5 Kesalahan Merawat Gigi Susu Anak

Posted on

Moms, punya masalah gigi susu anak bolong di usianya yang masih 4 tahun? Saya sangat kaget saat mengetahui kalau gigi susu Azzam ternyata sudah bolong di bagian gerahamnya, padahal saya merasa sudah sangat rutin menyikat giginya 2x setiap hari.

Alhamdulillah Azzam sampai saat ini belum ada keluhan sakit pada giginya yang bolong, tetapi saya sangat khawatir dan berharap lubang pada giginya bisa di atasi.

gigi susu anak bolong
Mulai perbaiki kesalahan cara merawat gigi kita moms ajarkan juga pada anak, agar gigi susu anak tidak bolong.

Kebayang dong moms saat anak rewel karena sakit gigi bagaimana,, kita saja orang dewasa selalu rungsing dan ga karuan kalau sakit gigi.

Ternyata banyak kesalahan yang saya lakukan saat merawat gigi susu anak, ini karena saya meremehkan hal-hal kecil yang ternyata fatal bagi kesehatan mulut si kecil.

Semoga moms tidak melakukan hal berikut yang bisa membuat gigi susu anak bolong, sebagai remainder dan pembelajaran ya moms.

5 Kesalahan Saat Merawat Gigi Susu Anak

1. Tidak melakukan kontrol atau periksa gigi secara rutin ke dokter gigi.

Yang satu ini sangat sering kita sepelekan, beragam alasan pasti lancar kita ucapkan untuk menghindari pergi ke dokter gigi, dari takut, biaya yang mahal maupun jauhnya tempat praktek dokter gigi.

Namun sangat fatal akibatnya loh kalau selalu menunda periksa gigi secara rutin. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati moms. Kalau kita melalukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali, kita bisa selalu kontrol apa ada gigi berlubang atau ada plak yang mengganggu, bahkan bisa menjauhkan kita dari bau mulut loh.

Dengan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin, anak juga terbiasa dan tidak takut lagi ke dokter gigi. Tahu ga moms, kita bisa periksa gigi rutin secara gratis di Pepsodent Dental Care loh.

2. Tidak mengganti sikat gigi yang dipakai setelah 6 bulan.

Saking apiknya, seringkali sikat gigi masih tampak seperti baru meski sudah dipakai selama lebih dari enam bulan, iya ga moms. Selagi masih bagus kenapa ga dipakai saja, namun ternyata hal ini tidak baik bagi kesehatan mulut dan gigi keluarga.

Jangan terlalu pelit ya moms, apalagi demi kesehatan keluarga. Tahu ga sih moma kalau sikat gigi fungsinya akan berkurang setelah enam bulan pemakaian loh.

Lebih baik selalu siapkan sikat gigi baru setiap enam bulan sekali ya moms, biar lebih sehat dan terhindar dari beragam penyakit mulut dan gigi.

3. Menyikat gigi di waktu yang salah.

Sudah tahu apa belum moms, waktu yang tepat agar sikat gigi yang kita lakukan hasilnya maksimal? Dua kali sehari cukup kok moms, setiap pagi hari setelah sarapan dan saat mau tidur.

Ga perlu setiap habis makan langsung sikat gigi, ini ternyata malah akan merusak email gigi loh moms. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak bagus ya ga sih 🙂 .

4. Cara menyikat gigi yang salah

Selama ini coba ingat-ingat moms, bagaimana cara moms menyikat gigi dan benarkah sudah melakukan dengan cara yang tepat?

gigi susu anak bolong
Cara menyikat gigi yang baik seperti ini ya moms, biar gigi susu anak ga bolong. (pict. Instagram @TanyaPepsodent)

Sebagian dari kita menyikat gigi itu dengan cara menggosok maju mundur gigi, lalu berkumur. Padahal ada caranya loh, agar gigi senantiasa bersih dan kotoran tidak menempel sehingga menyebabkan gigi susu anak bolong.

5. Cara berkumur yang salah

Hayoo, kalau moms habis sikat gigi berkumurnya seperti apa sih? Saya kasih tahu ya moms, ajarkan anak untuk berkumur dengan gigi terkatup. Hal ini bertujuan agar sela-sela gigi mendapat tekanan dan kotoran yang menempel lepas moms.

Ayo moms, rutin menyikat gigi dengan Pepsodent setiap pagi dan malam, agar gigi dan gusi semakin kuat, sehat dan tidak bolong, terutama pada gigi susu anak .

Spread the love

18 thoughts on “5 Kesalahan Merawat Gigi Susu Anak

  1. aku selalu aware sama Gigi anakku sampai2 aku gag bolehin dia untuk sementara waktu buat makan permen dan selalu sikat Gigi teratur. Alhamdulillah gigi anakku baik2 aja hehee

  2. Penting banget emang menjaga gigi susu. Pernah ikut seminar gigi pun kata dokternya begitu. Tapi PR banget mengingatkan anak mau sikat gigi huhuhu

  3. Huaaa pas banget nih kak aku juga mulai worry sama gigi anak aku. Disikat tiap hari tapi kurasa gak begitu bersih karena itu dia maunya di sendiri yang nyikatin. Next aku lebih memperhatikan. Thanks kak sarannya.

  4. wahhhhh aku nangis ini kalo bahas soal giginya naufal… gara-gara pas kejang kemarin dia aku masukin sendok giginya patah.. ntah kenapa dia agak susah sikat gigi mungkin sakit, lama-lama sekarang gripisss hikzzz

  5. Anak-anak saya giginya sempat gripis semua hehehe. Memang bukan contoh yang baik. Tapi, sekarang udah pada remaja. Yang masih punya anak-anak smeoga bisa memperhatikan saran di artikel ini

  6. Waahh, ini bermanfaat banget informasinya. Selama ini si abang belum pernah aku aja ke dokter gigi padahal ada 1 giginya yang keropos. Sekarang lagi ngajarin adiknya sikat gigi juga. Penting banget sih emang pembiasaan sikat gigi ini

  7. Alhamdulillah tips nya sudah saya jalani semua, kecuali yang no 4 dan 5. Anak saya tuh kalau dikasih sikat giginya bukan disikat malah diemut. Trus kalau saya sikatin. Suka digigit. Jadi sikatnya ga bs digoyangkan. Trus setelah sikat gigi, dia nggak mau kumur2. Walaupun kumurnya pake air mateng. Saya khawatir gigi anak saya bolong nih.. hiks

  8. Jangan sampe deh anak-anak ngerasain sakit gigi, duuh gak enak banget. Gigi anakku sudah ada yg berlubang lagi, pengen ditambal duuh dianya udah gak keruan. Terima kasih sudah berbagi info ini ya mba.

  9. Jadi ingat wkt kecil dulu keseringan sikat gigi, hihi
    Ternyata gak bagus ya mbak kalau tiap habis makan gosok gigi, saya pikir itu lebih bagus ternyata keliru. Note nih buat selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *