Belajar Mengenal Al-Quran Sejak Dini Dengan Boneka Hafiz Junior

Posted on

Anak-anak selalu lebih mudah menerima informasi dan belajar saat sedang bermain, benar ga sih bunda? Kalau anak sedang senang, bergembira dan bersama teman-temannya pasti akan mudah mengingat pada apapun yang kita contohkan.

Coba deh lakukan eksperimen, ajarkan anak saat dia sedang tidak mood atau sedang sendirian, pasti apa yang kita beritahukan akan mental dan dicuekin. Itu terjadi pada anak saya Azzam loh.

Azzam yang sudah masuk kelas BIMBA

Bukannya sok banyak uang atau tidak mau mengajarkan anak di rumah, tetapi bagi saya sangat penting bagi anak untuk bisa bersosialisasi dengan teman-teman seusianya, dan saya memasukan anak saya ke BIMBA yang kebetulan letaknya hanya 3 (tiga) blok dari rumah.

Untuk belajar mengenal warna, abjad dan berhitung meski belum terlalu paham, tetapi Azzam sudah mau fokus terhadap apa yang diminta oleh orang yang lebih tua, terutama ibu dan gurunya. Azzam juga tidak malu-malu saat harus bertemu banyak anak seusianya di berbagai kesempatan.

Untuk belajar agama, saya juga sudah memperkenalkannya pada Azzam, namun sepertinya ia mengalami sedikit kesulitan untuk bisa mengikuti dan memahami apa yang di ajarkan. Setiap ada kesempatan, pasti akan saya ajarkan huruf hijaiyah dan beberapa surat pendek Al-Quran dan doa sehari-hari padanya.

Mungkin karena usianya yang baru 3 tahun 8 bulan, Azzam belum bisa fokus pada apa yang di ajarkan. Sempat dengar dari beberapa ibu di BIMBA kalau mereka tidak memaksakan anak untuk ikut sekolah agama, tetapi anak-anaknya pintar menghafal surat pendek Al-Quran juga doa-doa.

Ternyata mereka memiliki boneka Hafiz yang terdapat 30 juz di dalamnya dan ada juga doa di dalamnya. Anak dibiarkan bermain, tetapi mereka sambil mendengarkan Boneka Hafiz terus berbunyi. Tanpa disadari anak bisa dengan mudah menghafalkan ayat suci Al-Quran tanpa paksaan sama sekali. Saya akhirnya ikutan arisan untuk ikutan punya Boneka Hafiz yang sedang banyak dibicarakan oleh ibu-ibu di BIMBA  🙂 , semoga Azzam juga bisa lebih mudah mengenal Al-Quran dengan memiliki boneka yang satu ini.

Tapi Azzam mesti bersabar karena harus menunggu 5 bulan lagi untuk memiliki bonekanya, karena saya masuk ke urutan 10 di arisan Boneka Hafiz.

Alhamdulillah, ternyata niat baik selalu disambut dengan hal baik, Azzam bisa berkenalan langsung nih dengan Boneka Hafiz dan Hafizah Junior di Toys Kingdom Alam Sutra, Tangerang pada hari Senin, 19 Februari 2018 lalu. Azzam suka sekali dan sangat antusias untuk segera memiliki Boneka Hafiz Pilot.

Boneka Hafiz Junior, Mainan Edukatif Solusi Anak Menghafal Al Quran

Boneka Hafiz dan Hafizah dengan Profesi Dokter dan Pilot.

Menarik sekali loh, Hafiz Junior diluncurkan dalam 2 pasang dengan tema profesi yang berbeda. Satu pasang Hafiz dan Hafizah bertema Dokter dan yang lainnya bertema Pilot. Terobosan terbaru untuk keunikan produk ini salah satunya pada saat boneka dinyalakan, ia akan bercerita mengenai profesinya masing-masing.

Dengan memperkenalkan profesi pada anak-anak sejak dini, akan membuat anak menjadi lebih mudah mengenali apa yang menjadi cita-citanya kelak dan juga dapat memberikan pengetahuan kepada mereka tentang tugas dan tanggung jawab dari masing-masing profesi.

Azzam langsung tertarik dengan boneka Hafiz Pilot.

Kali ini inisiasi meluncurkan boneka Hafiz Junior untuk mempermudah anak-anak dalam menghafal Al Quran, khususnya pada juz 30 yang berisi 37 surah pendek. Dengan tujuan tersebut, boneka Hafiz dan Hafizah Junior dibekali dengan metode menghafal Al Quran yang diulang-ulang per ayat dan mempermudah anak untuk mengikuti dan  juga menghafal. Pengulangan ayat bisa dipilih sebanyak 3 kali, 5 kali, 10 kali, atau 20 kali. Kemudian bacaannya akan diteruskan ke satu ayat selanjutnya dan akan diulang kembali.

Berbeda dengan boneka Hafiz versi sebelumnya, Hafiz Junior berukuran lebih kecil, sesuai dengan namanya. Tinggi boneka Hafiz Junior ini hanya sekitar 13-14 cm sehingga memungkinkan anak-anak dapat membawanya dengan mudah kemana saja. Harganya juga lebih terjangkau loh, cukup dengan Rp. 660,000,- kita bisa memiliki satu buah boneka sesuai yang diinginkan oleh anak.

Direktur Al Qolam, Ayu Palupi menjelaskan, “Ini salah satu inovasi dari boneka Hafiz Junior yang berbeda dari pendahulunya. Hafiz Junior secara fisik dikemas agar pas dipegang anak-anak dan mudah untuk dibawanya kemana-mana. Harapannya, Hafiz Junior bisa menjadi media anak-anak menghafal surah-surah pendek di mana pun dan kapan pun.”

Ayu Palupi menambahkan, “Peluncuran Hafiz Junior sebagai bentuk konsistensi Al Qolam dalam mewujudkan visinya membangun generasi muslim yang berakhlaqul karimah.

” Selain murottal, Hafiz Junior dibekali dengan 6 lagu anak-anak islami. Masing-masing profesi dari boneka mempunyai lagu yang berbeda-beda.

Boneka Hafiz dan Hafizah Profesi Dokter

Hafiz dan Hafizah profesi dokter terdapat lagu Al Qolam for Kids, Mengenal Allah, Mari Sholat dan Baca Al Quran, Belajar Mengenal huruf Hijaiyah, Mengenal Harakat, serta Belajar Menyambung 2 Huruf.

Boneka Hafiz dan Hafizah Profesi Pilot

Sedangkan pada Hafiz dan Hafizah profesi Pilot, terdapat lagu Al Qolam for Kids, Doa Ilmu yang Bermanfaat, Doa Sebelum Tidur, Doa Untuk Orang Tua, Membaca Bacaan Panjang 2 Harakat, serta Belajar Membaca Dengan Huruf Harakat Tanwin.

Lagu-lagu ini diharapkan dapat mempermudah anak-anak dalam mempelajari Al Quran dan Islam dengan menyenangkan. Karakter Hafiz dan Hafizah yang merupakan anak laki-laki dan perempuan berusia sekitar 9 tahun dipilih sebagai gambaran ideal anak-anak muslim pecinta Al Quran.

Selain fasih membaca Al Quran, karakter Hafiz dan Hafizah digambarkan sebagai anak yang berpengetahuan luas dan berpikiran terbuka. Selain Hafiz Junior, pada pertengahan tahun lalu, Al Qolam juga meluncurkan produk bernama Smart Hafiz sebagai media audio visual bagi anak yang juga dapat digunakan untuk berkaraoke.

Produk ini bertujuan sebagai pengganti gadget untuk anak, di mana kontennya sulit untuk dikontrol oleh para orangtua. Terdapat lebih dari 300 konten edukatif berupa kisah para nabi, belajar membaca Al Quran, video animasi, lagu-lagu anak, dan sebagainya.

“Diharapkan produk-produk edukatif dari Al Qolam ini bisa menjadi pilihan bagi para orangtua untuk menemani anak-anak belajar mengenal Islam dan Al-Quran tanpa mengesampingkan kebutuhan mereka untuk tetap bermain,” tutup Ayu Palupi.

Tentang PT Hidayah Insan Mulia (Al Qolam)

Sejak 2008, Al Qolam secara konsisten mengeluarkan berbagai produk inovatif dan edukatif untuk kebutuhan masyarakat Muslim, seperti seri Smart Quran (versi cetak) dan Al Quran Digital Talking Pen untuk kategori Mushaf Al Quran.

Hafiz Talking Doll

Sedangkan kategori anak-anak pada tahun-tahun sebelumnya Al Qolam telah meluncurkan produk yang banyak diminati masyarakat seperti 3 seri Hafiz Talking Doll, di mana versi terakhir dengan konten bilingual (Inggris–Indonesia). Berbagai macam produk Al Qolam telah mendapatkan sertifikat tashih atau legalitas dari Departemen Agama RI.

Al Quran Digital untuk anak.

Karena inovasinya dalam produksi Al Quran Digital Talking Pen, pada 2016, Al Qolam mendapat penghargaan sebagai TOP Brand dan Digital Popular Brand. Sebelumnya, pada 2014 Al Qolam berhasil meraih penghargaan ReBi (Rekor Bisnis) untuk bidang yang sama. Al Qolam juga memecahkan Rekor Dunia dari Museum Rekor Dunia-Indonesia pada 2013 dan Rekor Indonesia 2010 sebagai produk Al Quran inovatif.

Hal ini selaras dengan visi Al Qolam: “Menjadi perusahaan teknologi yang berorientasi untuk membangun generasi masa depan berakhlaqul karimah dan cerdas.” Dan guna mencapai visi tersebut, Al Qolam mempunyai misi:

1. Menghadirkan produk-produk yang bermanfaat untuk pengembangan khazanah, intelektual, dan pengetahuan generasi Muslim

2. Menciptakan produk-produk yang inovatif untuk memudahkan masyarakat mempelajari Al-Quran

Mama buruan beli Boneka Hafiz Junior Pilot buat Azzam (Pict.by Mira Utami)

Benar-benar membantu orangtua dalam mengenalkan dan juga mencintai Al-Quran sedini mungkin bagi anak-anak. Saya sedikit menyesalkan, kenapa tidak sejak dulu membeli boneka ini untuk Azzam.

Tidak ada kata terlambat dalam memberi yang terbaik bagi anak, terutama di bidang pendidikan. Apa bunda sudah memiliki Boneka Hafiz atau Hafiz Junior di rumah?

Spread the love

4 thoughts on “Belajar Mengenal Al-Quran Sejak Dini Dengan Boneka Hafiz Junior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *