Layanan Care Center 1500400 dari BPJS

Posted on

Hari ini kita bahas mengenai kesehatan yuk bersama Mama Azzam, buat kalian seberapa penting sih jaminan kesehatan keluarga? Pasti sudah merasa aman dengan memiliki asuransi kesehatan ataupun jiwa ya.

Tapi apa kalian sudah terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan? Jangan-jangan belum ya… atau belum tahu BPJS itu apa, dan bagaimana cara mendaftar menjadi peserta dari BPJS kesehatan.

Kenalan dulu yuk dengan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa. (sumber www.bpjs-kesehatan.go.id)

Jadi, buat kita-kita yang tidak memiliki pekerjaan, baik itu di pemerintahan atau swasta tetap bisa kok menjadi peserta BPJS kesehatan. Dengan syarat mendaftar terlebih dahulu ya 🙂 .

Apa masih belum berminat mendaftar karena berfikir kalau pendaftarannya sulit dan berbelit? Yuk mendaftar secara online dengan hubungi 1500400, cara mudah mendaftar JKN-KIS tanpa harus ribet pergi ke kantor BPJS Kesehatan.

Acara “Ngopi Bareng JKN” membedah 1500400 yang tersambung dengan sosial media dalam melayani kebutuhan Peserta JKN-KIS.

Sejujurnya, saya juga belum mendaftar menjadi bagian peserta BPJS kesehatan loh 🙂 karena saya merasa hanya sebagai ibu rumah tangga yang penghasilannya tidak tetap dan juga merasa sehat.

Tetapi setelah mendengar penjelasan dan juga mengetahui adanya  Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400, yang memberi solusi pendaftaran JKN-KIS tanpa antri bagi masyarakat luas, saya menjadi tertarik dan ingin secepatnya mendaftarkan diri juga keluarga menjadi peserta JKN-KIS.

Apa sih Care Center 1500400

Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 adalah pusat informasi dan pengaduan, juga sebagai salah satu alternatif kanal pendaftaran peserta mandiri.

Dr. Upik Handayani yang menjelaskan tentang Layanan Care Center 1500400.

Dr. Upik Handayani Asstisten Deputi Pengendali Mutu Bidang Pelayanan BPJS Kesehatan mengatakan bahwa Layanan Care Center 1500400 bukan hanya sekedar call center loh, tetapi merupakan Layanan dari BPJS Kesehatan Care Center yang memanjakan peserta JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan dari BPJS, bahkan pendaftaran bisa dirumah, sampai kartu pun dikirim sampai ke alamat peserta.

Sangat disayangkan kalau kita tidak mengoptimalkan Layanan Care Center 1500400 ini loh, karena berdasarkan survey, Kantor Cabang BPJS Kesehatan masih menduduki peringkat teratas sebagai kanal pendaftaran JKN-KIS pilihan masyarakat.

Hal tersebut menyebabkan selalu padatnya antrian di sejumlah Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Padahal BPJS Kesehatan sebenarnya telah menyediakan berbagai alternatif pendaftaran yang jauh lebih praktis, seperti melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400, website BPJS Kesehatan, Mobile JKN, Kader JKN, dan sebagainya.

Aplikasi Mobile JKN

“Banyak masyarakat yang jauh-jauh datang ke Kantor BPJS Kesehatan sekedar untuk mendaftar. Padahal itu bisa dilakukan cukup lewat telepon ke 1500400. Dengan layanan tersebut, daftar jadi peserta JKN-KIS pun jadi lebih praktis tanpa antri. Bahkan, jika sudah jadi kartunya pun nanti akan dikirimkan ke alamat rumah peserta,” ungkap Asisten Deputi Bidang Pengendali Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan Upik Handayani, dalam acara Ngopi Bareng JKN bertema Lebih Dekat dengan BPJS Kesehatan, Rabu (14/02).

Mendaftar BPJS Kesehatan

Beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh calon peserta sebelum mendaftar lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500400 antara lain :

1. Nomor Kartu Keluarga
2. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3. Nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri)
4. Nomor handphone
5. Alamat email
6. Alamat domisili/tempat tinggal (untuk pengiriman kartu).

Setelah persyaratan tersebut siap, calon peserta dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 dan dilayani oleh Agent Care Center untuk langsung mendaftar, dan kartunya langsung dikirim kerumah masing-masing.

“Rekaman pembicaraan antara calon peserta dengan Agent akan menjadi bukti pendaftaran. Oleh karenanya, pastikan untuk tidak menutup pembicaraan sebelum ada konfirmasi dari Agent Care Center bahwa proses pendaftaran telah selesai dilakukan,” terang Upik.

Selanjutnya, Nomor Virtual Account (VA) akan dikirim ke nomor handphone atau email calon peserta. Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan. Peserta yang mendaftar via BPJS Kesehatan Care Center 1500400 wajib melakukan pembayaran iuran pertama ke bank dan menandatangani persetujuan untuk menggunakan mekanisme autodebet untuk pembayaran iuran selanjutnya. Jika peserta sudah melakukan pembayaran pertama, BPJS Kesehatan pun akan mengirimkan kartu JKN-KIS ke alamat yang diinformasikan peserta pada saat mendaftar.

Pada kesempatan tersebut, Upik juga menjelaskan bahwa dalam hal penyediaan informasi dan penanganan pengaduan peserta, BPJS Kesehatan Care Center juga terintegrasi dengan sejumlah media sosial BPJS Kesehatan, seperti Twitter dan Facebook. Ke depannya, masyarakat juga bisa menyampaikan pertanyaan dan pengaduan melalui Instagram.

Berdasarkan data, sampai dengan 9 Februari 2018, jumlah peserta JKN-KIS sudah mencapai 192.492.151 jiwa atau lebih dari 74% dari total penduduk Indonesia. Dalam hal memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan sudah bekerja sama dengan 21.763 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Puskesmas, Dokter Praktek Perorangan, Klinik Pratama, RS Kelas D dan Dokter Gigi), 2.292 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (Rumah Sakit dan Klinik Utama), serta 2.937 fasilitas kesehatan penunjang seperti apotek dan optik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Carles Bonar Sirait memberikan apresiasi kepada orang di balik telepon Care Center.

Ada public figure Carles Bonar Sirait hadir di acara Ngopi bareng JKN kali ini, beliau memberi apresiasi yang positif dari Layanan BPJS Care Center 1500400 , dan merasa terkagum-kagum kepada kinerja SDM orang di balik Care Center.

Mereka mampu konsentrasi dalam menjawab semua pertanyaan maupun keluhan dari pelanggan dan peserta JKN-KIS, bahkan menerima cacian pada saat pengaduan.

Iwan Setyawan, blogger kawakan yang menjadi Inspirasi banyak orang.

Psst, karena acara ini bertujuan untuk menginspirasi dan juga menginformasikan tentang Layanan Care Center 1500400, ada blogger kawakan Iwan Setyawan disini, memberi ilmunya bagaimana caranya Blogger bisa mempengaruhi masyarakat untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS dengan karya tulisan kita.

“Menulislah dengan gaya bahasa yang berbeda dengan orang lain, sehingga orang tertarik dan terpengaruhi (secara positif) pada apa yang kita tulis”, ungkap Iwan Setyawan.

Sangat penting untuk mengasah kemampuan kita dalam menulis, terlebih  saar bisa membawa dampak yang luas dan memberi pengaruh positif.

Sekarang jangan ragu lagi ya untuk hubungi Layanan BPJS Care Center 1500400, selain  untuk mendaftar bisa kok bertanya banyak hal mengenai kesehatan atau konsultasi secara langsung dengan dokter disini.

Spread the love

14 thoughts on “Layanan Care Center 1500400 dari BPJS

  1. Noted. aku juga belum nih jadi peserta BPJS, tadinya masih ragu karena marak beredar informasi hoax di luaran sana. tapi baca ini dan mengetahui langsung dari sumbernya. oke deh mulai tertairk aku

  2. kecee… itu serius kan ga harus dateng ke kantor cabang lagi… Hiks pengalaman terakhirku mau daftar BPJS itu kudu dateng subuh subuh buat ambil nomor antrian…

  3. Informasi mengenai care center dari BPJS ini harus bgt nih di sebarluaskan, daftar gak perlu cape-cape ke kantornya ya mb, padahal bisa lewat tlp aja

  4. Waah… kalo ada layanan call center dan aplikasinya, BPJS jadi semakin dekat ke masyarakat ya. Alhamdulilah saya sudah menjadi peserta BPJS, untuk berjaga2 aja sih, sehingga ga terlalu repot kalo tiba2 sakit. Yah walaupun tetap berdoa dan berusaha menjaga kesehatan. Makasih tuk sharing infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *