Quilt Workshop Bersama Kriya dan Brother Indonesia

Screenshot_2017-03-08-17-59-16-1

Museum Tekstile Indonesia, 4 Maret 2017. Terimakasih kepada Kriya Indonesia yang sekali lagi mengundang saya untuk mengikuti Workshop di Museum Tekstil  Jakarta. Saya sangat antusias mengikuti kegiatan “Quilt Workshop” dengan tema “Let’s learn to make Pillow Cover”, belajar menjahit dan membuat sarung bantal sederhana menggunakan mesin jahit Brother.

Sebelum kegiatan menjahit dimulai kami disuguhkan pecel sebagai makan siang, amunisi untuk belajar menjahit. Santap siang yang sederhana tetapi sangat lezat dan membuat saya ingin tambah lagi, semoga saya dapat undangan lagi (haduuh kok jadi curcol ya).

Mesin jahit merupakan barang mewah bagi saya, dan seumur hidup saya belum pernah saya pegang, karena selama ini saya belum pernah menggunakan mesin jahit , kalau ada celana robek atau bolong saya hanya menjahit menggunakan jarum dan benang secara manual. Selain saya tidak memiliki mesin jahit sendiri, saya berpikir pasti akan rumit dan sulit apabila menggunakan mesin jahit, selain itu seram kalau sudah lihat mesin jahit mulai beroperasi . Selain takut tertusuk jarum, ada takut kena setrum juga apabila mesin jahitnya bermesin.

Brother Indonesia

Kegiatan Workshop menjahit dimulai, saya celingukan saat melihat peserta yang lain mulai membuka bahan yang diberikan dan mulai menjahit tiap bagian kain dengan ketentuan yang sudah di instruksikan. Kami memakai mesin jahit Brother type GS2500 yang warnanya bernuansa pink, sangat cantik dan merupakan mesin jahit yang canggih buat saya, karena mesin jahit ini memiliki fitur yang sangat lengkap.

Mesin jahit Brother memiliki beragam model jahitan yang sudah di sediakan di mesinnya, bisa untuk menjahit biasa, membuat bordir, jahitan neci, obras bahkan bisa membuat lubang kancing otomatis dan di samping kirinya terdapat pemotong benang otomatis.Saya sangat tertarik untuk membelinya, karena saat itu harganya sedang diskon menjadi Rp. 1.900.000,- padahal harga normalnya di pasaran bisa Rp 2.200.000,- lebih.

20170304_125308

Mesin Jahit Brother GS 2500
 
1. Ada 25 jenis jahitan.
Memang sih kalau menjahit itu yang banyak dipakai adalah jahitan lurus. Tapi adanya beberapa jahitan variasi seperti gelombang dll bisa mempercantik tampilan baju atau kreasi yang kita buat.
2. Sistem 4 lubang kancing
Dengan hanya mengganti sepatu maka kita bisa membuat lubang kancing yang diinginkan. Ada 4 jenis jahitan lubang kancing yang bisa kita pilih sesuai dengan baju yang akan kita buat.
3. Pemasangan sepatu yang mudah.
Ada beberapa jenis sepatu yang tersedia dengan fungsi masing masing yang berbeda. Ada sepatu standar untuk menjahit lurus  dan variasi, ada sepatu untuk memasang resleting juga sepatu untuk membuat lubang kancing.
Nah untuk menganti ganti sepatu ini kita hanya tinggal menekan bagian atas sepatu untuk melepas dan menempelkan sepatu yang akan dipasang. Gampang banget kan, gak perlu pakai obeng segala.
4. Gak boros listrik
Mesin jahit Brother GS 2500 ini cuma memerlukan daya listrik sebesar 51 watt saja. Sedikit kan? Gak perlu khawatir bayar listrik mahal buat emak emak irut di masa segalanya serba naik gini.
5. Pengaturan jahitan
Ada 6 baris gigi yang bisa diatur sesuai dengan tebal tipisnya bahan yang akan kita jahit. Kita juga bisa mengatur panjang jahitan hingga 4,00 cm.
6. Built in free arm
Jadi ketika menjahit kain yang lebarnya kecil, misalnya ketika membuat tali yang berbentuk silindris, kain bisa berjalan sendiri tetap pada jahitan lurus tanpa dipegang oleh tangan.
7. Pisau pemotong benang
Di dekat area menjahit kita bisa menemukan sebuah benda yang bentuknya mirip pengait menghadap ke atas. Nah benda ini menempel pada badan mesin dan gunanya untuk memotong benang. Jadi kalau jahitan sudah selesai kita tinggal memasukkan benang ke dalam pemotong tersebut kemudian ditarik, maka benang akan putus. Gak perlu repot repot ambil gunting kan.

 

Menjahit Yuuk

Setelah melihat semua yang harus dilakukan dan dicontohkan, saya mulai menjahit bagian-bagian kecil kain yang harus di satukan (ada 4 potongan kain yang sudah bermotif batik dan kain putih, 2 bahan batik yang sedang dan besar juga ada 1 kain pelapis). Setelah menjahit 4 potongan kain kecil menggunakan mesin jahit Brother menjadi satu lembar dengan motif yang cantik. Kemudian kain di setrika agar rapih dan nantinya mudah untuk dijahit dan disatukan dengan bagian-bagian yang lain. Tidak terlalu rapih, tetapi sudah yang terbaik bagi saya.

Saya menjahit satu sarung bantal dengan sangat bersusah payah, saya harus 5(lima) kali mendedel jahitan karena jahitannya tidak rapih, melenceng dan tidak lurus. Meski sulit, tetapi saya berhasil, sangat menyenangkan dan bagi saya ini merupakan petualangan yang sangat menantang. Saya sangat bersyukur bisa belajar dan mencoba menggunakan mesin jahit, meski kilat dan singkat, tetapi sangat berguna dan saya dengan bangga bisa menyatakan kalau menjahit menggunakan mesin jahit Brother mudah dan simple, tidak sesulit dan seribet seperti yang saya pikirkan sebelumnya.

ZY TEXTILE

Apa cuma saya ya yang belum tahu kalau beli kain itu bisa online? Ternyata sekarang dengan aplikasi ZY TEXTILE  #BelanjaKainJadiMudah , cukup download aplikasinya di playstore dan Appstore kita bisa menemukan banyak jenis kain dengan motif beragam seperti yang kita butuhkan tanpa harus berdesakan dan panas-panasan di toko. Kalau tidak bisa download aplikasi kita bisa juga kok buka websitenya di http://www.textilezy.com/

Textilezy.com merupakan toko kain online di Jakarta. ZY TEXTILE adalah situs ecommerse textile pertama yang memudahkan pembelian secara online dan menjadi pioner textile online pertama di Indonesia, berbasis teknologi modern, bersistem dan berintegritas.


Membeli kain bisa kapan saja dan dimana saja tanpa harus berdesakan atau bermacetan di pasar tradisional dengan harga jual yang kompetitif, meringankan beban produksi dengan harga bahan baku yang terjangkau tapi berkualitas.

Berbagai jenis kain yang dijual antara lain : Golden rami, Cotton Voal, Balloteli, Bubble Crepe, Titanium Saten, Torismo, Muse Crepe, Linen Crepe, Cotton Japan, Premium Crepe, Ballodior, Wolfish

Kegiatan kami selanjutnya adalah berfoto bersama sambil menunjukkan hasil jahitan kami bersama seluruh admin Kriya Indonesia . Saya bangga bisa menjahit, terimakasih kepada Kriya dan Brother Indonesia, hasil jahitan bisa di bawa pulang lagi, senangnya.

Screenshot_2017-03-06-19-00-36.png

( Dokumentasi IG Kriya Indonesia )

—-ooo00O00ooo—-

by. Anisa Deasty Malela

Twitter : @Desty007

Instagram : @anisa.dee

Email : anisa_dee007@yahoo.co.id

WA . 085781068275

 

8 Replies to “Quilt Workshop Bersama Kriya dan Brother Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *