3 Ciri Tumbuh Kembang Anak dengan Tanggap yang Lengkap

Posted on

Merupakan usaha yang tidak mudah bagi saya saat melahirkan anak pertama saya Azzam di usia yang tergolong terlalu matang yaitu 32 tahun. Bidan dan dokter anak yang membantu selama kehamilan hingga kelahiran memberi nasihat agar selalu menjaga asupan gizi dan nutrisi agar saya dan calon bayi selalu sehat. Tumbuh kembang anak selalu menjadi perhatian utama saya dan saya selalu berusaha untuk mencari informasi bagaimana untuk membesarkan anak dengan baik.

tumbuh kembang anak
Senangnya saat bisa menjadi seorang ibu.

Hidup di perantauan tanpa adanya kerabat dan orangtua juga menjadi tantangan terbesar bagi saya dan suami, pengetahuan mengenai tumbuh kembang janin dan juga persiapan kelahiran hanya saya dapatkan dari browsing dan tanya senior di tempat kerja dan beberapa tetangga. Perkembangan anak akan optimal kalau ibu sejak hamil sudah memenuhi nutrisi dan gizi sempurna, karena 1000 HPK (hari Pertama Kehidupan) adalah saat janin mulai terbentuk hingga anak berusia 2 tahun.

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur Azzam terlahir dengan normal, berat badan 3 kilogram dan panjang 50 centi meter pertumbuhannya pesat dan bagi saya sangat mengagumkan. Tentu saja sebagai seorang ibu, kita akan terus berusaha sebaik mungkin dalam memantau pertumbuhan anak, iya ga sih ­čÖé .

Azzam baru bisa lancar mengeluarkan kata-kata diusia 2 tahun, kalau kata tetangga telat ngomong tetapi saya tidak khawatir karena kemampuan berdiri dan berjalannya lebih cepat. Beragam cara saya lakukan agar anak saya bisa tumbuh sesuai dengan pedoman tumbuh kembang anak di usianya.

Selalu memberikan stimulasi secara rutin pada Azzam seperti mengajak bicara tentang suatu topik, misalnya bicara tentang alam lebih sering saya lakukan sambil mengajaknya jalan-jalan di taman bermain. Azzam sangat cepat mengenal tumbuhan, hewan dan cuaca. Sampai saat ini, bermain di luar ruangan selalu menjadi piliKhan yang paling dia sukai.

Stimulasi dengan mengajak belajar membaca beragam buku juga saya lakukan agar minat bacanya tumbuh sejak dini, saya juga selalu memberi contoh baik agar tertanam nilai etika dan sopan santun. Azzam termasuk anak yang super aktif, bahkan saat tidur ia sering mengigau menceritakan apa yang dilakukan siang harinya. Awalnya saya menduga kalau Azzam anak yang hiperaktif,sehingga berusaha untuk mencari tahu bagaimana cara mengatasi anak hiperaktif sampai saya bertemu ahli psikologi anak yang mengatakan kalau Azzam hanya anak yang aktif.

Hiperaktif adalah gangguan tingkah laku yang tidak normal yang disebabkan disfungsi neurologia dengan gejala utama tidak mampu memusatkan perhatian. Sedangkan anak aktif adalah anak yang memiliki kelebihan energi dan memiliki aktivitas gerak lebih tinggi dibandingkan anak-anak lainnya. Otaknya normal tanpa gangguan, jadi saya merasa lega saat mengetahui hal ini.

Saat mengikuti event Blogger Gathering bersama Bebelac saya mendapat ilmu yang sangat berharga mengenai pemenuhan nutrisi pada anak dengan memberinya susu terbaik dan juga bagaimana cara membuat anak memiliki tanggap yang lengkap.

tumbuh kembang anak
Anak saya Azzam sangat suka minum susu Bebelac rasa madu.

3 Ciri Tumbuh Kembang Anak dengan Tanggap yang Lengkap

Pengetahuan yang baru bagi saya saat mengetahui mengenai tumbuh kembang anak hebat dengan tanggap yang lengkap pada anak, dimana aksi tanggap yang lengkap ternyata tidak pernah di ekpresikan secara terpisah, tapi selalu dalam satu kesatuan.

1. Cepat Tanggap
Yaitu kemampuan anak berupa kecepatan perpikir, menghafal lagu, mengingat beragam gerakan seperti gerakan tari, mengingat angka, huruf, nama,  berhitung, bermain peran, membuat karya ( seperti menulis, menggambar, mewarnai, dan lainnya). Selain itu juga memiliki ide terhadap masalah di sekitar.

2. Rasa Peduli
Yaitu kemapuan anak dalam membantu menyelesaikan masalah orang lain, misalnya: berbagi dan menawarkan makanan untuk teman, memperbaiki mainan yang rusak, mengumpulkan donasi, menolong teman saat terjatuh, dan juga menolong hewan.

3. Tanggap Bersosialisasi
Merupakan ciri tanggap yang sempurna dan lengkap, yaitu kemapuan anak dalam berbaur dan beradaptasi dengan lingkungannya, contohnya : bermain dan berbagi bersama teman, tidak takut dan mau menyapa orang yang tak dikenal atau jarang bertemu.

Ilmu baru ini langsung saya terapkan dan praktekkan kepada Azzam, saya mulai tumbuhkan nilai kebaikan, kurangi kekhawatiran pada beragam hal buruk yang bisa terjadi pada anak. Lebih sering meluangkan waktu bersama anak juga menjadi poin utama dalam keberhasilan anak untuk menunjukkan Tanggap yang Lengkap dengan sukses.

tumbuh kembang anak
Azzam semakin senang bersosialisasi dan mudah bergaul.

Azzam tidak lagi egois, mau berbagi makanan di sekolah, tidak cuek terhadap sekitarnya dan mulai menolong orang lain, Azzam juga mulai mau membantu dalam menyelesaikan suatu masalah dengan ide-ide nya yang sederhana. Saya bangga Azzam tumbuh menjadi anak aktif dan selalu bereksplorasi dengan lingkungannya, karena ini menjadi bukti tahap perkembangan anak yang sempurna

Azzam tumbuh hebat dengan Tanggap yang Lengkap selain karena didukung stimulasi dari orangtua, juga didukung oleh nutrisi dari Bebelac baru. Bebelac meluncurkan Formual terbaru-nya untuk mendukung perkembangan otak anak di Masa Emasnya dengan formula Minyak Ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan.

nutrisi tanggap yang lengkap
Nutrisi yang disempurnakan oleh Bebelac.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai Tanggap yang Lengkap bisa loh langsung kunjungi website Bebelac di : https://bit.ly/ArticleTanggap2

Spread the love

2 thoughts on “3 Ciri Tumbuh Kembang Anak dengan Tanggap yang Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *