6 Langkah CERDIK Mengendalikan Hipertensi

Posted on

Selamat Pagi, apa kabar hari ini ? Sudahkah Moms periksa tekanan darah seluruh keluarga tercinta, terutama mereka yang produktif bekerja dan berusia di atas 65 tahun? Kita ga bahas mengenai anak dulu kali ini ya Moms, tapi kita bicarakan kesehatan tekanan jantung dari keluarga tercinta, terutama kita pribadi, suami maupun kedua orang tua.

Tahun kah Moms, kalau Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular dan kerap disebut sebagai “silent killer” karena jarang diketahui kerusakannya sampai sudah terlambat. Sudahkan Moms periksakan tekanan darah seluruh keluarga tercinta? Penting loh untuk rutin melakukan kontrol tekanan darah.

Simpelnya nih Moms, Hipertensi disebut juga dengan tekanan darah tinggi. Cara mengetahui hipertensi ialah dengan rajin memeriksakan tekanan darah. Untuk orang dewasa minimal memeriksakan darah setiap lima tahun sekali.  Seseorang dinyatakan mengalami tekanan darah tinggi saat tekanan darah sistolik > 140 mmHg dan atau tekanan darah sistolik > 90 mmHg.

Tekanan darah bisa dikatakan normal apabila tekanannya pada angka yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Jika tekanannya di atas angka normal yaitu 120/80 mmHg, maka bisa dikatakan jika orang tersebut mengalami tekanan darah tinggi.

Tekanan darah yang tinggi dapat merusak jaringan halus di dalam arteri, sehingga mengurangi kemampuannya untuk membantu pembuluh darah meluas atau melebar ketika dibutuhkan, dan selanjutnya meningkatkan tekanan darah. Hal ini dapat menyebabkan bermacam komplikasi seperti serangan jantung, gagal jantung, stroke, masalah pada aliran darah ke kaki dan ginjal, masalah penglihatan, hingga disfungsi seksual.

Seram kan Moms akibat yang akan kita alami kalau mengalami Hipertensi,, maka dari itu, kita harus bisa mengendalikan tekanan darah. Kalau masyarakat awam hanya indikasikan tekanan darah tinggi atau hipertensi dari sifat pemarah,, dari segi kesehatan berbeda ya Moms.

Strategi Pemerintah dalam Pengendalian Hipertensi

Berkesempatan hadir di Kementerian Kesehatan Indonesia, saya mendapat banyak sekali Informasi mengenai hipertensi, dari faktor risiko, pengendalian, hingga bagaimana mengatasinya

Tahu ga sih Moms, kalau tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia, dan tahun 2019 kali ini mengangkat tema “Know Your Number, Kendalikan Tekanan Darahmu dengan CERDIK”.

kendalikan tekanan darah untuk mengurangi risiko Hipertensi
Ayo kendalikan tekanan darah untuk mengurangi risiko Hipertensi.

Peringatan Hari Hipertensi ini dilakukan dengan harapan agar masyarakat luas dapat ikut berpartisipasi dan mendukung upaya pencegahan dan melakukan pengendalian hipertensi.

Seperti kita semua ketahui, di Indonesia penyakit Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum dan paling banyak disandang masyarakat. Banyak orang yang meninggal tiba-tiba karena serangan stroke mendadak karena tidak menyadari kalau dirinya berisiko tinggi hipertensi.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melakukan beragam upaya untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu melakukan olahraga dan pola hidup sehat, agar Indonesia memiliki masyarakat sehat tang tidak membebani pemeritah dengan biaya kesehatan yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Narasumber yang hadir dalam
• Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, dr. Cut Putri Arianie, MHKes

• Perhimpunan Hipertensi Indonesia, dr. Tunggul Situmorang, Sp.PD-KGH,FINASIM

• Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia, dr. Lusiani, SpPD,K-KV,FINASIM

Penyakit Hipertensi telah mengakibatkan kematian sekitar 8 juta orang setiap tahun, dimana 1,5 juta kematian terjadi di Asia Tenggara yang 1/3 populasinya menderita Hipertensi sehingga dapat menyebabkan peningkatan beban biaya kesehatan.

Hipertensi yang tidak mendapat penanganan yang baik menyebabkan komplikasi seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner, Diabetes, Gagal Ginjal dan Kebutaan. Stroke (51%) dan Penyakit Jantung Koroner (45%) merupakan penyebab kematian tertinggi.

Dari semua penjelasan narasumber, saya menangkap beberapa poin penting yang dapat dilakukan oleh semua masyarakat luas dalam mencegah dan mengatasi penyakit hipertensi.

6 Langkah CERDIK Kendalikan Hipertensi

Siapa sih yang ingin dirinya sendiri, atau salah satu keluarga tercintanya mengalami hipertensi? Kalau saya sih ‘amit-amit‘ semoga selalu di jauhkan dari beragam penyakit yang ada. Tetapi tentu saja diperlukan upaya yang konsisten dan berkelanjutan dari diri sendiri dan lingkungan sekitar agar kita terlepas dari penyakit hipertensi.

Lakukan GERMAS dengan perilaku CERDIK
Lakukan GERMAS dengan perilaku CERDIK

C ~ Cek kondisi kesehatan secara berkala

E ~ Enyahkan asap rokok

R ~ Rajin lakukan aktifitas fisik

D ~ Diet sehat dengan kalori seimbang

I ~ Istirahat yang cukup

K ~ Kendalikan Stress

Ini adalah langkah CERDIK yang merupakan salah satu bagian dari GERMAS yang di anjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Germas dilakukan dengan melakukan aktifitas fisik, menerapkan perilaku hidup sehat, konsumsi pangan sehat dan bergizi, melakukan pencegahan dan deteksi dini penyakit, meningkatkan kualitas lingkungan menjadi lebih baik, dan meningkatkan edukasi hidup sehat.

Selain itu perlu juga dilakukan pencegahan dan pengobatan Hipertensi seperti hal berikut ini :

1. Mengonsumsi makanan sehat.
2. Mengurangi konsumsi garam dan kafein.
3. Berhenti merokok.
4. Berolahraga secara teratur.
5. Menurunkan berat badan, jika diperlukan.
6. Mengurangi konsumsi minuman keras.

Semoga Moms dan keluarga tercinta terhindar dari berbagai risiko penyakit, terutama penyakit hipertensi 🙂

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *