Cara Menagih Ala Juragan Kontrakan yang Berwibawa Menggunakan Narobil

Posted on

Pagi moms, siapa yang bilang punya usaha kontrakan itu enak, tinggal ongkang-ongkang kaki, maka uang akan datang sendiri setiap bulannya? Kenyataan memang jarang seindah harapan, kontrakan yang saya bicarakan ini bukan punya saya, tapi milik orangtua. Sudah 5 tahun menjalankan usaha ini, kendalanya adalah bagaimana cara menagih yang efektif ke semua penyewa.

Sulitnya menagih uang kontrakan setiap bulan
Sulitnya menagih uang kontrakan setiap bulan

Kontrakan yang saya bicarakan ini ada 15 pintu di desa Banjar, Ciamis – Jawa Barat bukan di perkotaan kawasan Jabodetabek yang ramai penduduk, dimana warga pendatang berebut untuk mendapatkan tempat tinggal nyaman dengan harga yang ga mahal meski dengan fasilitas seadanya. Kalau ditentukan harus bayar tanggal 5 setiap bulannya pasti akan patuh, beda kalau di Banjar, mereka akan bayar setiap tanggal masuk. Itu penghuni kontrakan setiap 5 bulan pasti akan berganti dan tanggal masuknya berbeda-beda, gimana ga pusing nagihnya coba moms.

Namanya nitip uang, meski ke saudara tetap saja ada yang bikin ribut,, apalagi ini bukan uang dengan jumlah yang kecil. Kalau diminta untuk di transfer, sering banget nunggak, di tagih langsung banyak yang tiba-tiba menghilang atau susah di hubungi. Langsung diusir, nanti disebut orang yang tidak berprikemanusiaan.

Perlu banget nih menemukan cara menagih yang lebih kekinian, dan efektif agar penyewa kontrakan bayar tagihan tepat waktu, tetapi kita tampak berwibawa tanpa harus terus menerus mengingatkan mereka.

Narobil.id Mudah Nagihnya, Mudah Dibayarnya

Siapa sangka akan ketemu platform yang bisa bantu saya dan juga orang tua dalam hal mengatur keuangan, terutama dalam menagih tagihan bulanan uang kontrakan. Dunia semakin maju, era digitalisasi banyak memberikan manfaat dan kemudahan bagi orang-orang yang ga mau ribet seperti saya ini. Kok saya,, padahal yang punya kontrakan orang tua 🙂 , maklum buat kedua orangtua saya ga masalah harus bolak balik Bekasi – Banjar sekalian jalan-jalan.

Tapi kalau dihitung berdasarkan ilmu ekonomi, yang ada bukannya untung tapi merugi. Bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk perjalanan pulang pergi setiap bulannya. Ga sebanding dengan jumlah yang di dapatkan dari tagihan kontrakan.

Cara mudah menagih online
Cara mudah menagih online dengan Narobil.id

Kenalan dengan Narobil.id, yaitu platform yang dapat mempermudah penagihan, dengan mendaftar di sini kita bisa Naro Bill  dan mereka akan membantu mengatur penagihan kepada orang-orang yang di daftarkan sebagai pihak yang harus rutin membayar bulanan. Platform ini cocok banget dipakai untuk para bendahara komunitas, RT/RW, atau pemilik kontrakan seperti orangtua saya.

Kenalan dengan Narobil.id
Kenalan dengan Narobil.id di Media Gathering bersama Direktur Utama PT Jatelindo Abadi, Armanto Idham Hadju (kiri).

Jakarta, 14 Februari 2019 – Mama Azzam menghadiri Narobil.id Media Gathering di FX Senayan. Mendapatkan paparan mengenai cara menagih mudah menggunakan Narobil, bersama Direktur Utama PT Jatelindo Abadi, Armanto Idham Hadju, juga bertemu Dimas Andoko, selaku Business Director Agan (komunitas loper koran) yang sudah menggunakan aplikasi ini untuk menagih biaya langganan koran pada pelanggan-nya.

Dimas Andoko saat ini membawahi lebih dari 300 anggota yang terdiri dari 80 agen dan 230 loper koran se-wilayah Banten, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan Cirebon. Dimana anggota komunitas Agan ini rata-rata berusia 35 hingga 60 tahun, dan sudah bekerja sama kurang lebih 15 tahun.

“Narobil memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk dapat melakukan hal-hal yang lebih penting untuk meningkatkan skala komunikasi, kualitas program, kegiatan dan sebagainya”, ungkap Armanto Idham Hadju.

Narobil menjamin kerahasiaan data yang kita serahkan di dalam sistem, selain itu jenis transaksi juga di saring agar tidak terjadi penyalahgunaan untuk transaksi kriminalitas, prostitusi dan juga pencucian uang.

Cara mudah menagih dengan sistem penagihan online, kalau dalam kasus saya, penyewa kontrakan dapat bayar tagihan lebih rutin, tidak perlu ditelepon berkali-kali atau bahkan di datangi setiap bulannya. Orang tua saya juga dipermudah dengan cek tagihan secara online, Narobil.id solusi praktis menagih biaya bulanan.

Sistem di Narobil memberi kemudahan dalam membuat tagihan, monitoring penerimaan pembayaran dan memperluas kanal penerimaan pembayaran. Melalui Narobil, kita sebagai Biller dengan mudah dapat membuat tagihan untuk masing-masing pelanggan, dimana nantinya masing-masing pelanggan akan mendapatkan Nomor Bayar untuk melakukan pembayaran.

Narobil saat ini terhubung dengan jaringan kanal pembayaran bank secara nasional dan kedepannya akan bertambah lebih luas lagi karena Narobil terhubung ke modern channel, e-commerce, dan payment point yang tersebar secara nasional sehingga memudahkan pelanggan biller dalam melakukan pembayaran tagihan.

Jadi setiap bulan kita ga usah lagi repot untuk telepon, chatting, atau datang ke orang-orang yang seharusnya bayar tagihan. Karena sudah ada sistem yang membantu kita melakukannya. Menghemat energi dan emosi saat penagihan ini moms 🙂 .

Cara Menggunakan Narobil.id

Tidak terlalu sulit untuk mengakses website Narobil.id moms, tinggal lakukan hal seperti berikut ini :

Daftarkan komunitas, usaha atau event organizer di Narobil.id
Daftarkan komunitas, usaha atau event organizer di Narobil.id

A. Membuat akun Self-Service

  1. Kunjungi website Narobil.id.
  2. Pilih Narobil Self-Service
  3. Lengkapi data diri  yang diperlukan seperti nama, nomor telepon dan juga alamat email.
  4. Lalu jangan lupa untuk klik ‘Agree’ pada bagian Syarat dan Ketentuan.
  5. Akses link verifikasi yang dikirimkan via email untuk bisa akses akun kita.
  6. Mempersiapkan dokumen dan kelengkapan berdasarkan kategori bisnis yang dipilih, individu atau lembaga (Corporate)
  7. Dokumen yang harus dilengkapi antara lain KTP, NPWP, SIUP, dan cover depan buku rekening giro atau tabungan sesuai dengan account Bank Settlement yang akan didaftarkan. Data ini akan di up load lalu diverifikasi terlebih dahulu oleh Narobil.id.

B. Lakukan Aktivitasi

  1. Buka email aktivasi yang dikirimkan oleh Narobil.id, klik link tautan yang diberikan
  2. Masuk ke website www.Narobil.id, pilih Narobil- Self Service.
  3. Kita dapat melakukan demo melalui Sandbox yang disediakan.
  4. Sebelum menginput data, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu dokumen teknis yang disediakan untuk masing-masing fitur,
  5. Lengkapi e-form dengan data nama admin, email PIC, Nomor rekening giro/tabungan Settlement, Cover depan buku rekening giro/tabungan Settlement.
  6. Lalu upload data-data legalitas yang diminta dalam kolom checklist.
Lakukan semua tahapan dan miliki akun Narobil.is untuk kemudahan usaha kita
Lakukan semua tahapan dan miliki akun Narobil.is untuk kemudahan usaha kita.

Kita tinggal seting dalam menu dasbor untuk jumlah tagihan, list kontak yang ditagih, pilihan kanal pembayaran yang lebih luas dan beragam : dapat melalui transfer bank, dan sebagainya, tenggat waktu pembayaran, metode bayarnya dan sebagainya. Kita ga perlu cek ricek lg siapa yang belum dan sudah bayar, karena Narobil yang akan merapikan setiap transferan yang masuk dan mengingatkan member bisa via WA, sms atau e-mail sesuai dengan kebiasaan member yang ditagih.

Saat ini Narobil baru berbasis web (desktop), ke depannya akan disempurnakan dalam bentuk mobile apps, dengan pilihan channel pembayaran yang lebih luas. Jadi, urusan nagih ga usah repot, #DimudahinAja, karena ada Narobil moms.

Pembayaran tagihan bisa melalui merchant yang sudah bekerja sama dengan Narobil.id
Pembayaran tagihan bisa melalui bank maupun merchant yang sudah bekerja sama dengan Narobil.id

Mama Azzam baru daftarkan Ayah sebagai pemilik usaha kontrakan dan baru masukkan beberapa data penyewa yang ada tagihan di tanggal 25 dan 27 di bulan ini , sudah tentu mereka diberitahukan terlebih dahulu, kalau mereka akan menerima pemberitahuan untuk bayar tagihan setiap bulan di tanggal yang sudah disepakati sebelumnya, dan melunasi tagihan melalui bank atau merchant yang sudah bekerja sama dengan Narobil.

Semoga Narobil bisa menjadi solusi praktis menagih uang kontrakan, dan membantu Ayah saya untuk cek tagihan secara online. Jadi ga perlu lagi bolak balik Bekasi-Banjar setiap bulan untuk tagih ke penyewa.

Ga ingin coba aplikasi ini moms, untuk bantu tugas bendahara di organisasi RT, RW, Arisan atau komunitas? Mudah loh daftarnya dan meminimalisir masalah iuran macet atau disalah gunakan.

Mudah loh menjelaskan bagaimana menggunakan aplikasi Narobil.id
Mudah loh menjelaskan bagaimana menggunakan aplikasi Narobil.id , apalagi menggunakannya. (pict. Novitania)

Dengan Narobil Ayah saya bisa beneran jadi Juragan Kontrakan tinggal cek tagihan secara online dan menerima bayaran dengan mudah. Narobil, Mudah Menagih, Mudah Dibayarnya …

Spread the love

11 thoughts on “Cara Menagih Ala Juragan Kontrakan yang Berwibawa Menggunakan Narobil

  1. Baru tau ada aplikasi yg memudahkan seperti ini…sya jga pnya pengalaman walaupun bkan pnya sndri sdra yg punya kontrakan tpi yg susah untuk membyar bulanan bahkan ada yg tdak byar lma2 sya greget jga buat nagihnya….mudah2an ini solusi yg pas untuk menagih…semoga aplikasi ini bsa terus berkembang

  2. Wah, cocok banget apalagi orang Betawi seperti saya. Yang kebanyakan juragan kontrakan dengan narobil Sangat praktis dan gak usaha ribut ribut sama yang kontrak Rumah.
    Sekali klik lancar semua urusan tagihan.

  3. waaah keren ini. kebetulan mau ada rencana buat kost2an, kalau ada Norobil bisa mempermudah kita dalam bisnis sewa menyewa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *