Rayakan 117 Tahun Pegadaian dengan Produk Syariah

Posted on

Rayakan 117 Tahun Pegadaian dengan Produk Syariah. Sudah tahu belum kalau ternyata usia dari Pegadaian itu tahun ini 117 tahun loh. Pegadaian sudah berdiri sejak 1 April 1900 di Indonesia dan dengan slogan “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah” .

117 tahun pegadaian
Sudah 117 tahun Pegadaian membantu Mengatasi Masalah masyarakat Indonesia Tanpa Masalah (sumber: instagram Sahabat Pegadaian)

Kalian kenal dengan Pegadaian? Apa sih yang ada dipikiran kalian mengenai pegadaian ini, karena bagi saya yang belum pernah sama sekali menginjakkan kaki di tempat transaksi pegadaian masih bingung dengan prinsip kerja pegadaian.

Prinsip hidup hemat dan tidak menginginkan sesuatu yang sekiranya tidak mampu kita beli sangat tertanam di dalam keseharian saya, sehingga belum pernah melakukan pegadaian sampai saat ini.

Alhamdulillah bisa berkesempatan mengenal Pegadaian lebih dekat di event “Pegadaian Literation Fair 2018” yang berlangsung selama dua hari di Summarecon Mall Bekasi pada tanggal 31 Maret dan 1 April lalu.

117 tahun pegadaian 2
Keseruan event Pegadaian Literasi Fair di Summarecon Mall Bekasi.
117 tahun pegadaian bekasi
Acara Talkshow mengenal produk Pegadaian dan Pegadaian Idola Cilik.

Mengenal Pegadaian Lebih Dekat

Pegadaian adalah suatu badan keuangan yang melaksanakan kegiatan keuangan dalam hal gadai, dimana suatu barang atau surat berharga dapat digunakan sebagai jaminan untuk meminjam sejumlah uang. Pegadaian merupakan salah satu BUMN sektor keuangan Indonesia yang bergerak pada tiga lini bisnis perusahaan yaitu pembiayaan, emas dan aneka jasa, sehingga mendapat jaminan dari pemerintah.

Produk dari pegadaian terbagi menjadi dua, yaitu :

1. Pegadaian Konvensional : KCA, Kreasi, Krasida, Krista, Kucica,

2. Pegadaian Investasi Syariah : Rahn, Arrum, Mulia

Pegadaian Syariah

Produk Syariah di Pegadaian mulai berdiri sejak tahun 2000 dalam rangka menjawab keresahan mengenai masalah riba di kalangan masyarakat. Yang membedakan produk syariah pegadaian dengan KCA adalah adanya akad ( RAHN).

117 tahun pegadaian 3
Acara Talkshow mengenai Produk Syariah Pegadaian.

Narasumber yang hadir di talkshow kali ini adalah Ibu Mawar (Pimpinan Cabang Syariah), Bapak Agung (mewakili Bisnis Emas Kantor Pusat Pegadaian) dan Ibu Silvia (Vendor Pegadaian Bisnis Emas).

Pembiayaan RAHN dari Pegadaian Syariah merupakan salah satu solusi tepat kebutuhan dana cepat yang sesuai syariah. Prosesnya cepat hanya dalam waktu 15 menit dana cair dan aman penyimpanannya. Jaminan berupa barang perhiasan, elektronik atau kendaraan bermotor.

    Keunggulan dari Pembiayaan RAHN dari Pegadaian Syariah :

  • Layanan RAHN sudah tersedia di lebih dari 600 outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia.
  • Prosedur untuk pengajuannya sangat mudah. Calon nasabah atau debitur hanya perlu membawa agunan berupa perhiasan emas dan barang berharga lainnya ke outlet Pegadaian.
  • Proses pinjaman sangat cepat, hanya butuh 15 menit.
  • Pinjaman (Marhun Bih) mulai dari 50 ribu rupiah sampai 200 juta rupiah atau lebih.
  • Jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara membayar ijaroh saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman.
  • Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan perhitungan ijaroh selama masa pinjaman.
  • Tanpa perlu membuka rekening.
  • Nasabah menerima pinjaman dalam bentuk tunai.
  • Barang jaminan tersimpan aman di Pegadaian

Syarat untuk memdapatkan Pembiayaan RAHN dari Pegadaian Syariah :

  • Fotokopi KTP atau Kartu Identitas resmi lainnya.
  • Memiliki barang jaminan.
  • Untuk kendaraan bermotor membawa BPKB dan STNK asli.
  • Nasabah menandatangani Surat Bukti Rahn (SBR).
Tarif Ijaroh berkisar dari 5% (APR minimum) hingga 7% APR (APR maksimum) per-tahun dan pilihan tenor pembayaran berkisar dari 1 hari (tenor minimum) hingga 120 hari (tenor maksimum).
Beberapa produk dari Pegadaian Syariah atau pembiayaan Rahn, yaitu :

1. Arrum Emas.
2. Arrum BPKB.
3. Arrum Haji.
4. Amanah ( pembiayaan kendaraan bermotor).

Ternyata kita bisa mendapat banyak keuntungan dan kemudahan kalau membeli emas di Pegadaian, selain bisa menjadi simpanan dan modal usaha, bisa menjadi tabungan Haji juga.

Saya jadi ingin punya logam mulia UBS dari Pegadaian yang aman di simpan bertahun-tahun dan tidak akan pudar. Tetapi harus diingat, jangan sampai rusak segel dan juga kemasannya ya kalau ingin harga logam mulia USB nya tetap stabil atau bahkan lebih tinggi.

Jangan ragu untuk datang ke Pegadaian kalau butuh dana saat akan berbisnis dan ingin investasi emas.

= Pegadaian Mengatasi Masalah Tanpa Masalah =

117 tahun pegadaian 4
Ibu muda yang mengikuti acara talkshow Pegadaian.
Spread the love

9 thoughts on “Rayakan 117 Tahun Pegadaian dengan Produk Syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *