Moms, Masihkah Byar Pet Listrik di Rumah? Apa Kabar PLN Saat Ini, Yuk Bincang Santai Bersama Dirut. PLN Bapak Sofyan Basir

Posted on

Menikmati hari sambil browsing berita di gadget, update status dan belanja online menjadi gaya hidup dan keseharian banyak orang saat ini. Tidak makan seharian, ataupun tidak minum seharian bukanlah masalah, asalkan masih bisa update berita di media sosial.

Namun saat listrik padam seharian dan kondisi batrei dari handphone, gadget, ataupun laptop lemah, kita pasti langsung panik karena tidak bisa isi batrei.

Sebelum batrei habis langsung beramai-ramai update status kegalauan karena padamnya listrik yang mengganggu, karena hampir semua pekerjaan berkaitan dengan listrik.

Pengusaha laundry, percetakan, pegawai kantoran bahkan ibu rumah tangga akan panik karena pekerjaan mereka akan lumpuh dan tidak bisa dilakukan akibat tidak ada aliran listrik.

Pernah beberapa tahun yang lalu di Bekasi, tepatnya di Jatimakmur terjadi pemadaman bergilir selama beberapa hari. Byar pet setiap 6 jam sekali, jadi kami harus prepare persediaan air dan melakukan semua kegiatan yang berhubungan dengan listrik dalam waktu bersamaan agar saat aliran listrik padam, semua sudah siap sedia.

Kondisi pemadaman bergilir sangat membuat kami kerepotan dan pontang panting, yang bikin jengkel lagi adalah saat mendapatkan tagihan listrik yang malah membengkak akibat dari pemadaman bergilir tersebut.

Kantor PLN jatimakmur menjadi serbuan masyarakat, baik masyarakat yang datang langsung maupun yang menghubungi melalui layanan telepon 123. Namun tidak ada solusi atau penjelasan yang bisa membuat pertanyaan kami terjawab mengenai pemadaman bergilir dan lonjakan tagihan PLN.

rangkaian kabel PLN
Semrawut dan tidak tertatandengan baik kabel-kabel jaringan listrik PLN di sekitar perumahan saya, Pondok Gede-Bekasi.

Selain itu, yang menjadi keluhan adalah adanya galian PLN dan tumpukan tanah di pinggir jalan yang sering mengganggu pejalan kaki juga pengendara motor. Bahkan banyaknya kabel listrik yang semrawut dan tampak membahayakan di beberapa pemukiman warga juga menjadi permasalahan.

Saat ini, dengan kondisi dan cuaca yang terik juga panas membuat saya dan keluarga memutuskan untuk pasang AC di rumah, sudah terbayang tagihan listrik yang akan naik. Namun keputusan bersama sudah di ambil demi kenyamanan seluruh keluarga.

Sebenarnya wajar sih kalau tagihan listrik memjadi lebih besar, karena masik nasi pakai magic com, ada kulkas, televis dan peralatan elektronik lainnya yang selalu aktif sepanjang hari. Namun karena sering terjadinya pemadaman yang tidak jelas sebabnya oleh PLN, mengakibatkan peralatan elektronik di rumah jadi cepat rusak loh.

Byar pet, hampir terjadi setiap minggu padahal daya listrik di rumah saya sudah ditingkatkan. Bukannya mendapat pelayanan yang optimal, kok masih kena pemadaman yang tidak jelas.

Alhamdulillah saya dan beberapa teman blogger berkesempatan menghadiri acara “Buka Bersama Bareng PLN”, pada Kamis, 31 Mei 2018 bertempat di The Dharmawangsa, Kebayora-Jakarta Selatan.

pejabat pln
Agung Murdifi, Manager Senior Public Relations PLN.

Acara Buka Puasa Bersama dibuka dengan sambutan hangat dari Bapak Agung Murdifi, Manager Senior Public Relations PLN. Mengawali kata sambutan dengan bertanya apa yang ada di benak kami semua mengenai PLN, kondisi negara yang beberapa tahun belakang mengalami defisit listrik membuat PLN selalu mendapat keluhan dan amukan emosi dari masyarakat. Hal ini karena masyarakat sangat menggantungkan kehidupan dan perekonomian mereka pada aliran listrik yang mengalir untuk melakukan aktivitas kehidupan.

pejabat pln
Muhammad Ali, Direktur Human Capital Management PLN

Selain Bapak Agung, berkenalan yuk dengan Muhammad AliDirektur Human Capital Management PLN , beliau memaparkan dan menjelaskan bahwa kondisi kelistrikan Indonesia sejak tahun 2017 sudah tidak ada lagi defisit. Bahkan masyarakat di anjurkan untuk menambah daya di rumah atau tempat usaha agar bisa terpenuhi daya yang dibutuhkan oleh semua peralatan elektronik yang dimiliki.

Kondisi defisit ini terjadi ketika daya listrik yang ada kurang dari beban puncak. Namun saat ini PLN menjamin pasokan listrik telah terpenuhi, begitu juga dengan daerah terdepan, terluar, tertinggal di pelosok Indonesia, atau daerah yang dinilai masih memerlukan bantuan dalam berbagai sektor.

Lisa (Listrik Untuk Desa) Upaya PLN untuk Terangi Negeri

Tahu ga sih moms, ternyata sejak tahun 2015 PLN sudah berhasil Terangi Negeri tercinta kita Indonesia, hampir seluruh pelosok wilayah Indonesia sudah mendapatkan jaringan Listrik.

pln terangi negeri
Usaha yang dilakukan oleh PLN untuk Terangi Negeri.

Tercatat hingga April 2018, PLN telah berhasil mengalirkan listrik ke 76.152 desa, atau lebih dari 6.000 desa sejak tahun 2015. Meski pembangunan jaringan listrik ini sulit dan menempuh medan yang tidak mudah, namun tekad PLN untuk Terangi Negeri tidak surut.

Sekarang saya tahu, kenapa sering byar per aliran listrik di rumah dan sekitar lingkungan saya. Ternyata karena kami kurangbpaham mengenai kapasitas daya yang dibutuhkan untuk menggunakan beragam peralatan elektronik yang ada.

Apa Kabar PLN Saat Ini, Yuk Bincang Santai Bersama Dirut. PLN Bapak Sofyan Basir

dirut pln
Dirut PLN Sofyan Basir yang hadir dalam Buka Puasa Bersama PLN

Hadirnya Dirut PLN Sofyan Basir  menambah kehangatan bincang santai tapi serius kali ini mengenai PLN. Sangat menyenangkan saat keluhan dan uneg-uneg mengenai permasalahan listrik di bahas bersama Dirut. PLN langsung. Beliau Scara gamblang menjelaskan mengapa selalu terjadi byar pet di kawasan pemukiman, adalah akibat dari kurangnya daya dan pemakaian listrik yang berlebih.

Yuk gunakan listrik dengan bijak kalau mau berhemat dalam menghadapi tagihan PLN tiap bulannya, tahu ga sih tetnyata dispenser dan charger handphone itu adalah pencuri listrik terbesar di rumah, benda sepele ini adalah penyebab melonjaknya tagihan listrik.

Jangan lupa untuk cabut peralatan elektronik yang sekiranya tidak dibutuhkan, dan jangan menyalakan peralatan elektronik secara bersamaan agar tidak mati listrik dan tagihan PLN bisa stabil di rumah atau di kantor.

aplikasi pln mobile
PLN Mobil

Psst, mom sudah tahu belum kalau PLN sudah ada Aplikasi PLN Mobile. Dengan aplikasi PLN Mobile, akan memudahkan kita sebagai pelanggan untuk melakukan pengecekan tagihan, atau mengecek history token, bisa lakukan penambahan daya, juga komplain kerusakan. Dengan adanya aplikasi PLN Mobile semakin memudahkan masyarakat, sama dengan PLN Contact Center 123 yang memberikan kemudahan layanan listrik kapan saja dan dimana saja.

Caranya mudah, download aplikasi dari play store, daftarkan nomor PLN rumah, dan aktivasi, maka kita bisa merasakan kemudahan pelayanan PLN dalam genggaman 🙂 .

Spread the love

13 thoughts on “Moms, Masihkah Byar Pet Listrik di Rumah? Apa Kabar PLN Saat Ini, Yuk Bincang Santai Bersama Dirut. PLN Bapak Sofyan Basir

  1. PLN sudah masuk pelosok desa, meski kita harus berkorban, tapi tak apa kalau untuk kebaikan bersama. Semoga PLN terus maju sehingga makin banyak wilayah indonesia yang terang

  2. Iyaaa benar PLN harua bertransformasi mengikuti zaman now agar lebih mudah di akses oleh para pelanggan nya, salah satu nya dengan ada nya fitur mobile PLN ini. Keren PLN sekarang.

  3. Emang Harus check ricek dulu ya sblm menyalahkan sesuatu. Tapi emang disini ga pernah Mari listrik dlm waktu yg lama. Jadi aku jg ga pernah mengutuk PLn sejak tinggal di Jakarta. Ga tahu deh kalau tinggal di daerah yg sering mati listrik hahaaha pasti ngeluh jg

  4. Alhamdulilah kalau kini PLN mengikuti zaman juga sudah ada via by mobile aplikasi, ditambah lagi sekarang listrik sudah tersebar di pelosok desa di seluruh Indonesia. Good Luck buat PLN semoga kedepannya semakin peduli pada rakyat di pedalaman.

  5. Kebayang sih gimana rasanya ketika listrik padam. Apalagi sekarang2 ini banyak bgt berbagai peralatan yg mengandalkannya
    Dengan adanya apps mobile ini sebagai bentuk inovasi pelayanan kpd masyarakat ya

  6. Di kampungku byar preett makanan sehari-hari mba.
    Ya emang pada akhirnya kuta sebagai konsumenlah yang harus pintar dalam menggunakan energi listrik ini. Jangan sampai mubazir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *