Cinta Kain Indonesia, Yuk Berburu Batik Langsung Dari Asalnya

Posted on

Batik dan Indonesia

Bicara soal batik, Indonesia memiliki ragam corak dan warna yang amat beragam. Beda wilayah, beda pula corak batiknya, meski berada dalam satu wilayah provinsi sekalipun. Jenis kain dan cara pembuatannya pun berbeda-beda. Mulai dari batik tulis yang merupakan cara paling tradisional, kemudian batik cap dan batik buatan pabrik dengan produksi massal.
Saking beragamnya jenis batik di Indonesia, nggak jarang ada yang melakukan tipu-tipu dengan menjual batik palsu atas nama kota tertentu. Hal ini tentu saja menyebalkan, apalagi kalau kita baru saja mulai koleksi kain asli dari Indonesia ini.
Biar nggak ketipu lagi dan juga sekalian belajar, yuk berburu batik langsung dari tempat asalnya. Dengan banyak promo tiket pesawat murah, berburu batik ke kota asalnya bakal jadi perjalanan yang menyenangkan.
Kampung Batik Kauman, Solo

batik indonesia
ETD UGM

Di antara semua batik yang ada di Indonesia, Solo adalah salah satu pusat terbesar dari kain tradisional ini. Motif batik Solo pun memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan kota lain, dengan berbagai level kualitas bahan yang bakal menentukan hasil akhir dari batik itu sendiri.
Untuk mendapatkan batik asli dan melihat langsung proses pembuatannya secara tradisional, main saja ke Kampung Batik Kauman. Di kampong ini, hampir seluruh penduduknya membuat batik. Ada yang bisa kamu pesan sesuai dengan keinginan, ada pula kain-kain batik ready stock yang bisa langsung dibawa pulang.
Siapkan koper dan biaya bagasi lebih ya ketika berburu promo tiket pesawat murah ke Solo. Karena koleksi batik di kampung Kauman pasti bikin kalap, seolah semua ingin dibawa pulang.
Kampung Batik Ngasem, Yogyakarta

wisata batik
Wisata Yogyakarta – Panduan Wisata

Yogyakarta memiliki jenis batik yang berbeda dengan Solo. Sekilas memang Nampak mirip, namun setelah diperhatikan lebih lanjut, batik Yogya memiliki gaya yang beda.
Biar nggak bingung membedakan mana batik Solo dan mana batik Yogya, langsung saja berburu batik Yogya di tempat asalnya, Ngasem. Di sini kamu bisa melihat secara langsung proses pembuatan batiknya, dan tentu saja bisa langsung dibeli buat dibawa pulang.
Kampung Batik Kauman, Pekalongan

kampung batik kauman
Cinta Pekalongan

Batik lain yang nggak kalah tenar selain Solo dan Yogya adalah Pekalongan. Motif batik dari kota ini pun berbeda, dengan warna yang lebih cerah dan pilihan bahan yang beragam. Batik Pekalongan banyak dipengaruhi kebudayaan dari daerah lain, yang membuatnya cerah ceria dan motifnya cenderung berukuran besar.
Kalau kamu penasaran dengan batik tulis dari kota ini, datang saja langsung ke Kampung Batik Kauman, Pekalongan. Di kampung ini ada banyak pengrajin yang membuat batik tulis mereka secara langsung, dengan berbagai pilihan kain dan warna yang bisa kamu sesuaikan dengan selera.
Kampung Batik Trusmi, Cirebon

wisata batik indonesia
the colour of indonesia

Nggak lengkap rasanya main ke Cirebon tapi nggak mampir ke Kampung Batik Trusmi. Di sini, kamu bisa mendapatkan kain batik khas Cirebon yang motifnya unik dan berbeda dengan daerah lainnya. Aneka warna dan bahan batik pun tersedia. Dijamin bikin kalap dan penuh koper karena ingin membawa pulang semua batiknya.
Masih ada beberapa kawasan sentra batik lain yang nggak kalah menarik di Indonesia. Masing-masing kota punya motif andalan tersendiri, jadi sebaiknya langsung datang ke kota asalnya biar lebih puas buat memilih mana yang disuka.
Nggak perlu khawatir lagi dengan biaya transportasi ke kota-kota pusat batik di Indonesia. Dengan promo tiket pesawat murah, semua kota bisa dituju dengan mudah dan nggak menguras kantong. Yuk, beli batik di kota asalnya sembari keliling Indonesia!

Spread the love

9 thoughts on “Cinta Kain Indonesia, Yuk Berburu Batik Langsung Dari Asalnya

  1. Kemarin waktu ada ukm di jcc aku agak kalap untuk beli batik, dan beberapa belajar sama pedagangnya dari mulai ukiran batik dan namanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *