Cara Aman Bikin Cantik Matamu

Halo, Mama Azzam kali ini mau membahas mengenai kecantikan mata, yang sangat menjadi perhatian bagi semua orang. Mata sehat dan jernih, ¬†siapa yang tidak akan melirik ūüôā .

Mata adalah jendela hati seseorang, bahkan saat jatuh cinta pasti ada ungkapan “dari mata turun ke hati”. Sehingga banyak orang, terutama perempuan ingin sekali memiliki mata sempurna yang indah.

Mata besar dengan kelopak mata sempurna dan bulu mata yang lentik, impian banyak perempuan di dunia.

Ada pembahasan menarik di arisan ibu-ibu RT yang beberapa minggu menjadi pembahasan hangat, yaitu keriting bulu mata dan operasi plastik lipatan mata atau double eyelid. 

Keriting Bulu Mata

Biasanya perawatan ini dilakukan oleh beberapa perempuan dengan tujuan memangkas waktu untuk berdandan. Kalau sudah berhasil melakukan keriting bulu mata maka tidak perlu lagi repot-repot untuk jepit bulu mata.

Ibu-ibu arisan RT bahkan ada yang sampai pesan satu salon untuk melakukan perawatan bersama-sama agar tampak lebih menarik.

Proses keriting bulu mata

Saya pernah bekerja di salon selama satu tahun, jadi saya tahu bagaimana proses dari perawatan yang satu ini.

Kisaran perawatan yang satu ini dari Rp ¬†45.000 – 65.000 untuk sepasang mata ya ūüôā kan mata kita ada dua.

Proses Keriting Bulu Mata
* Dimulai dengan pembersihan mata dan bulu mata.
* Lalu mata diberi obat keriting.
* Mata di jepit dengan bantalan dan di beri lem perekat.
* Tunggu sekitar 30 menit, lalu bulu mata bisa di bersihkan.
* Bulu mata lentik akan bertahan selama 2-3 bulan, tergantung obat keriting yang diberikan.

Hasil dari keriting bulu mata

Di balik kecantikan ini, ada bahaya yang mengintai loh. Dengan penggunaan obat keriting yang tidak sesuai atau sembarangan, bisa mengakibatkan iritasi mata bahkan sampai kerusakan mata.

Operasi Plastik Lipatan Mata 

Oculoplasty adalah suatu tindakan bedah plastik mata dan tumor. Tujuan dari bedah plastik mata adalah untuk meningkatkan fungsi dan penampilan mata.

Untuk melakukan tindakan oculoplasty, Dokter spesialis mata yang bisa melakukannya adalah dokter yang memiliki keahlian bedah plastik mata, dan akan melakukan tindakan bedah plastik apabila indikasinya jelas dan niat pasien sudah bulat.

Konon di Negara Korea Selatan, hadiah kelulusan bagi anak sekolah adalah operasi plastik lipatan mata berupa double eyelid, ha ini dilakukan agar kelopak mata mereka memiliki lipatan dan terlihat lebih belok atau lebar.

Mata indah Raisa

Bagi kita perempuan Indonesia, yang memiliki mata indah yang besar dengan lipatan mata yang sempurna, harus bersyukur tidak perlu bersusah payah untuk memiliki mata seperti Raisa (penyanyi Indonesia).

Bagi perempuan yang memiliki mata sipit, atau bahkan tidak memiliki lipatan mata, mereka akan berupaya bagaimana caranya untuk memperbaiki kekurangan mereka. Meski itu harus melalui proses operasi plastik.

Ada beberapa permasalahan dan keluhan yang membuat banyak perempuan mau untuk melakukan proses operasi plastik lipatan mata atau double eyelid, operasi kelopak mata, kelopak mata tidak simetris (asimetris), kelopak mata turun, dan sulam lipatan mata.

Berbincang secara langsung, dengan dokter spesialis mata Dr. Ardining R. Sastrosatomo, SpM. ahli Ophthalmologist yang praktek di Klinik Mata Utama JEC Cibubur, dengan alamat Jl. Raya Alternatif Cibubur no. 1, Bekasi (tepatnya di depan Giant Cibubur).

Dr. Ardining R. Sastrosatomo, SpM. ahli Ophthalmologist

Saya membahas tentang maraknya fenomena operasi plastik kelopak mata ini di sela kesibukannya menangani 50 pasien yang bermasalah dengan mata mereka.

Dr. Ardining R. Sastrosatomo, SpM. menjelaskan, untuk melakukan suatu tindakan Oculoplasty perlu pemeriksaan terlebih dahulu, untuk menghindari beragam resiko yang bisa terjadi setelah proses operasi.

3 Syarat Aman Melakukan Double Eyelid

Bagaimanapun juga, untuk melakukan suatu tindakan operasi, terlebih oculoplasty memiliki syarat untuk mendapatkan hasil yang bagus dan aman.

  1. Pilih klinik dengan lisensi dan tempat yang steril dan terjaga higienitas-nya.
  2. Memiliki dokter spesialis yang ahli di bidangnya.
  3. Melakukan pemeriksaan sebelum operasi, apa ada penyakit darah tinggi, atau diabetes. Karena operasi tidak bisa dilakukan apabila ada indikasi penyakit ini.

Mata sehat seharusnya menjadi faktor utama dalam eye care atau perawatan mata, dan sudah seharusnya melakukannya di dokter mata yang memiliki lisensi.

Klinik Mata Utama JEC @ Cibubur

JEC memiliki banyak dokter spesialis mata, seringkali mendapatkan pasien yang mengalami beragam permasalahan mengenai mata. Bahkan menerima pasien rekonstruksi mata.

Alih-alih mendapatkan mata sehat dan cantik, malah mendapat bencana seperti cacat pada kelopak mata, atau bahkan kebutaan.

Menurut Dr. Ardining, tindakan operasi kelopak mata terbagi menjadi dua macam yaitu tindakan medis dan tindakan kosmetik atau estetika kecantikan.

Pada tindakan medis, operasi mata diperlukan untuk memperbaiki fungsi mata. Misalnya, jika kelopak mata ini mengganggu penglihatan maka perlu dilakukan tindakan operasi kelopak mata.

Dari segi kosmetik, sebaiknya agar operasi ini dilakukan oleh dokter yang berkompeten di bidangnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat operasi kelopak mata dari segi kosmetik.

Misalnya mengurangi lemak pada bagian eyelid. Tidak seharusnya mengurangi seluruh lemak yang ada pada kelopak mata bawah. Karena jika diambil semuanya, maka efeknya akan mengubah bentuk mata.

Mengubah bentuk mata, adalah membuat cekungan pada bagian bawah mata. Lemak yang ada pada mata di sini sangat diperlukan sebagai bantalan bola mata. Di sisi lain, lemak ini juga akan mengerut atau disebut Atrophy karena faktor usia.

Tak hanya itu saja, tindakan untuk kosmetik pun harus dilakukan oleh ahlinya. Karena jika salah, maka akan terjadi pendarahan atau justru merusak jaringan mata itu sendiri.

Banyaknya perempuan yang ingin melakukan operasi kelopak mata, menyebabkan berjamurnya salon kecantikan yang memberi penawaran untuk melakukan double eyelid atau operasi lipatan mata.

Tapi apa sudah siap dengan resiko yang akan didapat, karena pergi ke tempat yang tidak seharusnya?

Memang klinik kecantikan memberikan penawaran harga jauh sekali di bawah harga yang ada di Klinik Mata yang resmi, tetapi jika taruhannya adalah kebutaan atau cacat pada mata?

Resiko Melakukan Perawatan Mata Yang Tidak Sesuai Prosedur Kesehatan Mata

Saat melakukan operasi, kita juga harus siap menerima segala risiko yang bisa terjadi akibat operasi kelopak mata.

Risiko yang mungkin dapat terjadi yaitu:
* Terjadi infeksi.
* Pendarahan.
* Mata kering atau teriritasi.
* Sulit menutup mata.
* Terdapat luka pada mata.
* Otot mata cedera.
* Perubahan warna kelopak mata.

Ada baiknya kita bisa mensyukuri apa yang telah Allah SWT berikan kepada kita, merawat dan menjaga mata adalah keharusan, tapi mengubahnya hanya untuk kecantikan yang semu. Lebih baik di tempat yang berlisensi dengan dokter spesialis yang ahli dibidangnya.

Klinik Mata Utama JEC Cibubur

Kenal lebih dekat yuk dengan JEC (Jakarta Eye Center).

Klinik Mata Utama JEC @Cibubur

JEC adalah Rumah Sakit spesialis mata yang telah memiliki standar layanan internasional. Kami memiliki misi dan komitmen untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pelayanan kesehatan mata. JEC juga selalu berupaya untuk bisa menjadi yang terdepan dalam pelayanan kesehatan khususnya buat pasien yang mengalami gangguan mata.

JEC berkembang menjadi rumah sakit mata yang kini melayani tujuh layanan gangguan kesehatan mata. Tujuh layanan tersebut di antaranya sebagai berikut:
1. Katarak & Bedah Katarak Service (LASIK & Transplantasi Kornea)
2. Vitreoretina Service
3. Glaukoma Servce
4. Okuloplasti Service (Bedah Plastik Mata & Tumor Mata)
5. Lensa Kontak Service
6. Children Eye & Squint Clinic
7. Low Vision Care

Pasien akan mendapatkan penanganan dari dokter spesialis mata profesional yang tentunya sudah punya pengalaman dan jam terbang tinggi di bidangnya.

Didukung oleh staf yang andal dan terampil serta fasilitas dan saran kesehatan mata terlengkap dan memadai.

Klinik Mata Utama JEC Cibubur yang bertempat di Jl. Raya Alternatif Cibubur, merupakan klinik yang tidak terlalu besar, namun dalam satu hari bisa menangani hingga 50 pasien setiap dokternya.

Fasilitas JEC @Cibubur

Berdasarkan keterangan Dr. Ardining, JEC Cibubur banyak di datangi pasien karena melayani pasien dengan kartu BPJS.

Selain itu, fasilitas yang nyaman dan juga lengkap menjadi pertimbangan utama juga loh. Hmm saya jadi berfikir untuk melakukan perawatan mata.

Eits, bukan untuk lakukan operasi plastik kelopak mata loh, tapi untuk memeriksa kesehatan mata, bukankah merawat lebih baik daripada mengobati ?

Sudahkah memiliki mata sehat?

Pssst,,tulisan ini dibuat atas inisiatif saya sendiri bukan pesanan sponsor ūüôā

Karena banyak orang, terutama perempuan abai pada kesehatan mata hanya karena ingin terlihat lebih cantik. Pesan saya, kalau mau berobat mata, pergi ke tempat yang sudah terbukti kualitasnya dengan dokter yang benar-benar ahli di bidangnya ya.

22 Replies to “Cara Aman Bikin Cantik Matamu”

  1. Waah… Perlu nih periksa Mata. Biar mata terawat. Jangan pas lagi Sakit aja baru periksa ya. Semoga terus sehat Mata kita. Pastinya Mata Mba Annisa tetap tsantiiiik… Hahaha… Ulasan yang bermanfaat buat Orang banyak.

  2. waaahhh baru tahu mbak keriting bulu mata itu dibegitukan ūüėÄ padahal udah sering wara wiri di salon ngelihat itu tulisannya. iya, sebaiknya cek kesehatan mata itu berkala ūüôā

  3. kalau mataku suka aneh sih kadang kunang2 abis bangun tidur, tapi lagi naksir sama eyeliner hitam yang buat di kelopak mata tuh kelihatan banget tajam mata nya. Cuma masih takut mengaplikasikan ke mata. Nah kalau ke dokter begini mahal ga ya?

  4. Aku kok malah ngeri ya ngebayangin bulu mata dikeriting… Hihihi… Hasilnya bagus sih emang tapi… Serem ah…

    Btw periksa mata ini berarti kudu dijadwalkan secara rutin kaya periksa gigi mungkin ya…

  5. Eh bisa ya, bulu mata lentik 3 bulan? Bulu mata saya merunduk banget, ngk ada lentiknya, hehe.. Tapi emang dari mata turun ke hati, biasanya ngobrol sm orang yg matanya sehat, menyenangkan banget.

  6. emang ya kalau urusan mata tuh krusial banget. harus cek dan ricek dulu sama cari tempat yang beneran concern dan terpercaya. mamaci infonya mbaaa
    jadi pengen periksa mata juga hahaha

  7. Saya paling serem klo disuruh2 operasi. Ada 1 cara dari saya untuk membentuk eyelid secara alami tanpa operasi : pakai scott, tempelan yang biasa dipakai MUA. Saya waktu kuliah pakai itu tiap hari dan sekarang tanpa pakai tempelan tersebut sudah ada eyelid nya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *