4 Syarat Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Yang Baik Untuk Penuhi Hidrasi Tubuh

Posted on

Pagi moms, sudah mulai sibuk ikut banyak acara bukber di Ramadan tahun ini apa belum 🙂 maklum ya, kalau puasa tapi ga ikut buka puasa bersama, rasanya kok ga seru dan ada yang kurang. Seperti halnya kalau bepergian kemanapun, kalau ga sedia air putih di dalam tas rasanya kok hampa. Meski berpuasa tapi tetap wajib bawa air putih, kan kita ga tahu akan terjebak kemacetan saat waktunya untuk berbuka puasa.

Kalau Mama Azzam, setiap kali keluar rumah pasti akan bawa air minum, terutama air putih agar tidak mengalami dehidrasi dan kebingungan mencari tempat yang menjual air minum dalam kemasan. Lagian saat ini  banyak air minum beraneka rasa yang dijual membuat saya khawatir dengan kesehatan ginjal saya dan keluarga, terutama bagi anak saya Azzam.

Siapa nih yang saat berbuka puasa lebih memilih untuk minum teh manis, kopi, atau infus water, dibandingkan minum air putih? Tahu ga sih, kalau air putih lebih dibutuhkan oleh tubuh, dibanding air lain dengan beragam perasa loh.

Hidrasi Sehat
Cukupi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa ya (pict. IG @SehatAqua)

Jangan lupa penuhi cairan tubuh saat berpuasa ya dengan pola minum air putih 242 yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur. Air sangat penting bagi tubuh, bahkan saat tidur kita bisa mengalami dehidrasi kalau kita tidak langsung minum air putih saat bangun tidur.

Seperti kita ketahui bersama, kalau air itu adalah hal penting dalam hidup semua makhluk hidup. Terutama bagi manusia, air merupakan kebutuhan yang paling pokok, tapi ternyata masih diabaikan oleh banyak orang loh. Tapi nih moms, masih banyak orang yang malas minum karena ga mau beser atau bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, atau ga suka dengan rasa tawar dari air putih.

Tahu kan Moms, kalau kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat itu harus lebih dari 60% total berat badan. Kandungan air yang ideal di dalam tubuh berfungsi untuk banyak hal, seperti:

1. Membantu kerja sistem pencernaan.

2. Mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh.

3. Sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian.

4. Melembapkan jaringan-jaringan pada telinga, tenggorokan, dan juga hidung.

5. Serta sebagai media transportasi nutrisi untuk sel-sel tubuh, misalnya darah.

6. Menjaga kulit tetap sehat.

Sebagai orang yang produktif, sudah tentu kebutuhan akan air minum juga lebih banyak. Memang disarankan untuk minum minimal 8 gelas sehari, tetapi berdasarkan usia, jenis kelamin dan pekerjaan yang dilakukan, kebutuhan air bisa lebih dari itu. Kesulitan menyiapkan air minum membuat masyarakat memilih untuk minum AMDK (Air Minum dalam Kemasan).

Hal ini disebabkan karena banyak sekali masyarakat yang mobile, dan harus sering pindah dari satu tempat ke tempat lainnya, dan harus memenuhi kebutuhan hidrasi dengan minum air dalam kemasan yang lebih praktis.

Mengenal Jenis dan Manfaat Air Minum dalam Kemasan di Indonesia

Apa kalian sadari, apa saja yang sudah masuk ke dalam tubuh setiap harinya? Sudah cukup apa belum makan makanan dengan gizi seimbang, terpenuhi kebutuhan hidrasi-nya apa masih sangat kekurangan. Kalau kalian pikir minum kopi, teh, sirop dan minuman berperasa mampu memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, coba cek deh masih ngantuk ga sih, masih terasa haus apa engga setelah minum semua itu.

Cari tahu apa kalian sudah memenuhi kebutuhan air putih bagi tubuh, dan bagaimana Air Minum dalam Kemasan (AMDK) yang baik bagi kesehatan. Yuk “Mengenal Jenis dan Manfaat Air Minum dalam Kemasan di Indonesia” bersama Danone-AQUA, pelopor Air Minum Dalam Kemasan di Indonesia.

Narasumber yang hadir untuk berbagi informasi, yaitu :

• Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK – Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG)
• dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK – Dokter Gizi Klinis & Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM
• Rosalina Privita – Vice President Research & Innovation PT. Tirta Investama (Danone-AQUA)
• dr. Tria Rosemiarti – Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA)

Hidrasi sehat Danone-AQUA
Rosalina Privita – Vice President Research & Innovation PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) menjelaskan betapa Danone-AQUA peduli pada hidrasi sehat masyarakat Indonesia.

Ibu Rosalina Privita, Vice President Research & Innovation PT Tirta Investama (Danone-AQUA) menjelaskan betapa pentingnya Hidrasi Sehat di acara Hydration Talk, dan AQUA merupakan pelopor Air Minum dalam Kemasan di Indonesia. Danone-AQUA terus berkomitmen untuk terus memberikan edukasi dalam membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia.

Dengan banyaknya jenis AMDK yang di jual di pasaran saat ini, ternyata tidak banyak masyarakat yang memahami perbedaan dan manfaat pada setiap jenisnya loh. Makanya,,, cari tahu yuk Moms.

Mari kita sadar akan Hidrasi Sehat
dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK – Dokter Gizi Klinis & Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM menjelaskan mengenai fungsi air dan akibatnya dari kekurangan cairan.

Bersama dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK – Dokter Gizi Klinis & Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM mari cari tahu fungsi air bagi tubuh kita, jangan sampai kita dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh.

Manfaat air minum sangat penting bagi tubuh, tapi pastikan yang tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh ya.

Dehidrasi terkadang dianggap sebagai permasalahan kondisi tubuh yang tidak perlu ditangani secara serius, dan banyak masyarakat menganggapnya sebagai rasa haus biasa. Namun, jika gejala awal dehidrasi tidak ditangani dengan baik, ternyata dapat mengganggu fungsi tubuh.

Berikut ini beberapa tanda awal dari gejala dehidrasi, harap di waspadai ya :
1.Merasa haus dan pusing.
2.Mulut dan kulit kering.
3.Kelelahan.
4.Jarang buang air kecil.
5.Urine berwarna lebih gelap, serta berbau lebih kuat.

Kalau kita tidak peduli pada tanda-tanda dehidrasi tubuh, bisa-bisa kita mengalami pingsan, stress, kurang fokus, bahkan paling parah nih Moms, dapat mengalami penyakit ginjal loh. Siapa sih yang mau kena penyakit? Jadi lebih baik kita jaga kesehatan tubuh ya Moms dengan selalu penuhi kebutuhan air minum.

Biasakan yuk untuk minum air sesuai kebutuhan

Tipe Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia

1. Air Mineral, yaitu air yang tidak melalui proses pembuatan tambahan, alami dari alam langsung dikemas, dengan pH 6,5 – 8,5.

2. Air Demineral, yaitu air yang melalui proses destilasi/reverse osmosis/deionisasi, memiliki pH 5,0 – 7,5 tidak mengandung mineral dan apabila diminum dalam jangka panjang tidak baik bagi kesehatan.

3. Air Beroksigen, yaitu air yang melalui proses pembuatan tambahan (AMDK yg sudah ditambahkan oksigen). Ada yang dengan pH 6,5 – 8,5 (berupa air mineral), ada juga dengan pH 5,0 – 7,5 (air demineral). Air jenis ini tidak terbukti dapat meningkatkan performa fisik.

4. Air Alkali, air minum yang melalui proses mendapat tambahan elektrolisis atau penambahan garam dengan pH 8,5 – 9,97 mengandung mineral dan tidak terbukti dapat meningkatkan pH darah.

Tapi nih Moms, apapun jenis air kemasan yang diminum tidak jadi masalah, karena pada dasarnya, air memiliki fungsi untuk menjaga suhu tubuh kita tetap stabil dan membantu kita terhindar dari dehidrasi.

Syarat Air Minum dalam Kemasan yang Baik

Dr. dr Diana Sunardi, Ketua Indonesian Hydration Working Group mengatakan, bahwa AMDK merupakan produk yang sudah diatur secara ekstensif karena mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat.

Hidrasi Sehat
Dr. dr Diana Sunardi, Ketua Indonesian Hydration Working Group menjelaskan manfaat dari Air Minum dalam Kemasan.

Selain manfaat dari tercukupinya kebutuhan hidrasi, air dengan jenis demineral, air dengan pH tinggi, maupun air dengan tambahan kandungan oksigen, masih memerlukan dukungan ilmiah lebih lanjut untuk mengetahui manfaat kesehatan dari air tersebut. Keyakinan bahwa ada cara detoksifikasi, penyembuhan kanker, tumor dan sebagainya dengan mengkonsumsi jenis air tertentu dapat menyesatkan masyarakat.

Penting diingat, bahwa mengkonsumsi air mineral biasa saja sudah cukup bermanfaat untuk mendukung upaya menjaga kesehatan tubuh

Air Minum dalam Kemasan yang layak konsumsi harus memiliki kemasan atau botol yang bersih, menggunakan label dan ada tanggal kedaluwarsa yang jelas, serta kode produksi yang sama pada bagian tutup dan botolnya.

Banyak masyarakat yang mempertanyakan expired dated air mineral, ada ga sih tanggal kedaluwarsa dari AMDK? Sebenarnya tidak ada loh, namun ada regulasi kemasan air mineral yang mengatur kadaluarsa. Air mineral kemasan biasanya bertahan hingga 2 tahun tergantung penyimpanan.

Selalu ingat untuk memperhatikan 4 syarat AMDK yang baik bagi pertumbuhan hidrasi sehat tubuh, yaitu:

1. Tidak Berasa,

2. Tidak Berbau,

3. Tidak Berwarna, dan

4. Tidak mengandung zat berbahaya bagi kesehatan tubuh

Danone-AQUA Air Minum dalam Kemasan
Danone-AQUA Air Minum dalam Kemasan

Rasakan kebaikan AQUA dalam setiap tetes airnya, karena tidak semua air sama, jadi pilih yang mengandung kebaikan alam ya Moms.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *