Menciptakan Waktu Berkualitas Bersama Anak

Posted on

Pagi hari di hari Minggu yang cerah, Mama Azzam sudah sibuk mencuci pakaian, sambil menemani Azzam yang sibuk dengan segala permainan juga aktivitas yang membuatnya senang.

Mama cuci pakaian, Azzam main masak-masakan.

Meskipun hasil akhirnya adalah kapal pecah, karena rumah dari ujung ke ujung yang ada adalah mainan Azzam berserakan kemana-mana. Namun ini bukanlah masalah, karena itu adalah cara Azzam belajar dan berkreasi. Kalau ini jangan diambil pusing, mendingan ikut main bersama anak 🙂 .

Kegiatan seperti ini sebenarnya adalah suatu rutinitas sehari-hari yang selalu dilakukan kalau Mama Azzam ga ada undangan event 🙂 . Maklumlah, ibu rumah tangga memang tugasnya selalu full dan tanpa jeda.

Untuk menghindari kebosanan yang seringkali terjadi saat menjalani rutinitas yang berulang dengan terus menerus, saya biasanya selalu mengawali pagi hari dengan beragam kegiatan, misalkan di hari Senin setelah sholat subuh hal pertama yang saya lakukan adalah memasak, di hari Selasa saya membersihkan ruangan, di hari Rabu mencuci dan hari lainnya melakukan beragam kegiatan yang berbeda dari hari sebelumnya.

Bersyukur sekali saya mengenal dunia blogger, dan buzzer sehingga memiliki kegiatan lain yang selain memberi tambahan keuangan,  juga memberi tambahan kegiatan yang bisa membuat pikiran saya lebih segar dan selalu produktif.

Menciptakan Waktu Berkualitas Bersama Anak

Sebagai ibu setiap hari kan sudah ada di rumah, masa iya kualitas kebersamaannya ga ada. Tetapi karena rutinitas yang seperri lingkaran, terkadang kita lupa bahwa anak kita membutuhkan perhatian dan kegiatan bersama yang berkualitas.

Apa saja sih yang bisa kita lakukan bersama anak dan menjadi memori momen berkualitas baginya, ini beberapa hal yang saya lakukan bersama anak saya:

  1. Menonton bersama, setiap waktunya menonton film kartun kesukaan Azzam, saya selalu ada di sampingnya. Selain itu dapat mengawasi apa saja yang dilihat, dirasa dan didengar oleh anak saya.
  2. Ngobrol berdua, ini penting untuk mengetahui kondisi mood-nya hari itu, apa dia sedang senang, sedih, kesal atau yang lainnya.
  3. Makan bersama di meja makan, ini bertujuan untuk membiasakan anak tata krama dan membuat saya selalu berkreasi dalam memasak, biar anak tidak bosan dan ingat mama-nya pintar memasak 🙂 .
  4. Membiarkanya melakukan eksplorasi pada apapun yang ada di sekitarnya. Saya tidak pernah melarang anak saat bermain hujan, pasir, tanah, memanjat pohon atau memainkan peralatan dapur. Biarkan dia mengenal banyak hal mengenai lingkungan sekitarnya, siapa tahu Azzam mendapatkan hobby-nya dari permainan yang selalu dilakukan.
  5. Mengikut sertakan anak dalam kegiatan yang kita lakukan, seperti mencuci, memasak maupun menulis 🙂 ini saya lakukan agar anak bisa menghargai apa yang dilakukan orangtuanya.
Ikutan kegiatan memasak, anak jadi lahap makan masakan ibunya.

Tidak perlu harus berlibur ke wahana bermain atau ke mall untuk menciptakan waktu berkualitas bersama anak kan ya, bahkan hanya sekedar dirumah bisa menjadi istana bermain yang menyenangkan.

Bahasa keren zaman now bounding antara orangtua dan anak 🙂

Ini Azzam dan Mama

Bounding  adalah suatu ikatan hasil dari suatu proses interaksi terus-menerus antara anak dan orang tua yang bersifat saling mencintai serta memberi keduanya pemenuhan emosional dan saling membutuhkan.

Selain itu, bisa membentuk karakter anak saat dewasa. Ingat ya, rumah adalah sekolah utama bagi anak, jadi orangtua harus bisa menjadi guru favorit dan kesayangan anak. Jangan sampai anak lebih senang berada di luar rumah bermain dan berkumpul dengan orang-orang yang tidak kita kenal.

Zaman sekarang semakin menyeramkan, banyak kejahatan mengintai anak kita. Selalu lindungi keluarga dengan jalan yang terbaik ya 🙂 .

 

Spread the love

20 thoughts on “Menciptakan Waktu Berkualitas Bersama Anak

  1. Ga apa2 anak kita ngerecokin masak mba. Dia jadi tahu semuanya. Kita arahin aja, jangan pernah dilarang, Kecuali yang berbahaya. Sukses dan selamat mendidik anak dengan waktu kita yang paling berkualitas. Jarang kita bisa me time sama anak Sepanjang Hari, manfaatkan benar2 ya Mba.

  2. Membiarkan anak bereksplorasi memang salah satu cara melatih anak mandiri dan aktif klo buat aku mbak. Jadi bebas berekspresi dia heheh. Walau rumah berantakan tetap hati mamak senang ya mba

  3. Penting banget yah bun menciptakan waktu berkualitas bersama si kecil. Karena aku kok ngerasa AL semakin besar makin sering main sama teman nya.hiks,,hiks,,hiks.

  4. setujuuu. menyediakan waktu khusus untuk bonding bersama anak iti penting banget ya mbaaak. karena masa kecil mereka kan ngga akan keulang lagi, jadi harus kita isi dengan hal hal membahagiakan sebanyak-banyaknya yaaa

  5. Bener ya, seru memasak bareng anak-anak. Liburan jadi menyenangkan dan gak harus ke tempat wisata mahal. Tapi biasanya abis masak2 sama anak, berantakannya nambah, tapi tetep hepi

  6. Hiya, I’m really glad I’ve found this info. Today bloggers publish only about gossips and net and this is actually frustrating. A good website with interesting content, that is what I need. Thank you for keeping this website, I will be visiting it. Do you do newsletters? Can’t find it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *