Dear Moms, Ini 5 Cara Jitu Memilih Mobil Bekas Berkualitas Untuk Mudik

Posted on

Puasa Ramadan sudah dua minggu kita lewati dengan suka cita, kesibukan dan persiapan mudik sudah mulai terasa. Saat tiket pesawat, dan tiket kereta api sudah habis terjual, naik bus menjadi pihan akhir. Namun sudah stress saat terbayang jauh dan macetnya pejalanan mudik. Bagaimana dengan rencana mudik tahun ini moms?

Kenyaman perjalanan mudik menjadi idaman dan harapan banyak orang saat mudik menuju kampung halaman untuk bertemu keluarga besar dan sanak saudara. Melakukan perjalanan ribuan kilometer menggunakan kendaraan beroda dua untuk mudik tidak mungkin dilakukan saat kita ingin membawa anak-anak dan buah tangan.

Perjalanan yang nyaman dan aman menggunakan kendaraan mobil pribadi menjadi harapan dan impian bagi beberapa keluarga yang ingin melakukan perjalanan mudik Idul Fitri.

Aih, selain meningkatkan derajat bagi kita yang merantau ke Ibu Kota untuk bekerja, kendaraan pribadi menjadi bukti keberhasilan kita selama bekerja keras sepanjang tahun di kota besar.

Keinginan hati sih pastinya memiliki mobil baru untuk dibawa mudik, tetapi harga yang mahal dan prosedur kepemilikan surat kendaraan yang lama menjadi kendala. Mobil bekas akhirnya menjadi solusi terbaik untuk kendaraan mudik yang nyaman.

mobil bekas
Mobil bekas pilihan kendaraan untuk mudik.

Namun jangan sampai keinginan kita untuk melakukan perjalanan mudik nyaman menjadi bencana akibat dari membeli mobil bekas yang rusak atau bobrok ya moms. Karena saya pernah mengalami membeli mobil bekas yang ternyata sudah sangat rusak mesinnya, padahal body mobil sangat kinclong dan terlihat bagus.

Sejak mengalami kekecewaan dan kerugian besar akibat membeli mobil bekas, saya dan keluarga menjadi kapok dan tidak pernak melirik barang bekas apapun, meski ada beberapa barang yang sangat kami inginkan.

Moto keluarga kami saat ini “Lebih baik membeli barang baru yang sudah jelas kualitasnya, dari pada harus membeli barang bekas” . Namun saya mulai berubah pikiran setelah mengikuti acara Talkshow bersama mobil88.

Jakarta 28 Mei 2018 – The Den Kalaha, saya mengikuti acara Talkshow mengenai “Kiat Beli Kendaraan Mudik Bebas Masalah” bersama narasumber :

1. Aris Harvenda, Redaksi Otomotif KCM.
2. Rally Marina, Pembalap Nasional.
3. Bapak Halomoan Fischer, Presiden Direktur Mobil88.

mobil88
Talkshow dengan narasumber (kiri-kanan) Aris Harvenda, Rally Marina, dan Halomoan Fischer

Kiat Jitu Pilih Kendaraan Idaman Untuk Mudik

Saat mudik tiba, kendaraan pribadi seperti mobil sangat dibutuhkan dan menjadi idaman karena alasan kenyamanan dan efesiensi waktu, iya ga sih moms. Terlebih untuk mobil keluarga yang panjang dan lebar, sangat nyaman juga diperlukan oleh keluarga dengan banyak anak-anak.

Dari pada kita menyewa atau rental mobil, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli mobi bekas. Membeli mobil bekas menjadi pilihan karena efesiensi waktu dan cepat dalam menerima surat kelengkapan nya, juga harganya yang lebih murah jika dibandingkan membeli mobil baru.

Selain itu moms, ada kelebihan yang bisa didapat saat membeli mobil bekas seperti proses pembelian yang relatif lebih cepat, pilihan mobil seperti model, warna dan tahun juga lebih bervariatif sesuai keinginan kita.

Namun ada banyak hal loh moms, yang harus diperhatikan dalam memilih mobil bekas. Agar kita tidak terjebak pada rayuan penjual mobil bekas abal-abal yang menawarkan mobil bobrok dengan penampilan keren.

Aris Harvenda, Redaksi Otomotif Kompasiana memberikan banyak informasi bagaimana memilih mobil bekas yang bebas masalah untuk mudik Lebaran nanti.

mobil88
Aris Harvenda, Redaksi Otomotif Kompasiana (pict. Mira Utami)

Karena banyak masyarakat yang masih buta mengenai otomotif tetapi ingin sekali memiliki kendaraan pribadi, saat hanya uang pas-pasan yang dimiliki, membeli mobil bekas menjadi pilihan utama.

Cara Jitu Memilih Mobil Bekas Untuk Mudik Lebaran

Moms, ajak suami untuk diskusi saat memilih mobil bekas untuk dibeli ya, perhatikan hal berikut agar bisa mendapatkan mobil yang masih bagus dan layak pakai:

1. Jangan Tergiur Harga Murah
Meski kita benar-benar kebelet ingin memiliki mobil pribadi, jangan sampai harga murah membuat kita kalap dan membeli mobil bekas tanpa melakukan pengecekan.

2. Membeli di Tempat yang Dipercaya dan Resmi
Untuk menghindari dari kasus penipuan dalam membeli mobil bekas, ada baiknya kita mencari tempat yang bisa dipercaya dan resmi dalam menjual mobil bekas yang masih layak pakai, atau bahkan masih bagus kondisinya.

3. Cek Kondisi Body Mobil
Melakukan pengecekan kondisi body mobil tentu bisa kita lakukan secara langsung, karena bisa terlihat langsung apa mobil yang kita inginkan masih mulus atau sudah banyak baret body-nya.

4. Cek Kondisi Mesin Mobil
Pengecekkan kondisi mesin mobil harus dilakukan oleh ahli otomotif, ada baiknya cari orang yang netral dan bisa memberitahukan secara jujur kondisi mesin dari mobil bekas yang akan kita beli.

5. Cek Dokumen Kendaraan
Dalam melakukan pengecekkan dokumen kendaraan, kita harus teliti apa benar STNK, BPKB dan rangka mesin mobil bekas yang kita beli aman dari sengketa atau tidak. Ga mau dong kita dianggap penadah barang curian 🙂 .

Rally Marina, Pembalap Nasional yang hadir di acara Talkshow juga berbagi pengalamannya dalam membeli mobil bekas, karena tidak memperhatikan aspek penting dalam membeli mobil bekas, ia mengalami kejadian buruk.

mobil88
Rally Marina, Pembalap Nasional berbagi pengalaman membeli mobil bekas.

Karena menginginkan sebuah mobil idaman, Mba Rally sampai menanti bertahun-tahun untuk mendapatkan mobil yang diinginkan. Saat temannya menjual mobil tersebut, tanpa pikir panjang dan tanpa melakukan rangkaian pengecekkan, ia membeli mobil bekas yang sudah lama diincar. Tetapi setelah beberapa kali pemakaian baru diketahui baru mobil bekas yang dibelinya bermasalah, dari kondisi mesin yang sudah tidak original dan rusak sampai rangka mesin yang sudah di ganti. Ini persis dengan kejadian yang pernah saya alami.

Yang namanya penyesalan selalu datang di akhir, karena kelalaiannya dalam membeli mobil bekas, mba Rally akhirnya mengalami kerugian dan betagam masalah. Jangan sampai ya moms mengalami kejadian seperti itu saat membeli mobil bekas.

mobil88
Halomoan Fischer, Presiden Direktur Mobil88 .

Halomoan Fischer, Presiden Direktur Mobil88 juga memberi tips membeli kendaraan bekas yang layak pakai dan bebas masalah, jangan sampai Lebaran malah kita berurusan dengan mobil rusak.
1. Belilah mobil bekas di tempat yang terpercaya.
Kita bisa membeli mobil bekas di mobil88 karena mereka memiliki team divisi pembelian yang akan melakukan pengecekkan setiap mobil bekas yang akan dijual.

2. Untuk tidak membeli mobil bekas tabrakan.
Karena biasanya mobil bekas tabrakan akan merusak struktur mobil, dan membuat mobil tidak bisa lagi berfungsi normal, sehingga disarankan untuk menghindari membeli mobil bekas yang pernah kena tabrakan.

Penawaran Mobil88 Menyambut Mudik Lebaran 2018

mobil88astra
Penawaran dan Promo dari mobil88 selama Ramadan dan Lebaran
Moms kalau kita sedang cari-cari mobil untuk mudik dan libur lebaran, bisa loh langsung ke cabang mobil88 terdekat, karena selama event “Ramadan & Lebaran Untung” pada tanggal 25 Mei – 30 Juni 2018. Kita bisa menangkan cashback Rp14,39 juta kalau membeli mobil bekas di mobil88.
 
Masih ada promo lainnya nih moms, selama event “Ramadan & Lebaran Untung” kita juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah cashback Rp1.439.000 dan voucher belanja atau e-toll card senilai ratusan ribu rupiah.
 
Yuk ah moms, rayu suami untuk datang ke cabang mobil88 terdekat dan pilih mobil yang cocok untuk mudik nyaman bersama keluarga. Jangan sampai kelewat ya promo dan penawaran menariknya.
 
Yuk dapatkan mobil bekas yang bebas masalah di mobil88.
Spread the love

41 thoughts on “Dear Moms, Ini 5 Cara Jitu Memilih Mobil Bekas Berkualitas Untuk Mudik

    1. Awal punya mobil saya beli mobil bekas dan kecewa berat, ini mau coba lihat-lihat di mobil88 siapa tau ada yang cocok buat di bawa mudik besok 🙂

    1. Betul mba,, malah harus curiga kalau harganya sangat murah. Karena pasti ada sesuatu di balik harga murah ga wajar.

  1. Waah referensi banget ya mobil88 ini? Mau coba mampir ah, ada di kalimalang nih. Sering lewat tap8 belum pernah mampir.

    1. Yuuk coba mampir dan lihat-lihat mobil uyang ada di mobil88 siapa tau ada yang cocok dan harganya sesuai.

    1. Betul bunsay, promonya menarik banget. Yuk ah cus ke mobil88 siapa tahu ada mobil bekas yang cocok dan sesuai untuk mudik Lebaran.

  2. Tapi kalau bisa dapat yang baru dengan harga murah dengan tipe tertentu saya lebih memilih baru… kalau engga ya mobil seken juga ngga pa pa dan dari mobil 88 udah terjamin kok keasliannya..mereka punya teknisi dan berani memberikan jaminan

    1. Aih, sudah pasti itu. Saya juga pasti akan lebih memilih untuk beli mobil baru yang murah kalau ada 🙂

  3. Dulu pertimbangan ku salah satunya ya ini kredit mobil bekas. Tapi sama suami gak boleh karena kita gak paham soal mobil. Alhamdulillah sekarang banyak sekali info soal mobil ini jadi bisa buat pencerahan bagi yang mau beli mobil bekas

    1. Saya pun pengalaman terjebak beli mobil bekas yang bobrok, padahal body sabgat keren… 6 bulan pakai cape tuk benerin akhirnya saya jual lagi.

  4. mobil88 emang udah terkenal sih ya kualitas stok mobilnya. dan tips nya bener banget mba. dan harus bawa orang deket kayak temen atau sodara yang ngerti mobil juga kayaknya biar makin manteb pas ngecek segala printilan mobilnya. bahkan pas milih mobil baru pun aku juga ngajak temen yang paham soal mobil dan mesin biar kita tenang pas beli

  5. Cara-cara memilih mobil untuk mudik seperti diatas memang wajib banget dilakuin. karena nggak mau rasanya pas mudik eh mobil malah mogok, udah mahal lagi huhh
    ya jadi beli yang pasti pasti aja dehh

  6. Saya kok malah asik liat2 harga mobil2 bekas di situs mobil88.. Jadi pengen ngerasain mudik pake mobil sendiri…beli mobilnya di mobil88, patungan yuk *eh :)0

  7. Amannya memang beli mobil aman di mobil 88 ya mbak. Karena umumnya membeli mobil bekas memang sering kali bikin takut kalau belinya dari sumber yang tidak terpercaya. Garansi buy back warranty bikin kita tenang ya beli di mobil 88.

  8. Kalo udah tahu mesin sih milih mobil bekas aja, lebih murce harganya. Kalo mau aman, beli sama temen aja atau orang dekat yang kita sudah tahu histori nya.

  9. Emang mobil88 recommeded banget buat yang cari mobil bekas dengan kualitas terjamin…Temen saya juga klo cari mobil buat rental di mobil88..Thanks infonya 🙂

  10. Tips manfaat banget dah, gie sendiri sering denger kalau mobil mah lebih baik beli bekas, cash dan sesuai kebutuhan. Mobil88 bisa jadi pertimbangan neh suatu saat gie beli mobil.

  11. Keluargaku sering banget beli mobil bekas, selain harga lebih murah dapet spek yg bagus nah mobil88 bisa jadi solusi beli mobil bekas karena terjamin dan no tipu pastinya, nice sharing mba 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *