Jadi Blogger Pilihan Juri Yuk

Pernahkah kamu merasa iri atau sebaliknya merasa terkagum-kagum saat melihat pengumuman pemenang lomba blog dengan hadiah yang keren, seperti uang tunai jutaan rupiah atau gadget keren yang kita impikan? Saya pernah, bahkan bisa terbilang selalu merasakan hal tersebut.
Selalu tanya-tanya kenapa ya saya saya tidak pernah menang gigih blog yang sekian banyak berseliweran. Apa kekurangan saya karena saya tidak pernah menang, dan bagaimana mereka bisa menjadi pemenang.

Tapi itu semua sebatas pertanyaan dan saya jarang untuk melakukan evaluasi dari tulisan blog yang saya buat selama ini. Hanya sebatas tulisan sesuai tema lomba, lalu kirim hasil tulisan.
Jakarta, 27 Agustus 2017 bertempat di Plaza Festival Kuningan, JakartaSelatan saya berkesempatan Workshop yang diselenggarakan oleh Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dan CNI dengan tema 10 Tip Cepat tentang Pemasaran Konten.

Narasumber keren yang menginspirasi dengan ilmu dan pengalamannya yaitu Niko Riansyah, Spesialis Pemasaran Digital dan Haya Aliya Zaki, Blogger & Content Writer.

Niko Riansyah, Spesialis Pemasaran Digital memberikan tips bagaimana membuat konten:

  • Baca banyak, agar bisa bisa menulis dengan baik.

Lebih banyak membaca sebagai bahan referensi, bisa di portal berita, blog, buku, YouTube, Podcast, media.com, dan akun media sosial. Agar konten marketing yang kita buat lebih bagus, menarik dan sesuai dengan yang dibutuhkan.

  • Edit, lalu pahami target audiens anda.

Cari tau target market, dan audience dari content marketing yang kita buat. Kalau di blog, kita harus tahu siapa pengunjung blog kita, agar kita bisa menyesuaikan dalam pemilihan judul juga gambar agar mereka selalu datang kembali untuk membaca postingan terbaru kita.

Kita harus tahu ketertarikan mereka apa, jadi kita bisa memilih kata kosa dan bahasa yang lebih mereka sukai,

  • Carilah konten yang relevan, terus menerus.

Buatlah content marketing yang relevan dalam pemilihan judul, tema dan foto, juga usahakan untuk masuk dalam posting, sehingga pembaca tidak lupa pada konten marketing kita.

  • Publikasikan konten jangka panjang dan gratis.

Postinglah dengan menggunakan portal yang gratis dan mudah di akses, sehingga konten yang kita buat bisa sering dilihat dan terbaca di google analitic.

  • Tidak ada copy paste

Sudah pasti ini tidak boleh dilakukan ya, karena berarti bukan murni karya kita, dan google akan mengetahui isi yang kita buat adalah hasil copy pasti dari orang lain.

  • Kreatif dan unik.

Membuat content marketing yang kreatif dan unik akan menjadi pembeda karya kita dengan karya orang lain dan juga bisa menjadi ciri khas.

  • Gunakan media sosial untuk menginformasikan, bangun dan berkomunikasi.

Usahakan media sosial yang kita miliki untuk menyebarkan postingan dan menginformasikan karya kepada masyarakat setelah kita membuat conten marketing. Jangan lupa yauntuk memberikan informasi akunmedia kita kepada mereka agar mudah dicari luaran yang ingin menghubungi kita.

  • Outsource seperlunya.

Tenaga bantuan untuk menyebarkan konten yang kita buat, dibutuhkan untuk penyebaran luaskan secara masal. Ada banyak tenaga pemasaran yang minta bantuan, hal ini dilakukan agar conten marketing yang ada lebih cepat dikenal oleh masyarakat.

  • Ukur, hitung, sesuaikan.

Kita harus yakin isi pemasaran yang kita buat sudah sesuai dengan target apa belum, selalu lakukan evaluasi target yang kita harapkan tidak tercapai. Jangan lupa untuk selalu memperbaikinya ada kesalahan atau kekurangan dari content marketing yang sudah kita posting.

Dari ilmu yang di aku mas niko adalah ” Saat kita membuat conten marketing, kita harus melek informasi, apa yang sedang atau apa target marketing kita kita bisa distribusikan dengan tepat sasaran dan sesuai harapan. Hal ini juga berlaku buat blogger agar banyak penonton dan pengunjung blog -nya “ .

Haya Aliya Zaki, Blogger & Content Writer yang sering jadi sarjana lomba blog juga memberikan trik dan tip-nya.

Bagaimana cara agar bisa menang lomba blog:

  1. Cermati semua peraturan lomba blog
  • Jumlah panjang kata

Kalau penyelenggara lomba minimal 100 kata, kata kita aja lebih dari itu. Jika kita menulis hanya 300 kata, sudah dipastikan kita akan tersingkir dan tidak dilihat untuk menilai, apalagi bisa menang.

  • Lomba lomba

Masukkan banner lomba yang kita ikuti, agar bisa terdeteksi oleh penyelenggara.

  • Baclink

Jangan lupa masukan baclink dari merek yang sedang lomba lomba.

  • Kata kunci

Banyak penyelenggara lomba atau brand yang memiliki tagline yang ingin di sebarluaskan atau dikenal oleh masyarakat luas, jadi kita harus memperhatikan kata kunci yang sering berulang dari merek tersebut.

  • Ikuti akun media sosial brand

Dengan kita sedang mengikuti media sosial brand yang sedang berlangsung, kita bisa lebih banyak informasi mengenai brang yang bersangkutan.

2. Passion

Menulislah sesuai dengan passion atau minat tulis kita, saat kita menulis dengan nyaman, ide pasti mengalir dengan lancar dan menghasilkan tulisan yang enak dibaca oleh pengunjung kita.

3. Penyelenggara Lomba atau Merk

Cari tahu siapa penyelenggara atau merk apa yang sedang lomba, bagaimana penjurian yang mereka lakukan, apa yang ada ada masalah dalam penjurian, bagaimana mereka mengatasi masalah yang terjadi?

4. 5 W + 1H

~ Siapa, siapa yang kita jadikan objek dalam tulisan

~ Apa, apa merek kita bahas?

~ Kapan, kapan kita melakukan penulisan atau riset dalam tulisan

~ Kenapa, kenapa kita menulis hal tersebut dalam blog kita

~ Dimana, dimana kita saat ini sedang atau dimana saat saat kita mengerjakan hal yang ada dalam blog kita. Sebaiknya berdasarkan pengalaman pribadi, agar berlaku apa yang kita tulis.

~ Bagaimana, bagaimana kita memulai pengalaman kita dalam bentuk tulisan, kalau kita menulis dengan nyaman, pasti pembaca ikut nyaman dalam membaca tulisan blog kita.

5. Soft Selling

  • Jujur ke pembaca kalau kita sedang mengikuti lomba
  • Pancing pembaca untuk berinteraksi
  • Akhiri dengan kalimat tanya, ajakan untuk diskusi
  • Blogwalking
  • Tidak melulu postingan lomba

6. Memperhatikan deadline lomba
Jangan sampai kita sudah bersusah payah menulis, ternyata sudah melewati tenggat waktu belum kita publish.

Yuk mulai menulis dan mengikuti lomba yang setiap bulannya pasti ada, lebih baik gagal setelah mencoba dan terus berusaha untuk belajar menjadi lebih baik, tidak pernah pernah mencoba sama sekali.

Alhamdulillah saya mendapat banyak ilmu dan ingin cepatnya mengikuti lomba blog yang sedang berlangsung, meski belum tahu akan menang atau tidak, saya akan berusaha menjadi blogger yang lebih baik.

Terimakasih kepada ISB dan CNI yang membuka peluang dan memberi ruang bagi blogger yang baru seperti saya untuk terus belajar.

CNI sebagai seponsor acara Workshop sangat memberi dukungan kepada blogger untuk meningkatkan kemampuannya dalam berkarya.

CNI merupakan bisnis MLM yang masih terus bertahan saat ini karena menerapkan digital branding pada produknya, juga sangat memilih konten terbaik untuk semua produknya.

Tahu ga sih, kalau CNI sekarang sudah bisa diakses lewat aplikasi di smartphone? Jadi, kalau mau bergabung dan ikut sukses, atau hanya dengan menggunakan produknya bisa dengan mudah kita akses dari rumah menggunakan handphone.

Cara mudah memulai bisnis CNI

Jangan ragu untuk mencari tahu dan bergabung dengan CNI, yuk kunjungi www.cni.co.id

Oleh. Anisa Deasty Malela

Email: anisa_dee007@yahoo.co.id

Twitter: @ Desty007

Instagram: @ anisa.dee

WA: 085781068275

43 Replies to “Jadi Blogger Pilihan Juri Yuk”

    1. Benar mba, asik dan sangat menambah ilmu. Saya harus banyak belajar dari mba Dewi untuk jadi blogger yg memenangkan banyak lomba.

  1. keren tips2nya, narsumnya jg kompeten lah ada mak Haya 🙂 etapi menurutku ada faktor luck alias hoki jg sih yg turut mempengaruhi. sayangnya utk faktor yg ini aku kurang bgt. huahahah. but anyway ilmunya oke banget ini. klopun bukan buat menang di kompetisi at least meningkatkan kualitas tulisan kita secara umum ^__~

    1. Iya, pengalaman juga jadi faktor utama ya mba untuk jadi pemenang lomba blog.
      Saat sering kalah, pasti akan terus berusaha memperbaiki agar bisa menang.
      Saat sudah menang, terus eksplor untuk terus menjadi juara.

    1. Mba Ria sudah hitz, kalau ikut lomba pasti bisa menang, yang penting kita mulai dengan setor tulisan untuk ikut lomba blog.

  2. Jangan menyerah kalau ikutan lomba. Menang kalah itu biasa dalam kompetisi . kalau sampai menang alhamdulliah , hadiah wow dan nama kita ada di mana mana. Semangka (semangat kakak) , pepaya (PErlu Perjuangan trus beruPAYA) ,jangan sampai ketimun (keluh KEsah TIdak karuan di fb dan Melihat keberUNtungan para pemenang)

    1. Betul mba, saya juga lagi pilih2 lomba apa yang sesuai dengan kemampuan saya dalam berpikir dan eksplor. Salah pilih lomba malah fatal nanti, takut ga nyambung.

  3. Sangat membantu sekali mbak tips dari mbak haya untuk memenangkan lomba blog, sebenarnya kadang juga suka ngiri kalau ada yang menang lomba gitu, tapi itu sekarang saya jadikan motivasi untuk terus belajar supaya bisa menang lomba

  4. Terima kasih catatannya, Mbak. Jadi bisa dapat ilmunya meski ga ikut acara ini. Tentang “Publish free, long-form content.” Ini aku masih kurang paham. Free ini maksudnya gratis yang seperti apa? Long-form content itu ada minimal jumlah kata? Mohon penjelasannya ya.

    1. Publish free maksudnya kita posting di situs yang bebas di akses oleh banyak orang mba, jangan sampai untuk bisa akses content marketing kita pengunjung ribet dengan login atau aktivasi.

  5. Sportifitas itu penting banget yach mbak. Jadi kalau ada teman kita yang menang lomba blog sedangkan kita belum, sebaiknya introspeksi diri. Ga lantas merasa gimana2 gitu ya, kata mbak Haya gitu hehehe

    1. Sangat penting yang namanya sportifitas, mengajarkan kita untuk jujur dan menerima kekalahan dan terus berusaha untuk yang terbaik.

  6. Dulu aku di awal juga gitu mbak, bertanya-tanya dalam hati kenapa artikelku ga pernah menang. Ehh sekalinya menang aku ketagihan hehe, itupun setelah banyak ngepoin artikel teman2 yang menang lomba blog dong pastinya. Ilmu konten marketing dari mas Niko ini banyak banget ya ilmu ku pun nambah dari mbak Haya tentang blog. Produktif pokoknya ikut acara ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *