Mudik dan Lebaran Aman Yuuk

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Republik Indonesia melakukan Temu Netizen ke-5 pada hari Selasa, 20 Juni 2017 dengan tema #BBMListrikLebaran yang membahas tentang Posko Nasional Kesiapan Sektor ESDM Sambut Idul Fitri 1438H.

Pada kesempatan ini kita akan mengetahui bagaimana sinergi Kementerian ESDM dengan Pertamina dan PLN dalam mengatasi permasalahan asupan BBM dan Listrik pada saat libur mudik dan Lebaran. Karena sebagaimana kita ketahui akan ada banyak permasalahan yang timbul apabila pemerintah tidak bisa mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM di jalur mudik, dan lonjakan Listrik di wilayah tujuan mudik, serta penurunan pemakaian Listrik di perkotaan akibat ditinggal mudik oleh warga ibukota.

20170620162319
(dari kanan-kir Rudi Ariffianto, Hadi M Djuraid, I Made Suprateka Yadya MM)
Pembicara yang hadir saat ini adalah Bapak Hadi M Djuraid, Staff Khusus Menteri ESDM Bidang Komunikasi, Rudi Ariffianto, Senior Officer Media Communication Upstream PT. Pertamina (Persero) , I Made Suprateka Yadya MM, Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN (Persero).

Kesiapan sektor ESDM jelang Lebaran 2017 bisa dilihat di www.ayomudik.esdm.go.id dimana Kementrian ESDM selalu siaga 24 jam untuk menjaga stok di stasiun pengisian LPG (SPBE), terminal BBM, SPBU di titik tujuan mudik, dan mendirikan posko istirahat.
Screenshot_2017-06-24-13-04-48-1
Selalu up date berita mengenai status gerakan tanah, terutama jalur mudik. Status gempa bumi dan gunung api, apabila jalur mudik kita melewati wilayah yang rawan gempa dan gunung api.

Kementerian ESDM juga memantau ketersediaan BBM dan LPG saat mudik dan Lebaran, sehingga melakukan penambahan armada mobil tangki dan tanker, menambah stok BBM di jalur mudik, menyediakan BBM kemasan.

Memantau ketersediaan pasokan Listrik, memastikan H-15 hingga H+15 tidak ada pekerjaan atau pemeliharaan yang mengganggu pasokan listrik.

Buat sobat energi (sebutan bagi Netizen yang follow Kementrian ESDM), yang akan melakukan kegiatan mudik di tahun 2017 ini, mari kita persiapkan mudik dengan baik, agar kita selamat di perjalanan, sampai dengan aman dan meninggalkan rumah dengan tenang.
Screenshot_2017-06-24-13-04-58-1

Siap Mudik dengan 6 langkah ini ya sobat :
1. Cari informasi SPBU terdekat dengan menggunakan aplikasi Pertamina GO yang bisa di download di google play store atau Apple store.
2. Cek apabila ada gangguan Listrik di layanan 123.
3. Beristirahatlah apabilah lelah mengemudi di Posko Lebaran ESDM.
4. Laporkan apabila menemukan BBM habis atau LPG langka.
5. Selalu cek potensil dan laporan bencana geologi saat perjalanan.
6. Berbagi informasi dan situasi dalam perjalanan mudik di website dan media sosial kementrian ESDM.

Screenshot_2017-06-24-13-04-53-1
Tips mudik rumah aman, mudik nyaman dari Kementrian ESDM :
• Rumah aman Listrik dengan menyalakan listrik seperlunya, matikan alat elektronik yang tidak terpakai,menjauhkan semua alat elektronik dari benda yang mudah terbakar dan cabut semua tusuk kontak yang tidak digunakan.
• Rumah aman gas dengan mencabut regulator gas, pastikan kompor dalam kondisi mati, pastikan tidak ada kebocoran gas
• Aman di SPBU dengan tidak merokok di area SPBU, dan mematikan mesin kendaraan saat pengisian BBM.
Rudi Ariffianto, Senior Officer Media Communication Upstream PT. Pertamina (Persero) mengingatkan agar saat mudik kita selalu pastikan tangki BBM kendaraan motor maupun mobil selalu terisi penuh, apabila sudah habis setengah,segera isi lagi untuk menghindari terjadinya kehabisn BBM saat mengalami atau terkena macet dalam perjalanan.

Beristirahatlah di tempat yang sudah di tentukan seperti di area-area SPBU, Pertamina juga sudah menyediakan Serambi Pertamax untuk pemudik di Cipali km 102 dan km 228. Rencananya 8 Serambi Pertamax akan ditambah dan mulai beroperasi pada 20 Juni 2017.

I Made Suprateka Yadya MM, Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN (Persero) memastikan bahwa PLN sudah mengantisipasi lonjakan beban puncak listrik di siang hari, sehingga tidak akan terjadi pemadaman akibat kurangnya pasokan listrik saat Lebaran.

Selain itu semua, pastikan saat mudik kita menitipkan rumah kepada tetangga, ketua RT atau petugas keamanan, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat kittinggal mudik nanti.

By Anisa Deasty Malela
Email : anisa_dee007@yahoo.co.id
Instagram : @anisa.dee
Twitter : @Desty007
Tlp / WA : 085781068275

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *