Bijak Berplastik Untuk Dunia Yang Lebih Bersih

Posted on

Melihat masih banyaknya orang yang membuang sampah plastik sembarangan terkadang membuat saya gemesh dan kesal sendiri, karena benar-benar merusak pemandangan dan menjadi kotor di mana-mana. Saya selalu mengajarkan Azzam untuk membuang sampah di tempat sampah, dan menjadikan lifestyle, tapi saat dia lihat banyak orang dewasa buang sampah sembarangan, anak langsung kritis dan bertanya kenapa ia harus buang di tempat sampah sedangkan banyak orang bisa langsung lempar di mana saja.

bijak berplastik
Ajarkan anak untuk bijak berplastik dengan mengurangi penggunaan kantong plastik dan sedotan, juga buang sampat pada tempatnya.

Nah,,, bagaimana anak-anak bisa belajar kalau buang sampah harus di tempat sampah, dipisahkan sampah organik dan plastik, kalau lebih banyak orang dewasa yang memberi contoh yang buruk buang sampah sembarangan di lingkungannya.

Pagi moms, maaf ya Mama Azzam sudah ngedumel di pagi yang ceria ini, karena saat bawa motor sambil berboncengan dengan Azzan, lah kok ada yang seenaknya buang botol dari kaca mobil mewah. Memangnya ga mampu beli tempat sampah ya buat di dalam mobil 🙁 kok seenaknya buang sampah di jalan.

bijak berplastik
Akibat membuang sampah sembarangan membuat bantaran kali menjadi penuh dengan sampah yang apada akhirnya bisa mengakibatkan banjir saat musim penghujan tiba.

Azzam seketika itu langsung ngomong “Kok orang itu buang sampah begitu, ga seperti yang mama kasih tau harus di tempat sampah”. Selain mengotori jalan, bisa membahayakan orang lain loh buang sampah sembarangan. Sampah yang akhirnya terkumpul di bantaran kali akhirnya akan membawa bencana banjir saat musim hujan nanti.

Di rumah, saya sudah ajarkan anak untuk #BijakBerplastik dengan memilah sampah rumah tangga dan sampah plastik di tempat yang berbeda mulai dari dapur unik sederhana pribadi, mengurangi penggunaan semua benda yang terbuat dari plastik dan sekiranya akan menyebabkan sampah plastik. Terutama mengurangi penggunaan kantong plastik dan sedotan.

Untuk menyimpan makanan bisa langsung gunakan tempat makan, tidak gunakan sedotan dan membawa tas belanja sendiri saat belanja. Pokoknya berusaha untuk kurangi penyebab dari sampah plastik.

Tentu moms sudah tahu kalau plastik merupakan material yang memiliki berbagai manfaat dan sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk penggunaan sebagai kemasan. Hal ini karena plastik mudah dibentuk sesuai dengan keinginan, tahan air, awet, praktis dan dapat melindungi isi dengan baik (proteksi).

Namun moms, tenyata dibalik semua manfaat tersebut, sampah plastik dapat mengakibatkan ancaman polusi apabila tidak dikelola dan dibiarkan terbuang ke lingkungan. Lebih parahnya terkumpul dan menjadi satu pulau di lautan luas. Bayangkan betapa menderitanya hewan laut yang harus berjuang hidup diantara banyaknya sampah.

Bincang #BijakBerplastik – Diskusi Bersama untuk Mengelola Sampah Plastik Dengan Lebih Bijak

Untuk itu diperlukan kolaborasi dari seluruh pihak dalam upaya mengurangi sampah plastik agar permasalahan plastik yang terbuang ke lingkungan bisa diatasi. Itu karena plastik bisa didaur ulang untuk menjadi sumber daya baru, sehingga bisa dicegah agar tidak mencemari lingkungan sekaligus bisa menumbuhkan ekonomi sirkular.

Agar dapat memahami lebih dalam terkait isu ini, Danone-AQUA menyelenggarakan Bincang #BijakBerplastik untuk membahas lebih jauh tentang fakta dan kegunaan plastik, serta bagaimana cara mengelola sampah plastik dan peran serta beragam sektor seperti masyarakat dan industri untuk lebih bijak dalam penggunaan plastik dan berpartisipasi dalam menangani permasalahan sampah plastik. Sebagai salah satu komitmen Danone dalam mengatasi sampah plastik.

bijak berplastik 1
Bincang #BijakBerplastik bersama Danone Indonesia.

Bersama narasumber :
1. Emenda Sembiring (Industrial Engineering, Enviromental Engineering and Quantitative Social Research)
“Plastik: Manfaat, Permasalahan dan Upaya penanggulanganannya”
2. Karyanto Wibowo (Sustainable Devlopment Director Danone Indonesia)
“Upaya Danone-AQUA membangun kolaborasi dalam mengatasi sampah plastik dengan gerakan #BijakBerplastik”
3. Swietenia Puspa Lestari (Founder @DiversCleanAction)
“Upaya Komunitas Anak Muda berkontribusi Menanggulangi Permasalahan sampah Plastik di Indonesia”

Emenda Sembiring menyentil semua yang hadir dengan pertanyaan “Sudah mampukah kita untuk lakukan zero plastic , apakah sudah memperlakukan plastik dengan cara yang benar?”. Karena memang merupakan satu hal yang mustahil, untuk kita manusia menghilangkan kebiasaan menggunakan produk dengan berbahan dasar plastik.

bijak berplastik 5
Emenda Sembiring menjelaskan apa itu plastik dan bagaimana seharusnya kita memperlakukan sampah plastik agar tidak menjadi bencana di kudian hari.

Mengatasi masalah sampah plastik dengan cara sederhana, yaitu kita harus mampu untuk bisa memperlakukan plastik dengan cara yang benar. Kalau memang tidak perlu banget pakai kantong kresek atau gunakan sedotan, ya jangan dipakai. Kumpulkan sampah plastik di satu tempat, sehingga bisa di lakukan daur ulang, sehingga bisa menghasilkan nilai ekonomi lagi.

Semua bahan plastik sulit terurai oleh alam, namun menjadi bagian dari kebutuhan yang sangat dekat dengan manusi, memiliki sifat fleksibel dan tahan panas, sehingga menjadi material favorit untuk beragam hal.

Namun saat sudah menjadi sampah, permasalahan besar akan timbul tidak hanya bagi manusia, tetapi juga pada hewan dan alam, terutama bumi. Sudah siapkah kita saat bencana itu datang nanti? Dari banjir hingga pemanasan global.

bijak berplastik 6
Bapak Karyanto Wibowo menjelaskan peran Danone Indonesia dan kampanye #BijakBerplastik (dok. Refika)

Bapak Karyanto Wibowo menjelaskan bahwa Danone Indonesia sudah sejak tahun 1993 sudah melakukan kegiatan #BijakBerplastik dengan pengelolaan sampah melalui kegiatan AQUA PEDULI.

bijak berplastik 3
Kepedulian Danone Indonesia pada sampah plastik. (dok. Danone Indonesia)

3 Pilar Komitmen Danone Indonesia dalam mengatasi masalah sampah plastik.
1. Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik
2. Mengedukasi Daur Ulang Sampah Plastik
3. Mempercepat Inovasi Kemasan Plastik

bijak berplastik 4
3 pilar dalam #BijakBerplastik yang dilakukan oleh Danone Indonesia. (dok. Aqua Lestari)

Swietenia Puspa Lestari yang merupakan anak negeri, Founder @DiversCleanAction saat ini sudah melakukan kegiatan nyata dalam mengatasi permasalahan sampah plastik yaitu “Upaya Komunitas Anak Muda berkontribusi Menanggulangi Permasalahan sampah Plastik di Indonesia”

bijak berplastik 6
Peranan anak muda dalam kegiatan Bijak Berplastik

Yuk mulai dari diri sendiri, dan keluarga untuk melakukan kegiatan positif yang dapat menyelamatkan dunia dengan #BijakBerplastik

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *