Berikut Tanda-Tanda Akan Melahirkan Yang Harus Anda Waspadai

Posted on

Pagi moms, menunggu kelahiran bayi adalah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap ibu di dunia ini iya ha sih 🙂 . Mengandung selama sembilan bulan menjadi hal yang membuat para ibu sangat menantikan bagaimana proses kelahiran yang akan dijalaninya. Banyak para ibu yang pastinya memilih proses normal.

tanda tanda akan melahirkan
Tanda tanda akan melahirkan harus diperhatikan ya moms. 

Hal ini dikarenakan dengan melahirkan normal, proses penyembuhan yang relatif lebih cepat. Namun jika ada kendala terjadi, opsi melahirkan secara Caesar tidak dapat dihindarkan. Sebenarnya Caesar atau normal sama-sama akan mengalami tanda tanda akan melahirkan. Sehingga hal yang harus anda ketahui adalah apa saja tanda-tanda akan melahirkan tersebut. Jika anda tidak memahami tanda-tanda akan melahirkan tersebut, maka bisa membahayakan anda dan janin anda.

Tanda Tanda Akan Melahirkan

1. Keluarnya Bercak Darah

Tanda akan melahirkan pertama yang harus anda waspadai adalah keluarnya bercak darah. Jika anda sudah mengalami hal ini, maka anda dianjurkan untuk langsung mengambil cuti melahirkan jika anda seorang wanita kantoran. Hal ini dikarenakan keluarnya bercak dara bisa menjadi pertanda awal anda akan mengalami kontraksi. Namun ini bukan berarti menjadi penentu anda akan segera melahirkan. Berbeda-beda setiap ibu yang akan melahirkan. Namun biasanya 2 atau 3 hari keluarnya bercak darah, bayi anda akan lahir.

2. Nyerinya Di Perut Bawah

Tanda selanjutnya yang juga bisa jadi penentu anda akan melahirkan adalah rasa nyeri yang sangat hebat pada bagian bawah perut. Rasa nyeri ini biasanya akan sangat dirasakan apabila bayi sudah sangat ingin keluar, namun anda harus memperhatikan apakah rasa nyeri ini diiringin dengan kontraksi yang sangat hebat. Rasa nyeri ini biasanya berlangsung lama. Namun masih bisa anda atasi. Jika rasa nyerinya sangat dahsyat maka bisa saja sudah terjadi pembukaan. Maka anda harus segera ke rumah bersalin.

3. Seringnya Frekuensi Kontraksi

Ada orang yang mengalami kontraksi tidak terlalu sering, namun mereka sudah ke rumah sakit. Padahal kontraksi seperti itu bukanlah kontraksi yang sesungguhnya. Karena kontraksi yang sesungguhnya akan sangat sering. Kemudian selang hanya beberapa menit saja. Jika anda mengalami kontraksi yang sering seperti itu maka anda bisa segera ke rumah sakit. Hal ini bisa saja telah adanya pembukaan karena kontraksi yang sering.

4. Pecahnya Ketuban

Tanda akan melahirkan yang satu ini benar-benar harus anda perhatikan. Kemudian anda harus bisa membedakan itu ketuban. Dikarenakan ada beberapa calon ibu tidak mengetahui jika itu adalah air ketuban. Biasanya mereka sulit membedakan dengan air kencing. Sebenarnya caranya mudah, jika air ketuban pecah, maka akan langsung keluar banyak air dalam hitungan detik. Keluarnya pun sangat banyak dan tidak ada yang dirasa. Jika hal ini sudah terjadi maka anda harus pergi ke rumah bersalin. Jika anda tidak segera maka ditakutnya air ketuban akan menjadi racun bagi janin anda.

5. Bentuk Perut Yang Berubah

Ketika anda akan segera melahirkan maka, pertanda yang bisa dilihat dari luar adalah bentuk perut anda. Jika sebelumnya bentuk perut anda akan membesar seluruhya atau full di bagian atas atau bawah. Maka jika proses melahirkan segera dating maka bentuk perut anda akan lebih besar di bagian bawah perut. Hal ini terjadi karena posisi bayi semakin turun. Jadi posisi bayi sudah mulai berada di bawah. Tentu saja ini menandakan bayi akan segera lahir. Memang agak aneh jika dilihat karena bentuk perut yang hanya besar dibagian bawah.

tanda tanda akan melahirkan
Alhamdulillah sudah memiliki Azzam
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *