Tantangan Bagi Talenta Muda Indonesia

Posted on

Ada yang seru nih buat para pecinta dunia digital, apalagi bagi kalian yang faham dengan teknologi dan menyukai tantangan.

Sudah pasti kalian mengenal Indosat Ooredoo kan,salah satu perusahaan provider telekomunikasi digital terbesar di Indonesia? Tahun ini Indosat Ooredoo kembali menyelenggarakan ajang IWIC ke-11 dengan tema “Digital Nation”

Apa yang dimaksud dengan IWIC

IWIC adalah Indosat Wireless Inovation Contest, sebuah kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Indosat Ooredoo sejak 10 tahun yang lalu sebagai ajang kompetisi inovasi di bidang digital, yang bertujuan menumbuhkan, mengembangkan dan menemukan minat-minat baru dunia digital dikalangan generasi muda yang kreatif.

Kalau kata Digital Nation, apa ada yang masih belum paham? Saya coba jelaskan ya, “Digital Nation” adalah suatu bangsa yang melek dan paham pada digital atau teknologi.

Indosat Ooredoo merasa bahwa negara Indonesia merupakan Digital Nation, karena mayoritas penduduknya sudah faham akan kemudahan dan peran dari teknologi. Akan lebih baik jika talenta muda yang ada bisa dibimbing dan diarahkan untuk lebih berkembang.

Jakarta, 25 September 2017 -Digiplanet Medan Merdeka, saya berkesempatan menghadiri acara launching IWIC ke-11 dengan tema “Digital Nation”.

Launching IWIC ke 11, 25 September 2017

IWIC ke- 11

Event Digital Nation yang diusung IWIC tahun ini mengajak generasi muda Indonesia dan juga dunia untuk berkompetisi menciptakan ide dan aplikasi yang tidak hanya akan bermanfaat di negaranya sendiri, tapi juga dapat bermanfaat dan berguna untuk masyarakat secara global.

IWIC menjadi solusi yang hadir di tengah tingginya tren penggunaan aplikasi mobile Indonesia, dan ajang ini tidak mengenal gender maupun usia loh.

Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat Ooredoo

Dalam sambutannya di acara press conference, Alexander Rusli, selaku President Director & CEO Indosat Ooredoo mengatakan, “Tahun ini Indosat Ooredoo tepat berusia 50 tahun. Di usia 50 tahun, Indosat Ooredoo ingin menegaskan kembali komitmennya dalam mewujudkan Indonesia Digital Nation melalui visi Indosat sebagai perusahaan digital terkemuka di Indonesia. Kompetisi IWIC ke-11 ini merupakan ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang mobile pertama dan secara konsisten dilakukan sejak 10 tahun yang lalu. IWIC mengundang para talenta muda digital di Indonesia dan juga di negara-negara lain untuk berkompetisi ide, kreatifitas, serta inovasi digital untuk mempermudah hidup masyarakat”.

Selama sepuluh tahun penyelenggaraan, IWIC telah berhasil mengumpulkan lebih dari 10.703 proposal ide dan aplikasi digital dari anak bangsa yang kreatif. Bahkan beberapa dari karya inovatif pemenang IWIC telah dinikmati oleh masyrakat luas saat ini.

Selain mengambil tema Digital Nation, IWIC ke-11 tahun ini juga menjadi ajang perkenalan developer dengan API (Application Programming Interface ) Indosat Ooredoo, yang merupakan perangkat fungsi dan protokol untuk membangun aplikasi perangkat lunak.

API yang disediakan Indosat Ooredoo memberikan akses lebih cepat terhadap sebuah aplikasi untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan. Tak tanggung-tanggung Indosat Ooredo menargetkan IWIC tahun ini dapat menjaring 10.000 proposal dan aplikasi digital.

Pemenang IWIC tahun lalu

Alexander Rusli dan Fakhry Muhammad Rosa

Tahu ga sih, ternyata salah satu pemenang IWIC ke-10 adalah seorang disabilitas, penyandang tunanetra.

Sebagai pemenang di Special Category, Youth with Disabilities – Idea, Fakhry Muhammad Rosa, dengan hasil karya Object Identfier.

Ia bercerita, bahwa sebenarnya saat mengikuti IWIC hanya sekedar iseng karena diajak teman, dan tidak nyangka kalau idenya dalam membuat aplikasi yang dapat membantu para tunanetra, terpilih sebagai pemenang IWIC ke-10

Fakhry membuat aplikasi yang membantu penyandang tunanetra, dengan menggunakan kamera smartphone, penyandang tunanetra bisa mengetahui benda yang ada dihadapannya. Cara kerja aplikasinya sangat sederhana, gambar yang diambil melalui kamera smartphone akan dicocokan dengan database, kemudian akan diolah informasinya dan dijadikan objek suara bagi pengguna.

Penasaran bagaimana cara ikut serta berpartisipasi di IWIC ke-11

Program IWIC ke-11 terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
1. Kids & Teens
2.Beginner
3. Professional
4. Women & Girls
Kategori-kategori tersebut akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Entertainment, Utility, Media (Social media, chatting, ebook) dan juga Special Needs. Para peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk sistem operasi android, iOS, dan windows mobile.

IWIC ke- 11 juga dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan roadshow dan gathering komunitas, hackathon, dan bootcamp menjelang grandfinal IWIC. Para Pemenang IWIC akan mendapatkan berbagai hadiah menarik berupa uang tunai senilai total ratusan juta rupiah serta kesempatan untuk mengunjungi berbagai perusahaan global.

Jadi, apa ada yang tertarik dengan tantangan dari Indosat Ooredoo tahun ini? Yuk share ide kalian dikolom komentar ini, siapa tahu jadi pemicu dan bisamembuat kalian jadi juara tahun ini.

Spread the love

5 thoughts on “Tantangan Bagi Talenta Muda Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *