Nasional Indonesia, dan di tahun 2018 merupakan Kebangkitan Indonesia yang ke-110. Namun sudah banyak rakyat Indonesia yang melupakan, bahkan generasi milenial sudah tidak mengenal dan tidak memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Kebangkitan nasional adalah masa di mana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan Negaranya. Kemana kiranya semangat Kebangkitan Nasional saat ini.

indonesia-2020
Sebuah Takdir Kejayaan Indonesia 2020, wacana untuk bangkitkan semangat Kebangkitan Nasional.

Bulan November 2017 – Kafi Kurnia dan teman-teman memprakarsai sebuah platform digital yang diberi nama “SEMBUTOPIA”, dan 6 bulan kemudian “SEMBUTOPIA” telah memiliki followers lebih dari 52.000. Komunitas dan platform “SEMBUHTOPIA” adalah ide sederhana untuk memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan. “SEMBUTOPIA” selama 6 bulan terakhir telah melakukan pemberdayaan komunitas lewat kegiatan seperti lomba foto dan lomba tulis blog.

indonesia-2020
SEMBUTOPIA, platform digital yang membangun semangatbkebangsaan dan cinta tanah air.

INDONESIA 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan

Mengutip almarhum petenis Arthur Ashe – “Start where you are. Use what you have. Do what you can.” Indonesia 2020 adalah sebuah visi yang bertujuan menggelorakan semangat bangsa untuk segera mencapai takdir kejayaan Indonesia, dengan bermodalkan warisan nenek moyang kita dan memberdayakan warisan itu sehingga menjadi prestasi yang membanggakan.

Bertepatan di tanggal 20 Mei 2018, dengan rasa nasionalisme yang tinggi dan harapan yang besar, Kafi Kurnia selaku Head of the Indonesian Export- Import of Fresh Fruit and Vegetable Association (Assibisindo) dan Managing Director PEKA Consultant dan Founder Sembutopia bersama Kanti Janis – pengacara, novelis dan aktifis perempuan, Premita Fifi – novelis dan aktivis perempuan, Raja Asdi – aktivis dan sineas, Fritz Simandjuntak – pemerhati olahraga dan ahli komunikasi, Adya Novali – atlit binaraga dan Iwan SJP – ahli komunikasi mengajak blogger untuk turut serta bangkitkan semangat rakyat Indonesia melalui tulisan di dunia maya dan membuat “Sebuah Takdir Kejayaan” Indonesia 2020.

Catatan : 20/20 adalah istilah “perfect vision dimana seseorang dapat melihat dengan sempurna tanpa kaca mata. 2020 adalah juga tahun dimana kita merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke 75.

Keprihatinan pada ketidak pedulian generasi muda zaman now terhadap sejarah dan keengganan mereka untuk berprestasi demi negara menjadi perhatian dari SEMBUTOPIA, dengan di adakannya banyak kegiatan seperti lomba blog, lomba foto dan pertemuan di setiap tanggal 20 diharapkan dapat membangkitkan rasa nasionalisme pemuda dan generasi zaman now terhadap negara kita tercinta Indonesia.

INDONESIA 2020 bertujuan memotivasi kita semua untuk ikut serta dan berpartisipasi agar ikut mewujudkan sebuah “Grand Vision” untuk Indonesia. Dengan harapan visi ini bisa diambil oleh para pemimpin kita dan menghantar Indonesia ke takdir kejayaan-nya.

Kita tidak bisa memungkiri bahwa Indonesia memiliki begitu banyak “ jejak kejayaan” mulai dari tradisi, budaya, sejarah dan kearifan lokal. Jejak kejayaan ini sambung menyambung menjadi sebuah mozaik kekayaan dan kemakmuran yang menunggu masa panen. Dan jejak kejayaan ini sudah semakin dekat menjadi takdir kejayaan. Misalnya saja Indonesia tahun 2030 diramalkan akan menjadi ekonomi terbesar ke 5 di dunia dengan nilai ekonomi US$ 5.424 triliun.

Seluruh negara di dunia mengakui kekayaan alam di Indonesia, tetapi sayangnya belum semua rakyat Indonesia peduli dan memiliki kesadaran untuk mengelola dan memberdayakan alam Indonesia secara optimal untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

Pemimpin Indonesia lebih banyak berdebat kusir mengenai kursi jabatan dan pembagian kekuasaan, tanpa memikirkan bagaimana cara menciptakan Takdir Kejayaan bagi Indonesia. Tanpa mereka sadari Indonesia sudah terjajah lagi oleh hutang-hutang yang melilit keuangan negara yang notabene digunakan sebagai biaya pembangunan.

Apa bisa Takdir Kejayaan terwujudkan saat banyak rakyat Indonesia yang menjadi pengangguran, banyak orang-orang pintar yang tidak bisa menunjukkan keahlian mereka karena tersandung biaya dan perizinan.

Barangkali kita bertanya-tanya kapan takdir kejayaan itu akan terwujud. Berangkat dari tantangan ini, disaat Hari Kebangkitan Nasional yang keramat tahun 2018 ini, SEMBUTOPIA memberanikan diri untuk mengusung sebuah ide sederhana – INDONESIA 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan.

2020 memiliki sejumlah makna. Yang pertama adalah penglihatan yang sangat sempurna yang diistilahkan dengan 2020. Yang kedua bisa jadi 2020 adalah angka tahun 2020. Yang terpenting adalah mengobarkan semangat INDONESIA 2020 – bahwa sebagai bangsa kita punya takdir kejayaan yang harus kita wujudkan bersama-sama dengan segenap rakyat Indonesia.

indonesia-2020
Mari kita bersama-sama ciptakan Sebuah Takdir Kejayaan Indonesia 2020.

Setelah peluncuran ide – INDONESIA 2020 – Sebuah Takdir Kejayaan, SEMBUTOPIA mengajak pemuda Indonesia untuk gelorakan keseluruh Indonesia. Pertama dengan mengadakan kegiataan motivasi dan inspirasi setiap tanggal 20 pada tiap bulan. Kedua dengan merekrut para profesional untuk menvisualisasikan ide INDONESIA 2020 kedalam karya dan prestasi, entah itu karya seni, budaya atau karya lainnya seperti sastra, kuliner dan lainnya.

Besar harapan agar Indonesia akan  segera mencapai takdir kejayaan-nya sesegera mungkin. Cita-cita nenek moyang kita terhadap sebuah negara yang – “Gemah Ripah Loh Jinawi tata tentrem kerta raharja” bisa terlaksana segera ! Dan apa yang terukir dalam sila-sila Pancasila akan menjadi wujud nyata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bangkitkan semangat untuk Ciptakan Takdir Kejayaan Indonesia, harus dimulai sejak saat ini juga dengan cara selalu menghargai hasil karya anak bangsa. Tidak perlu lagi tergila-gila pada budaya pop negara asing, menghargai pemerintah dan pemimpin Indonesia.

Kewajiban kita sebagai masyarakat untuk mengawasi jalannya pemerintahan, bersama-sama pemerintah membangun bangsa dan ikut serta dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan harkat dan martabat bangsa.

Pemimpin bangsa yang ada di gedung MPR/DPR, Bapak Presiden dan Menteri tolong diperhatikan kesejahteraan petani, nelayan dan pemuda Indonesia. Karena di tangan mereka semua Indonesia bisa membuat Sebuah Takdir Kejayaan.

Semoga pemuda dan rakyat Indonesia bisa menciptakan Sebuah Takdir Kejayaan. Indonesia 2020 adalah target untuk dimulainya suatu tindakan nyata untuk wujudkan sebuah kejayaan yang bisa diraih dengan terciptanya kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.

indonesia-2020
Saya mendukung dan akan ikut serta dalam membangun Sebuah Takdir Kejayaan “Indonesia 2020” .
Spread the love

3 thoughts on “Ciptakan Kejayaan Indonesia 2020

  1. Menghargai karya anak bangsa yah harus diri kita sendiri. Biar nggak kecolongan dan nyesel kalau nanti ada yang ngaku-ngaku

  2. Saya yakin Indonesia bisa mewujudkan Takdir Kejayaan 2020, hal pertama yang kita harus lakukan adalah mengkonsumsinya di keluarga kita dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *